earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Air terjun yang berada di kawasan wisata Tawangmangu tentu selalu menjadi incaran. Apalagi letaknya di daerah pegunungan. Sudah pasti air segar dan hawa yang sejuk terasa mendominasi. Seperti Air Terjun Jumog ini.

Tempat wisata air terjun ini adalah destinasi wisata favorit di Karanganyar. Wisata Karanganyar ini menyajikan keindahan alam yang tiada duanya.

Terutama pada bagian air terjunnya yang sangat cantik dengan hiasan alami berupa bukit dan pepohonan.

Banyak wisatawan lokal maupun luar Kota Karanganyar yang datang ke sini untuk menikmati keindahan air terjun dan wahana-wahana yang tersedia.

Fasilitas juga terhitung lengkap sehingga membuat sebagian besar wisatawan nyaman.

Sejarah Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah salah satu air terjun Tawangmangu yang sangat terkenal. Wisata air terjun ini pertama kali dibuka untuk umum sekitar tahun 2004 lalu.

Jika Anda amati, air terjun ini tidak begitu tinggi namun tetap terlihat gagah ketika bersanding dengan batu-batu alam yang ada di sekitarnya.

Air terjun ini makin hari makin ramai berkat kehadiran berbagai macam wahana dan juga fasilitas yang memadai.

Mungkin banyak orang yang tak menyangka bahwa tempat wisata Solo ini telah dilengkapi dengan fasilitas arena bermain, kolam renang anak, dan bahkan panggung hiburan.

Daya Tarik Air Terjun Jumog

Wisata Air Terjun Jumog

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Jika Anda rencana untuk mengunjungi wisata Solo, khususnya air terjun ini, berikut kami bagikan sejumlah aktivitas seru yang dapat Anda lakukan:

Menikmati Keindahan Air Terjun

Sebagian besar wisatawan yang datang ke sini mempunyai misi untuk menyaksikan secara langsung keindahan air terjun ini. Dan faktanya memang demikian.

Panorama air terjun ini sungguh mempesona. Ditambah lagi suasana yang tenang dan hawa yang sejuk jadi menambah nilai eksotisme tempat wisata ini. Airnya dingin dan terasa menyegarkan saat Anda sentuh.

Cukup nikmati suasana syahdu ini dengan hanya duduk santai sambil memandangi kecantikan air terjun. Lihatlah tumbuhan hijau yang nampak begitu kontras dengan hitamnya tebing batu di sisi-sisi air terjun.

Basah-Basahan

Rindu masa kecil yang suka main basah-basahan di sungai. Anda dapat mengulang kembali memori itu di sini. Boleh basah-basahan di kolam renang, atau lebih afdol lagi jika basah-basahan langsung di bawah air terjun.

Tapi perlu diingat bahwa Anda harus tetap berhati-hati ketika bermain air alias basah-basahan di bawah air terjun. Sebab, ada beberapa batu yang permukaannya licin.

Hunting Foto dan Swafoto

Akan sayang rasanya jika Anda tak mengabadikan momen liburan Anda ke dalam lembaran-lembaran foto. Dan air terjun ini tentu akan menjadi objek foto yang pas bagi para pecinta fotografi.

Kemudian soal spot foto, berbeda dengan wisata Lawu Park yang penuh dengan aneka spot foto, di sini Anda tidak akan menjumpainya. Yang ada hanya spot-spot alami yang juga tak kalah kerennya dengan spot foto buatan.

Bersantap di Tepi Sungai

Pesona tempat wisata ini tidak melulu terletak pada situs air terjunnya saja. Aliran sungai yang ada di lokasi wisata ini juga turut mempunyai nilai keindahan tersendiri.

Warga lalu memanfaatkan area tepi sungai sebagai tempat untuk menggelar lapak dagang mereka.

Area pinggir sungai ini benar-benar bertransportasi menjadi tempat makan sederhana. Anda dapat memesan minuman dan makanan khas Solo yang tersedia lalu menyantapnya di sini.

Trekking

Semua pengunjung tempat wisata ini mau tak mau harus trekking menuju ke titik air terjun. Jaraknya tak terlalu jauh, yakni hanya 400 meter saja dari pintu masuk utama.

Trekking dengan jarak yang cukup dekat ini mengingatkan kita dengan jarak trekking dari Tawangmangu ke Cetho Temple atau Candi Cetho. Bagi Anda yang hobi olahraga, jarak jalur trekking ini mungkin tak seberapa.

Jalur trekking di sini juga sudah dalam kondisi baik dan tertata. Track-nya berupa anak tangga berjumlah 116. Saat melalui jalur ini, Anda seolah sedang berjalan di area lembah yang terletak di antara 2 bukit.

Mitos Air Terjun Jumog

Air terjun ini juga memiliki mitos yang dipercaya sebagian besar masyarakat. Menurut ceritanya, pengunjung yang datang bersama pasangan ke tempat ini bisa mendapatkan hubungan yang langgeng.

Mitos ini tentunya berbeda dengan yang ada di Coban Rondo Malang. Sebab di sana pasangan yang belum menikah tidak boleh datang bila tidak mau hubungannya kandas di tengah jalan.

Fasilitas di Air Terjun Jumog

Fasilitas Air Terjun Jumog

Sarana dan prasarana pendukung wisata di wisata air terjun ini terbilang cukup lengkap. Misal fasilitas untuk kenyamanan diantaranya adalah kamar ganti dan toilet. Jumlah fasilitas ini tentu tak hanya satu, melainkan beberapa.

Naik lagi ke atas, terdapat beberapa warung makan yang menjajakan aneka ragam menu makanan dan minuman. Wisatawan menyebut tempat ini sebagai tempat wisata kuliner Solo terdekat di Tawangmangu.

Menu andalan di warung makan ini adalah sate kelinci yang rasanya sangat gurih. Tidak jarang pengunjung dari luar kota sengaja mengunjungi tempat ini untuk mencoba kelezatannya.

Fasilitas yang terakhir adalah fasilitas area parkir. Untuk fasilitas yang satu ini, jaraknya memang terbilang cukup jauh. Akan tetapi hal ini tak menyurutkan semangat para pengunjung untuk datang ke sini.

Kemudian jika Anda ada rencana untuk membeli oleh-oleh khas Solo kekinian, bukan di sini tempatnya. Sebab, fasilitas toko oleh-oleh belum ada di lokasi wisata air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

HTM untuk memasuki lokasi wisata alam ini tergolong murah. Harga tiket tersebut berlaku untuk hari biasa dan juga libur akhir pekan serta libur nasional.

Selain menyediakan uang tunai untuk membeli tiket masuk, Anda juga harus menyisihkan uang tunai untuk membayar biaya parkir jika Anda membawa kendaraan.

Berikut kami bagikan info HTM dan biaya parkir untuk berbagai jenis kendaraan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Elf Rp15.000,00
Parkir Bus Rp25.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Karanganyar

Wisata air terjun ini beralamat lengkap di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng. Lokasi ini hanya 23 KM dari jantung Kota Karanganyar.

Anda dapat menjangkau lokasi ini dari Kota Karanganyar melalui Jalan Lawu. Bisa juga melalui Jalan Alternatif Matesih lalu menuju Jalan Keleng-Karanganyar. Nah, setelah tiba di Karanganyar, baru lanjutkan ke Jalan Lawu.

Untuk Anda yang berasal dari luar Karanganyar, pasti Anda sangat asing dengan rute-rute di atas. Namun itu bukan masalah jika Anda menggunakan layanan paket rental Elf Long Solo dari Salsa Wisata.

Perjalanan akan menjadi lebih mudah sebab Anda bisa berkeliling mengunjungi banyak tempat tanpa repot menghafal jalan. Semua sudah siap diantar sopir yang handal.

Jam Operasional Air Terjun Jumog

Sebelum memutuskan untuk datang ke wisata air terjun ini, ada baiknya Anda pastikan dulu jadwal buka dan jam operasionalnya. Tempat wisata alam ini buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari 07.00 sampai jam 17.00 WIB.

Anda sebaiknya jangan datang terlalu sore karena kemungkinan akan segera tutup. Waktu terbaik untuk berkunjung bisa di pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB atau pukul 14.00 WIB.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Wisata air terjun memang alternatif terbaik untuk Anda yang merindukan hawa sejuk, udara segar, dan view dengan dominasi warna hijau.

Ayo tunggu apalagi, tentukan tanggal liburan Anda dari sekarang. Untuk urusan transportasi dan akomodasi, serahkan saja semuanya ke Salsa Wisata yang sudah terpercaya.

Melalui berbagai macam paket wisata Solo murah Anda bisa mengunjungi banyak tempat dengan sangat mudah. Baik itu Air Terjun Jumog hingga Keraton Solo semua bukan masalah.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)