SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jauh dari pusat kota Kulon Progo ada sebuah hidden paradise berupa air terjun yang bisa Anda kunjungi yakni Air Terjun Kembang Soka. Air terjun dengan nama lain Grojogan Kembang Soka ini punya suasana yang masih asri dan alami.

Wisata alam air terjun bisa menjadi alternatif lain saat Anda bosan mengunjungi pantai di Gunungkidul atau Malioboro. Keindahannya tak kalah dengan wisata air terjun lain yang ada di kawasan Menoreh.

Hal yang membuatnya unik adalah dua warna airnya yakni putih dan hijau tosca. Kesegaran air, pemandangan alamnya, dan suasana yang nyaman cocok buat Anda yang mencari tempat healing untuk melepas penat.

Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini mulai dari hunting foto, menikmati keindahan alamnya, hingga berenang. Akses menuju lokasi pun terbilang cukup mudah dan bisa Anda kunjungi dengan berbagai kendaraan.

Sekilas Tentang Air Terjun Kembang Soka

Wisata Air Terjun Kembang Soka

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Air Terjun Kembang Soka merupakan air terjun tertinggi di antara air terjun lain di kawasan Menoreh. Jadi jangan heran bila aliran debit air dan aliran airnya cukup deras sehingga jadi sumber pengairan warga sekitar.

Nama “Kembang Soka” sendiri diambil dari nama salah satu mata air yang mengaliri air terjun ini. Selain itu, ada banyak pula pohon kembang soka di sekitar lokasi, sehingga namanya menjadi Air Terjun Kembang Soka.

Air terjun yang tak jauh dari Ekowisata Sungai Mudal ini merupakan hasil pertemuan dari tiga aliran mata air. Yaitu, mata air Kalimiri, mata air Tuk jaran, dan mata air Kembang Soka yang akhirnya menjadi air terjun setinggi 40 meter.

Karena gabungan ketiga mata air tersebut membuat kolam di air terjun ini tak pernah surut, walaupun sedang musim kemarau. Anda pun dapat dengan bebas datang kapan saja untuk berenang dan merasakan kesegaran airnya secara langsung.

Aktivitas Menarik di Kawasan Wisata Air Terjun Kembang Soka

Grojogan ini sangat cocok buat Anda yang suka dengan wisata alam. Suasana alam yang masih asri serta berbagai kegiatan menarik siap menjadikan pengalaman liburanmu menjadi lebih berwarna.

Nah, berikut deretan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Air Terjun Kembang Soka.

Berenang di Kolam Alami

Berkunjung ke wisata air terjun berenang tentu sudah menjadi kegiatan yang wajib. Kolam alami dengan airnya yang berwarna biru tosca seakan menggoda untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam.

Objek wisata ini mempunyai beberapa kolam alami dengan kedalaman yang bervariasi. Namun di kolam utama dan yang paling besar mempunyai kedalaman hingga 2,5 meter.

Kolam utama ini berada tepat di bawah air terjun. Bagi yang tak pandai berenang bisa menyewa ban pelampung, atau bermain di kolam yang lebih rendah di samping kolam utama.

Hal yang tak kalah seru di tempat ini adalah adanya spot melompat setinggi 5 meter. Melompat dari atas ketinggian tersebut tentu menjadi sensasi tersendiri yang menguji adrenalin.

Menikmati Keindahan Pemandangan

Selain dapat bermain air, tempat ini juga cocok untuk sekedar menikmati pemandangannya saja. Anda bisa duduk santai di bangku taman yang telah tersedia atau sejumlah spot menarik dekat air terjun berundak ini.

Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan air terjun dengan lebih dekat dan deburan air terjun yang menenangkan. Tak hanya air terjunnya saja yang indah, panorama perbukitan yang mengitari tempat ini juga tak kalah menakjubkan.

Relaksasi Pikiran dan Melepas Penat

Relaksasi ke Air Terjun Kembang Soka

Wisata air terjun merupakan tempat yang ampuh untuk merelaksasikan pikiran dan melepas penat atas permasalahan yang sedang Anda alami. Suara gemericik air dan kicauan burung-burung akan membuat hati menjadi tenang.

Pohon-pohon rindang membuat suasana sekitar menjadi sejuk. Anda bisa menikmati keindahan air terjun sambil duduk santai di bawah pohon. Jika membawa roti-rotian Anda bisa memberi ikan yang ada di kolam.

Setelah pikiran menjadi fresh Anda pun bisa kembali bekerja dan beraktivitas kembali menjadi produktif. Liburan pun jadi momen yang pas untuk benar-benar melepas penat setelah bekerja.

Memancing

Spot memancing yang bagus tidak hanya di Embung Tambakboyo saja. Buat Anda yang hobi mancing bisa juga pergi ke objek wisata alam satu ini untuk melepas penat sekaligus memancing.

Grojogan Kembang Soka berdekatan juga dengan Sungai Miri. Nah, Anda bisa memancing di Sungai Miri ini siapa tau mendapatkan ikan sungai besar yang bisa jadi oleh-oleh menarik dari Jogja.

Camping

Jika ingin menikmati suasana air terjun lebih lama, Anda bisa mengadakan camping di sini. Silahkan bawa peralatan camping dan logistik dari rumah, karena pengelola tidak menyediakan persewaan alat camping.

Mencoba hidup di alam terbuka tentunya menjadi pengalaman yang menarik bukan? Silahkan ajak teman-teman dekatmu untuk ikut merasakan pengalaman yang seru ini.

Sebelum mengadakan camping di sini, alangkah lebih baik jika meminta izin kepada pengelola setempat. Pengelola pun akan memberi tahu di mana rekomendasi tempat camping yang nyaman dan aman.

Hunting Foto

Berfoto di curug ini sudah jadi kegiatan wajib yang tidak boleh terlewat. Anda bisa berfoto menggunakan kamera maupun handphone untuk bisa mendapatkan keindahan alam yang memukau di sekitar air terjun.

Terdapat beberapa spot foto Instagramable yang dapat Anda coba. Salah satu yang menjadi spot favorit ada di jembatan kayu yang membentang ke depan dengan pemandangan air terjun yang indah.

Abadikan segala momen indah saat bermain air, berada di kolam, dan kegiatan lainnya. Jangan lupa untuk mengunggahnya di social media agar orang lain juga merasakan kebahagian yang Anda rasakan.

Fasilitas di Air Terjun Kembang Soka

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kembang Soka

Sebagai salah satu destinasi wisata alam hits Jogja fasilitas yang tersedia cukup memadai. Saat pertama kali tiba di lokasi Anda harus memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan.

Luas area lahan parkirnya cukup luas dan tentunya aman. Pengelola juga telah menyediakan beberapa toilet yang kebersihannya selalu terjaga. Wisatawan pun dapat menggunakannya dengan nyaman.

Saat perut lapar, Anda bisa beristirahat makan di warung yang tersedia. Anda bisa menikmati menu makanan dan minuman yang ada atau bekal yang Anda di gazebo nyaman yang ada di sekitar air terjun.

Satu yang kurang dari kawasan wisata ini adalah fasilitas penginapan. Jadi jika Anda ingin datang atau menginap harus mencari hotel murah di Jogja yang lokasinya dekat dengan kawasan Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Tiket masuk wisata Air Terjun Kembang Soka juga tidak menguras kantong karena hanya Rp10.000,00 saja. Selain itu, tarif parkirnya pun murah, untuk rincian biaya yang Anda keluarkan bisa lihat tabel di bawah:

Retribusi Tarif
Harga Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Berkat tiket masuknya yang murah ini, setelah berkunjung Anda bisa mampir ke sejumlah tempat wisata kuliner Jogja terkenal yang tidak jauh dari lokasi. Dengan begitu, perut tidak akan lapar dan liburan bisa jadi lebih menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Lokasi Wisata Air Terjun Kembang Soka

Jika berkunjung ke hidden paradise ini, Grojogan Kembang Soka berlokasi di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Letaknya memang agak jauh dari pusat kota karena berada di perbatasan Purworejo.

Karena belum ada transportasi umum, cara paling mudah untuk menuju ke lokasi tentu dengan menggunakan motor atau mobil pribadi. Atau bisa juga menggunakan layanan rental mobil innova di Jogja.

Para driver handal yang telah hafal jalur dan profesional akan mengantarkan Anda menggunakan rute tercepat. Adapun rute tercepatnya dari pusat kota Anda bisa menuju Jl. Godean dan ikuti jalan hingga tiba di perempatan Nanggulan.

Dari sana, ambil jalur ke arah barat menuju pegunungan Menoreh yang mengarah ke Goa Kiskendo. Setelah melewati Goa Anda akan menemukan pertigaan, ambil arah menuju Grojogan Mudal.

Ikuti jalur yang ada sambil melihat plang petunjuk arah yang ada di pinggir jalan sampai menemukan gapura selamat datang. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda masih harus melakukan trekking sekitar 200 meter untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

Untuk membantu perjalanan menuju Air Terjun Kembang Soka silahkan gunakan bantuan aplikasi Google Maps. Aplikasi penunjuk arah tersebut akan memberikan jalur tercepat untuk Anda,

Jam Buka Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka buka dari Senin sampai Minggu mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Hari libur nasional pun tetap buka dan cenderung lebih ramai jadi usahakan datang di luar waktu tersebut.

Air Terjun Kembang Soka memang sangat layak untuk Anda masukan ke dalam list perjalanan liburan selanjutnya. Tempat wisata alam yang cantik, menyajikan spot foto yang menarik, fasilitas memadai, dan tentunya tidak memakan banyak biaya.

Segera wujudkan perjalanan liburan Anda di tempat yang indah ini. Dan jangan lupa untuk menggaet layanan agen travel terbaik untuk mendapatkan pengalaman liburan yang mengasyikan. Salsa Wisata yang menyediakan paket liburan ke Jogja yang lengkap dapat menjadi rekomendasi untuk Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Jogja

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)