SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ingin menyaksikan keindahan laut dari atas bukit? Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Jeju, Korsel, atau ke Lombok. Kini ada wisata Bukit Pengilon yang ada di Tepus, Gunung Kidul, DIY.

Bukit ini merupakan bagian dari kawasan perbukitan yang memagari deretan pantai Gunung Kidul. Letak bukit ini tepat berada di tepi pantai sehingga dari bukit ini dapat terlihat dengan jelas view laut lepas dan bukit-bukit lainnya.

Sekilas Tentang Bukit Pengilon Jogja

Wisata Bukit Pengilon Wonosari adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang masuk dalam list tempat wisata Gunung Kidul favorit.

Meski bukan tempat wisata baru, kawasan wisata pantai sekaligus bukit ini menyajikan suasana yang berbeda. Suasana inilah yang kemudian menjadikan tempat ini selalu ramai oleh wisatawan, khususnya para camper.

Jika Anda berkunjung ke sini, bukan pasir putih dan deburan ombak pantai di Jogja yang akan Anda temui. Melainkan hamparan rumput hijau yang terletak di atas bukit.

Area rerumputan ini tentu menjadi penyejuk di tengah panasnya terik mentari. Suasana juga akan terasa semakin sejuk berkat angin laut yang berhembus menerpa puncak bukit ini.

Bukit ini berada di lokasi yang unik lantaran posisinya ada di kaki gunung purba batur. Sekedar info tambahan, gunung purba batur ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Dulunya, gunung ini adalah gunung vulkanik aktif di kawasan Gunung Kidul. Sekarang, bukit ini lebih terkenal sebagai tempat camping karena tempatnya berumput dan juga luas.

Daya Tarik Wisata Bukit Pengilon

Wisata Bukit Pengilon

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata bukit ini memang spesial karena menjadi satu-satunya lokasi yang dapat mengakses hampir keseluruhan keindahan Gunung Kidul. Dari atas bukit, Anda dan wisatawan lainnya dapat dengan leluasa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset.

Mengapa disebut leluasa? Karena sejauh mata Anda memandang, tidak ada pohon, batu karang, atau objek lain yang menghalangi pandangan Anda. Selain itu, jika Anda tengok ke Barat, Anda akan melihat eksotisme Pantai Siung dan Pantai Banyu Nibo.

Sedangkan di arah Timur, ada dua pantai sekaligus yang dapat Anda lihat, yaitu Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wediombo. Barisan pantai ini memang sangat terkenal dengan batu-batu karangnya yang indah dan besar.

Ukurannya yang besar inilah membuat batu-batu karang ini terlihat seperti bukit. Batu-batu karang ini akan terlihat lebih mempesona dari ketinggian, terutama dari atas Pengilon.

Di atas bukit yang dipenuhi dengan rerumputan hijau sering digunakan sebagai camp site oleh para pengunjung. Camp site ini sangat nyaman karena jauh di atas bukit dan juga faktor suguhan view yang luar biasa indah.

Pengunjung yang datang ke sini tidak harus berkemah. Banyak diantara mereka yang hanya berjalan-jalan santai atau sekedar duduk sembari memandangi laut atau berfoto ria.

Fasilitas di Kawasan Wisata Bukit Pengilon

Bukit Pengilon Jogja

Meski sama-sama bukit dengan suguhan panorama alam yang cantik, Pengilon dan Watu Amben tidak bernasib sama terkait dengan fasilitas.

Watu Amben cukup lengkap dalam hal fasilitas. Bahkan ada cukup banyak cafe dan warung wisata di sana. Fakta ini sangat berbeda seratus derajat dengan Pengilon.

Karena akses ke bukit ini tidak begitu bagus dan lokasinya yang cukup pelosok, fasilitas umum di wisata bukit ini masih sangat terbatas. Belum ada fasilitas toilet umum. Apalagi fasilitas warung makan.

Oleh karena itu, jika ingin camping di sini, pastikan Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Bila perlu, bawalah bekal berupa makanan khas Gunung Kidul yang tahan lama seperti walang goreng.

Contohnya adalah Gudeg kalengan yang banyak dijual di sentra Gudeg Wijilan. Anda hanya perlu memanaskannya sebelum disantap dengan nasi putih hangat.

Pengunjung yang membawa kendaraan, ada fasilitas area parkir yang telah disiapkan oleh warga setempat. Meski hanya berupa lahan biasa, area parkir ini dijaga ketat oleh warga yang bertugas. Jadi, dijamin akan sangat aman.

Terlebih kini mulai banyak mobil dan bus yang berdatangan. Area parkir ini terlihat jauh lebih ramai oleh kendaraan-kendaraan yang datang dari luar kota.

Kendaraan-kendaraan ini biasanya mengangkut para wisatawan yang baru selesai tour dari tempat wisata Jogja terdekat, yaitu Pantai Siung.

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon

Biaya yang Anda butuhkan untuk memasuki wisata bukit ini tidaklah besar. Anda hanya perlu membeli tiket masuk dan juga membayar biaya parkir yang nominalnya sangat murah.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit

Tarif tiket masuk tersebut berlaku baik untuk kunjungan di hari biasa maupun saat libur akhir pekan serta libur nasional. Sama sekali tidak ada kenaikan tarif meski saat peak season.

Dengan tarif tiket yang murah ini, tentu Anda dapat memanfaatkan sisa budget liburan Anda untuk keperluan liburan lainnya. Misal untuk membeli oleh-oleh khas Jogja dekat Malioboro sepulang dari Pengilon.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Pengilon

Lokasi Bukit Pengilon

Wisata bukit cantik ini terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi ini sangat jauh jika Anda tempuh dari Kota Jogja. Waktu tempuhnya sendiri hingga capai 2 jam.

Maka dari itu, sebelum berangkat ke lokasi, cek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Terlebih akses yang akan dilalui nanti bukanlah akses yang mudah.

Akan jauh lebih baik jika menggunakan kendaraan sewa dari Salsa Wisata. Semua unit kendaraan yang kami sewakan memiliki performa yang prima di segala jenis kondisi trek.

Melalui layanan paket sewa mobil bulanan di Jogja lepas kunci 24 jam, Anda dapat menikmati perjalanan dengan lancar dan nyaman.

Rute yang bisa Anda pilih yaitu Jalan Raya Jogja-Wonosari, lalu lanjut ke arah Kecamatan Tepus dengan spesifikasi tujuan Pantai Siung atau Wediombo.

Di sini nanti Anda akan menjumpai pos retribusi, silahkan belok kanan menuju Pantai Watu Lumbung. Silahkan parkir di sini. Selebihnya Anda harus jalan kaki menuju Pengilon.

Sah-sah saja jika Anda ingin mampir sesaat di Watu Lumbung sekedar untuk santap siang usai lelah menyetir 2 jam. Tempat ini adalah pusat wisata kuliner Jogja terdekat bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan di bukit ini.

Menu makanan ndeso di Watu Lumbung ini terkenal sangat enak. Banyak wisatawan yang senang mampir ke sini untuk mengobati rasa rindu mereka akan kuliner khas desa. Contohnya sayur kluwih, bobor, lodeh, oseng kacang panjang, dll.

Jam Operasional Wisata Bukit Pengilon

Sama seperti Pantai Watu Lumbung, wisata bukit ini buka dari Senin-Minggu dan juga hari libur nasional. Tidak ada jam operasional karena selalu buka selama 24 jam.

Namun perlu Anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat akhir musim panas atau sebelum mulai musim penghujan.

Sebab, selama musim hujan, trek menuju puncak bukit akan terus basah dan berlumpur sehingga licin saat dipijak.

Selain itu, tidak banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selama musim hujan di sini.

Itu dia ulasan singkat terkait wisata bukit di Jogja ini. Semoga informasi ini dapat menambah referensi tempat liburan baru di Jogja untuk Anda.

Nikmati berbagai keuntungan dengan menjadi peserta paket tour Jogja 1 hari murah dari Salsa Wisata. Jadikan momen liburan di Bukit Pengilon kali ini menjadi yang paling berkesan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)