earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Liburan ke pantai di Jogja, terutama di Gunung Kidul, jadi pilihan karena selain puas, budget-nya juga murah. Tercatat ada banyak nama pantai Gunung Kidul yang masuk dalam daftar rekomendasi. Pantai Siung menjadi salah satunya.

Pantai ini identik dengan daya tarik pasir pantainya yang putih, air laut yang biru, dan batu-batu karang yang ada di sekitarnya.

Nama Siung ini mulai populer setelah Pantai Indrayanti dikenal sebagai primadona wisata Jogja baru. Tak butuh waktu lama, Siung juga terlihat semakin ramai oleh wisatawan.

Pantai ini sangat indah. Apalagi saat hari sedang cerah. Akan terlihat kontras antara pemandangan laut yang biru dan pasir putih yang berkilauan.

Sekilas Tentang Pantai Siung Gunung Kidul Jogja

Objek wisata Pantai Siung adalah salah satu pantai dari deretan pantai yang membentang dari Baron ke arah Timur. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, sekitar 80 KM dari pusat Kota Jogja.

Awalnya, pantai ini adalah kawasan pantai yang sepi seperti Pantai Slili saat ini. Namun sejak diekspos tahun 2000 lalu, pantai ini mendadak terkenal dan langsung jadi magnet bagi wisatawan.

Wisata pantai Jogja ini mempunyai kondisi topografi yang unik terutama di bagian Tebing Siung yang terkenal kalangan para pecinta olahraga panjat tebing. Tebing-tebingnya berukuran besar dan menjulang tinggi.

Yang membuat pantai ini spesial adalah keunikan pada pantainya yang mana bagian perairan dangkalnya berlantaikan karang-karang.

Saat musim lumut, karang-karang ini akan berubah warna menjadi hijau akibat lumut yang melapisinya. Dan ketika kaki kita menginjaknya, teksturnya terasa empuk namun menggelikan.

Pengunjung juga akan mudah untuk menuju pantai terdekat, yaitu Pantai Nglambor, karena ada jalur alternatif yang menghubungkan dua pantai ini.

Daya Tarik Pantai Siung

Wisata Pantai Siung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Objek wisata pantai Gunung Kidul ini mempunyai banyak daya tarik yang tak boleh Anda lewatkan. Selain daya tarik, pantai ini juga menawarkan aktivitas seru yang pastinya bisa menambah pengalaman para pengunjung.

Camping

Kegiatan camping tak hanya asyik dilakukan di gunung atau bukit. Camping di pantai juga tak kalah seru. Di Siung ini sendiri ada sebuah area khusus untuk camping. Area tersebut terletak di sisi Timur pantai.

Suasana ketika camping akan mulai terasa seru saat menjelang sore. Suasananya tenang; hanya terdengar suara angin dan deburan ombak. Sesekali terdengar suara tertawa campers lain.

Saat hari sudah benar-benar gelap, Anda bisa memulai pesta barbeque Anda atau mungkin sekedar memasak makanan sederhana. Atau jika ingin praktis, alternatif mudah lainnya adalah menghangatkan Gudeg kalengan asli Wijilan, makanan khas Jogja yang tahan lama.

Dengan begitu, meski jauh dari Kota Jogja, Anda tetap bisa menyantap kuliner Gunung Kidul favorit Anda. Di dekat camping ground ini, terdapat rumah panggung yang biasanya menjadi tempat bagi pengunjung untuk melihat view laut secara utuh.

Panjat Tebing

Anda pecinta olahraga panjat tebing? Anda tentu boleh menjajal skill panjat tebing Anda di Tebing Siung. Terkait dengan Tebing Siung, ada sebuah fun fact yang sangat menarik untuk Anda ketahui.

Rupanya Tebing Siung ini pernah menjadi lokasi turnamen panjat tebing ASEAN Climbing Gathering. Peserta turnamen keren ini mencapai 250 orang yang berasal dari Benua Asia dan Eropa.

Berpose Berfoto dengan Background Keren

Kegiatan menarik lainnya tentu saja adalah berfoto. Banyak spot yang menarik untuk dijadikan objek fotografi ataupun background. Misal objek pantai dan tebing yang diambil dari angle rumah panggung. Pasti hasil jepretannya akan sempurna.

Fasilitas di Pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul

Kini Siung sudah jauh lebih ramai oleh kunjungan para wisatawan. Agar para wisatawan merasa nyaman dan kerasan, pihak pengelola telah menyediakan banyak fasilitas.

Salah satunya adalah fasilitas tempat parkir. Area parkir di objek wisata pantai ini cukup luas dan lokasinya tidak jauh dari titik wisata. Jadi, Anda hanya perlu berjalan beberapa menit saja untuk bisa sampai di pantai.

Fasilitas berikutnya adalah toilet dan mushola. Lantas ada fasilitas pendopo yang nyaman sekali untuk duduk atau istirahat. Kemudian ada warung makan sederhana.

Fasilitas pendukung di sini meliputi spot foto, spot panjat tebing, dan camping ground.

Khusus untuk fasilitas oleh-oleh, objek wisata ini belum menyediakannya. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Gunung Kidul di sepanjang jalan menuju pantai ini.Jika Anda beruntung, Anda pasti akan menemukannya.

Oleh-oleh ini berbeda dengan oleh-oleh yang ada di Malioboro. Adapun oleh-oleh khas Gunung Kidul yang paling terkenal adalah sebagai berikut:

  • Tiwul
  • Gathot
  • Walang Goreng
  • Ungkrung Goreng
  • Gendar atau Puli
  • Peyek rumput laut
  • Peyek udang
  • Bakso ikan
  • Ragam olahan ikan laut

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Siung adalah tempat liburan yang murah, cocok untuk Anda yang ingin liburan tapi di sisi lain ingin berhemat. Untuk masuk kawasan wisata ini, Anda wajib membeli tiket masuk.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, termasuk kendaraan sewa dari paket sewa mobil bulanan Jogja, Anda wajib membayar parkir. Berikut tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit

Tiket masuk ini juga berlaku untuk dua tempat wisata terdekat, yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Siung

Lokasi Pantai Siung

Apabila Anda tertarik untuk datang dan liburan di sini, silahkan kunjungi saja pantai ini. Alamat lengkapnya di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Jarak tempuh dari Jogja – Siung mencapai 70 KM. Rute yang bisa Anda pilih adalah via Ringroad Selatan lantas belok kiri setelah perempatan Terminal Giwangan menuju ke Jalan Piyungan dan ke arah Bukit Bintang.

Setelah sampai di Wonosari, pilih jalan menuju Pantai Baron. Kurang lebih 9 KM, ada pertigaan di Desa Mulo masih lurus saja. Setelah Anda telah masuk ke Jalur Tepus dan pertigaan Winangun, belok kanan hingga sampai di Siung.

Jika jalanan lancar tanpa macet, waktu tempuh normalnya bisa capai 2.5 jam. Sangat melelahkan pastinya. Demikian jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Akan jauh lebih efektif dan hemat tenaga dan biaya jika Anda join dengan peserta paket family gathering ke Jogja lainnya. Selain dapat menjangkau lebih dari satu tempat wisata, Anda juga bisa bebas singgah kemana saja.

Misal singgah sebentar di pusat wisata kuliner Jogja terdekat sebelum lanjut perjalanan.

Jam Operasional

Siung, baik pantai dan tebingnya, dibuka untuk wisatawan umum setiap hari Senin hingga Minggu dan juga hari libur. Jam operasionalnya 24 jam sehingga Anda dapat datang jam berapa saja.

Namun untuk warung-warung makan di sini, hanya buka dari pagi sampai sore saja. Sore sebelum petang biasanya sudah banyak yang tutup.

Pantai Siung memang sangat menarik. Tak hanya kaya akan keindahan alam lautnya saja, melainkan juga menyuguhkan kegiatan outdoor yang seru. Misalnya saja camping, panjat tebing, dan trekking.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)