earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Amerika punya ngarai besar yang bernama Grand Canyon, Semarang sepertinya juga tak mau kalah. Dengan adanya Brown Canyon, objek wisata Semarang satu ini bisa jadi saingan yang tak kalah indah dari Grand Canyon.

Tempat wisata ini ‘memanjakan’ mata para wisatawan dengan pemandangan alamnya yang tidak ada duanya.

Situs wisata yang berupa tebing batu ini terlihat begitu mencolok di antara hijaunya area perbukitan. Struktur tebing yang tinggi menambah kesan eksotis tersendiri.

Asal Usul Brown Canyon Semarang

Brown Canyon adalah sebuah objek wisata hits di Semarang yang juga adalah merupakan area tambang yang masih beroperasi selama lebih dari 10 tahun.

Lokasi bekas area tambang ini ada di Meteseh, Tembalang, Semarang. Kini, area ini menjadi sebuah tempat wisata Semarang yang viral dan sangat populer.

Sekilas memang tempat ini sangat mirip dengan situs Grand Canyon di Arizona. Kemiripan kedua tempat ini dapat Anda lihat dari bukit-bukit yang lalu berubah menjadi tebing-tebing yang tinggi dan berbentuk unik.

Daya Tarik Brown Canyon Semarang

Wisata Brown Canyon

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata ini sempat viral beberapa tahun lalu via media sosial Instagram. Banyak orang yang lalu penasaran kemudian berbondong-bondong untuk datang ke sini untuk menyaksikan langsung daya tarik situs tebing ini.

Berikut adalah sejumlah daya tarik yang disuguhkan oleh ngarai cokelat Semarang ini.

Kolam Alami

Di sekitar situs wisata ini terdapat sebuah kolam alami dengan bentuk yang tak beraturan.

Banyak wisatawan yang menjadikan kolam alami ini sebagai spot favorit untuk selfie. Terlebih ada pemandangan tebing sebagai background-nya.

Kolam alami ini memiliki air yang berwarna kehijauan, terlihat begitu cocok dengan view tebing yang cokelat kehijauan.

Spot Foto

Tak seperti spot foto di Simpang Lima yang sebagian besar adalah spot buatan, hampir semua spot foto di sini adalah spot alami seperti kolam alami dan pemandangan tebing.

Dan ada satu spot yang paling digemari oleh sebagian besar wisatawan, yakni spot foto diantara 2 tebing dengan ketinggian yang hampir sama. Kedua tebing ini menyerupai tebing kembar.

Dengan angle yang tepat, Anda tentu bisa mendapatkan hasil jepretan yang sangat estetik. Sehingga wajar bila lokasi ini juga sering menjadi target untuk foto prewedding.

Coba saja bayangkan betapa cantiknya dan eksotisnya foto serta latar yang akan Anda dapatkan. Dengan adanya tambahan sedikit rerumputan liar yang ada di sekitarnya membuat tebing-tebing ini nampak unik dan spesial.

Suasana Grand Canyon

Anda yang penasaran dengan suasana di tempat wisata ini, kami akan beri gambaran secara singkat saja.

Saat siang hari, tempat ini sangat panas dan berdebu, benar-benar mirip dengan suasana Grand Canyon yang sesungguhnya.

Suasana ini sangat berbeda dengan suasana di Tebing Breksi meski sama-sama area tambang.

Namun, suasana yang panas, gersang, dan berdebu inilah yang membuat situs wisata tebing ini terlihat semakin eksotis. Suhu panas dan berdebu ini tak menyurutkan niat para wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Fasilitas di Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang Viral

Tidak seperti kawasan wisata Kota Lama Semarang dan tempat wisata terkenal lainnya, wisata tebing ini belum memiliki fasilitas yang memadai untuk para wisatawan yang berkunjung.

Hal ini dikarenakan tempat ini belum secara resmi masuk dalam daftar tempat wisata di Semarang. Bahkan tempat ini masih menyandang status aktif sebagai area pertambangan.

Jika dibandingkan dengan Umbul Sidomukti yang berfasilitas lengkap, Anda tidak akan menjumpai fasilitas seperti kamar mandi dan toilet, mushola, dan tempat parkir.

Apalagi untuk fasilitas-fasilitas penunjang wisata seperti gazebo, warung makan yang menghidangkan makanan khas Semarang, dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon Semarang

Karena tempat ini bukan sebuah tempat wisata, Anda dan wisatawan lainnya tidak perlu membayar tiket masuk. Namun terkadang ada pungutan liar yang diberlakukan oleh warga setempat.

Besaran pungutan liar yang biasanya berlaku di tempat ini sekitar Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 per orang. Namun ada juga warga yang meminta seikhlasnya termasuk untuk kendaraan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Lokasi dan Rute Menuju Brown Canyon Semarang

Lokasi Brown Canyon Semarang

Kawasan tebing cantik ini berada di sisi Selatan gedung TVRI Jawa Tengah. Tepatnya terletak di Daerah Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Tembalang sendiri terkenal dengan sebutan daerah kampus karena dekat dengan Undip. Di area sini juga ada beberapa rekomendasi toko oleh-oleh khas Semarang, khususnya oleh-oleh tahu bakso yang enak dan gurih.

Untuk Anda yang berminat ke sini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil tipe SUV. Anda dapat memulai perjalanan Anda dari Tembalang, Pucanggading, lalu ke arah Mranggen (Demak).

Salsa Wisata hadir sebagai solusi bagi Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil SUV berkualitas tapi murah. Kami menyediakan beberapa paket sewa mobil dengan tipe mobil dan harga yang sewa yang berbeda-beda.

Misal Anda sedang butuh jasa sewa mobil tipe SUV untuk menuju ke Rowosari, maka kami akan merekomendasikan paket rental mobil Hiace Semarang atau Fortuner sebagai pilihan terbaiknya.

Jam Operasional Brown Canyon Semarang

Soal jam buka, tempat cantik berisikan tebing-tebing ini tidak ada batasan jam operasional. Dalam artian, tempat ini buka selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

Jadi, para pengunjung dapat datang di hari apapun dan di jam berapapun. Namun ada waktu terbaik untuk datang ke tempat ini, yakni sore hari di mana saat sore hari, truk-truk pengangkut sudah selesai beroperasi.

Di sore hari juga para pengunjung dapat berkesempatan untuk menyaksikan sunset. Momen ini akan terasa semakin asyik jika ditemani camilan lumpia dari Gang Lombok, tempat wisata kuliner Semarang terkenal.

Semarang sangat terkenal dengan potensi pariwisatanya. Seringnya bermunculan tempat wisata baru yang kemudian nge-hits di kalangan para wisatawan.

Misalnya desa wisata Dusun Semilir yang kini juga sedang naik daun. Ada juga wisata alam Goa Kreo yang pastinya menarik di mata para pecinta tempat-tempat ekstrim.

Apabila Anda tertarik untuk liburan dan outbound di beberapa tempat wisata Semarang di atas, jangan ragu untuk memanfaatkan produk paket gathering Semarang dari Salsa Wisata.

Dengan menjadi peserta paket tour kami, Anda dapat menikmati serangkaian kegiatan wisata di sejumlah tempat yang Anda inginkan, termasuk ke Brown Canyon ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)