SalSari Resto & Coffee

Bagi sebagian orang, tempat wisata yang terkenal di Pasuruan hanya Taman Safari Prigen saja. Kalau Anda pun berpikir demikian, berarti ini saatnya bagi Anda untuk mulai mengeksplor kota yang tidak jauh dari Surabaya ini.

Di sini, ada juga wisata alamnya, lho. Sebut saja Air Terjun Kakek Bodo. Tidak seperti Coban Rondo atau air terjun lainnya, Kakek Bodo ini punya banyak spot wisata yang berada dalam satu kawasan yang sama.

Itu berarti, Anda bukan cuma sekadar menikmati air terjun, tapi juga banyak wisata alam lainnya. Itu sebabnya tempat wisata ini sering jadi destinasi wisata favorit para keluarga di akhir pekan atau musim liburan.

Mitos Air Terjun Kakek Bodo

tugu Air Terjun Kakek Bodo

Mengapa diberi nama Kakek Bodo? Objek wisata yang satu ini juga tidak lepas dari kisah mitos di baliknya. Konon, air terjun ini dijadikan sebagai tempat semadi oleh seorang kakek tua yang telah mengabdikan hidupnya bekerja pada sebuah keluarga Belanda yang kaya.

Ia lalu memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya, sekaligus semua atribut keduniawian, lalu bersemadi di air terjun di tengah hutan ini. Pilihan hidupnya itu membuat banyak orang menjulukinya “bodoh”.

Akhirnya, tempat ia bersemadi ini disebut dengan nama air terjun kakek bodo. Sang kakek, setelah bersemadi dengan khusyuk di air terjun ini, berhasil mendapatkan kesaktian. Namun kesaktiannya itu tidak membuatnya besar kepala.

Malah, ia menggunakannya untuk membantu penduduk sekitar yang membutuhkan pertolongan. Terlepas dari mitosnya, tidak bisa dipungkiri bahwa air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Lokasinya ada di lereng gunung Arjuno, jadi tentu saja panoramanya banyak hamparan pohon hijau. Beda dengan air terjun lain yang mengharuskan Anda untuk trekking dulu sebelum sampai, air terjun yang satu ini cuma mengharuskan Anda untuk jalan santai saja.

Jarak dari gerbang menuju lokasi air terjun cuma sekitar 2 km. Jalannya juga sudah bagus, jadi tidak licin dan becek. Semua pengunjung dari berbagai usia bisa melewatinya dengan mudah.

Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo

fasilitas Air Terjun Kakek Bodo

Tempat wisata alam Pasuruan ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana yang lengkap. Fasilitas yang tersedia di antaranya yaitu toilet, parkir luas, spot foto Instagramable, kolam renang, dan taman.

Jika Anda tak bawa bekal makanan, tenang saja karena ada kantin yang menyediakan aneka makanan khas Jawa Timur yang enak.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

loket Air Terjun Kakek Bodo

Tidak mahal untuk bisa menikmati suasana air terjun Kakek Bodo. Harga tiket yang harus Anda bayarkan sangat terjangkau.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp25.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Air Terjun Kakek Bodo

rute Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo ada di lereng Gunung Welirang, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ada tiga rute yang bisa Anda pilih: lewat Taman Safari, lewat Candi Jawi, atau lewat rute di belakang Hotel Surya.

Dua rute pertama adalah rute yang biasa dipilih wisatawan. Namun, kalau Anda ingin sambil jalan-jalan dan melihat pemandangan alam yang cantik di Jawa Timur, Anda bisa pilih rute belakang hotel Surya. Biasanya rute ini juga dipilih para pendaki gunung Arjuno dan Welirang.

Kalau Anda ingin sekalian jalan-jalan di Pasuruan dan area sekitarnya, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Innova plus driver Surabaya. Dari Surabaya sendiri, tempat wisata ini jaraknya cuma 60 km. Hanya butuh waktu satu jam untuk menempuhnya.

Yang lebih seru lagi, Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata. Paket wisata yang kami tawarkan bisa Anda pilih berdasarkan destinasi wisatanya. Anda juga bisa memilih pilihan paket yang sesuai budget. Semua paketnya sudah termasuk penginapan, makan, transportasi plus sopir, dan tiket tempat wisata.

Daya Tarik Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini sebetulnya masuk ke dalam area wisata Tretes. Hutan lindung di sekeliling air terjun ini dikelola oleH BKPH Lawang Barat dan RPH Prigen. Sudah bisa dibayangkan suasananya seperti apa. Berikut ini adalah sejumlah daya tariknya:

Makam Kakek Bodo

makam kakek bodo

Masih berkaitan dengan mitosnya, di sini juga terdapat makm berbentuk limasan. Orang-orang percaya bahwa itu adalah makam si kakek “bodoh” yang bersemadi di air terjun ini. Makam tersebut dikeramatkan. Tidak boleh sembarang orang masuk ke sana.

Meskipun makam ini keramat, banyak orang yang penasaran ingin melihat. Bentuk bangunannya tidak seperti makam, malah tampak seperti rumah kecil, lengkap dengan pilar dan pagar pembatas.

Pemandangan di Sepanjang Perjalanan

Air Terjun Kakek Bodo

Wisata ke air terjun kakek bodo adalah pengalaman yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Karena letaknya di tengah hutan, sudah tentu pasti pemandangannya asri dan memukau.

Saat Anda berjalan menuju air terjun dari gerbang, Anda akan bisa merasakan sendiri panorama indah dan suasananya yang sejuk. Kalau Anda datang lewat loket 1, Anda bisa dapat pemandangan yang paling indah.

Dari loket ini, jarak ke air terjun cuma 1 km saja. Rasanya tidak seperti berjalan biasa. Anda justru seperti sedang berpetualang di tengah hutan. Lingkungan hutan yang masih murni ini benar-benar terjaga keasriannya.

Malah, kalau beruntung, Anda juga bisa melihat kera-kera liar yang bergelantungan di pohon. Semua spot foto alami ini bisa menghasilkan foto yang instagramable.

Spot Foto Alami

terowongan Air Terjun Kakek Bodo

Tidak perlu spot foto buatan, semua tempat di sini bisa jadi latar belakang yang apik. Jalan setapaknya berupa deretan anak tangga yang rapi dan lebar. Anak-anak tangga ini juga dihiasi dengan berbagai tanaman hias. Pohon-pohon rimbun di sekitarnya juga membuat suasana jadi teduh.

Di beberapa tempat, jalur anak tangga ini akan memotong sebuah sungai berbatu. Jadi, Anda akan melintas di atas jembatan. Tentu saja ini juga bisa jadi spot foto yang estetis. Di sepanjang jalan, tersedia warung makan dan tempat istirahat. Jadi, Anda bisa sebentar-sebentar berhenti kalau lelah.

Air Terjun Alami

Air Terjun Kakek Bodo

Setelah melewati jalur yang cantik dan hunian kera, Anda akan tiba di lokasi air terjun. Air terjun dengan tinggi 40 meter ini mengalir langsung dari Sungai Kaligetik. Makanya airnya sangat jernih.

Di bawah air terjunnya, ada sebuah kolam alami yang dalamnya bisa sampai lima meter. Di sekeliling kolam ini, ada banyak batu sungai yang licin dan besar. Nah, Anda bisa bermain di kolam cantik ini.

Bisa berenang atau sekadar main air. Namun hati-hati, kolam ini sangat dalam. Kalau tidak bisa berenang, Anda bisa duduk santai di atas batu-batunya.

Kolam Renang

kolam renang Air Terjun Kakek Bodo

Kalau Anda lebih suka berenang di kolam renang, tenang saja. Tempat wisata ini juga menyediakan kolam renang di dekat area parkir. Sama seperti kolam renang besar lainnya, kolam renang di sini juga dilengkapi dengan seluncuran.

Airnya bersih, jernih, dan sejuk. Pemandangan di sekitar juga indah. Jadi, Anda bisa berenang sambil menikmati pemandangan. Ada juga sebuah taman yang besar. Taman ini punya banyak spot foto buatan. Anda bisa piknik bersama keluarga di taman ini.

Jam Operasional Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun Kakek Bodo buka dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari, ketika suasana masih sejuk dan matahari belum begitu panas. Anda juga bisa lebih leluasa menikmati semua spot yang ada.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, gunakan jasa dari agen travel berpengalam seperti Salsa Wisata. Ada banyak paket wisata domestik yang bisa Anda pilih di agenda liburan mu selanjutnya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (11 votes)