earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda tertarik dengan wisata sejarah dan kebetulan sedang liburan santai di Palembang? Bukit Siguntang adalah situs wisata yang harus segera Anda kunjungi.

Bukit ini merupakan saksi bisu kejayaan masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Di sini terdapat cukup banyak situs sejarah yang menjadi bukti peristiwa-peristiwa sejarah yang pernah terjadi di sini.

Tempat wisata ini semakin menarik dengan dukungan lanskap alam yang sangat asri dan alami. Ratusan atau mungkin ribuan vegetasi tumbuh dengan baik di kawasan bukit ini.

Pesona alam semacam ini tentu menjadi poin plus bagi objek wisata ini sendiri. Wisatawan yang datang tak hanya akan puas dengan hadirnya situs-situs sejarah saja.

Mereka juga akan mendapatkan ‘bonus’ berupa pemandangan alam yang sangat menyejukan mata dan menenangkan pikiran.

Sekilas Tentang Bukit Siguntang Palembang

Bukit ini merupakan sebuah bukit kecil yang terletak tak begitu jauh dari Sungai Musi, tepatnya 3 KM dari tepian Sungai Musi. Puncak tertinggi bukit ini hanya 29 sampai 30 mdpl.

Secara administratif, bukit ini masuk dalam wilayah Kelurahan Bukit Lama. Jika dari pusat oleh-oleh khas Palembang yang ada di tengah kota Palembang, bukit ini berjarak 4 KM saja.

Karena lokasinya yang cukup dekat, bukit kecil ini bisa dijangkau dengan transportasi umum arah Bukit Besar.

Di sekitar bukit, ada beberapa bukti penemuan purbakala yang ada kaitannya dengan Kerajaan Sriwijaya. Temuan sejarah ini berupa makam yang dipercaya sebagai leluhur atau cikal bakal masyarakat Palembang.

Ada juga yang berpendapat bahwa kompleks pemakaman ini adalah makam-makam leluhur orang Melayu. Masyarakat setempat lalu menjadikan kompleks pemakaman ini sebagai tempat untuk ziarah.

Kompleks makam suci yang dijadikan sebagai tempat ziarah mengingatkan kita dengan kompleks wisata Makam Sunan Giri di Surabaya.

Tempat ini juga berisi temuan-temuan bukti sejarah terkait dengan perjuangan beliau dalam menyebarkan ajaran Islam.

Bukit ini juga menjadi lokasi penemuan dua prasasti, yaitu dan Prasasti Talang Tuwo dan Prasasti Kedukan Bukit.

Harga Tiket Wisata Bukit Siguntang

Kawasan wisata sejarah di bukit ini tentu akan menjadi destinasi wisata edukasi dan budaya yang menarik bagi semua kalangan wisatawan.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, ada tiket masuk yang berlaku untuk semua pengunjung. Berikut kami bagikan informasi terbaru tentang tarif tiket masuk di tempat wisata Palembang ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 (Dewasa)

Rp3.000,00 (Anak-anak)

Tarif retribusi tiket di atas bisa naik kapan saja saat libur nasional dan akhir pekan.

Jika Anda berencana berkunjung ke sini saat akhir pekan atau saat libur tanggal merah, ada baiknya siapkan budget lebih untuk membeli tiket.

Daya Tarik Bukit Siguntang

Wisata Bukit Siguntang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik yang ‘mengundang’ para wisatawan untuk berkunjung. Demikian juga dengan kawasan wisata di bukit ini.

Kami menemukan ada beberapa daya tarik yang sepertinya akan menarik khususnya bagi wisatawan pecinta sejarah. Apa saja daya tarik yang dimiliki oleh kawasan wisata ini? Simak informasinya di bawah ini.

Makam Raja-raja

Pemakaman Raja-raja di Bukit Siguntang

Meski terdapat makam raja-raja, kawasan wisata ini jauh dari kesan angker. Sebaliknya, suasana yang dihadirkan adalah suasana sakral seperti suasana di makam-makam raja di Imogiri.

Sekedar info, kompleks makam khusus raja-raja Mataram ini terletak dekat dengan wisata Kebun Buah Mangunan.

Kompleks makam raja-raja yang ada di bukit di Palembang ini kini sudah tertata rapi sehingga para peziarah yang datang semakin nyaman.

Adapun daftar nama raja di Kerajaan Sriwijaya yang dimakamkan di area ini antara lain:

  1. Pangeran Raja Batu Api
  2. Raja Sigentar Alam
  3. Putri Kembang Dadar
  4. Panglima Tuan Junjungan
  5. Putri Rambut Selako
  6. Panglima Bagus Karang
  7. Panglima Bagus Kuning

View Alam Perbukitan

Tak perlu ditanya soal keindahan alam yang tersaji di bukit ini. Anda dapat menyaksikannya secara langsung dengan datang ke sini. Visual pemandangan yang dapat Anda lihat berupa kawasan bukit yang masih natural.

Di antara hijaunya vegetasi, terdapat sejumlah bangunan seperti Taman Purbakala dengan desain arsitekturnya yang cukup unik.

Taman Purbakala

Taman Bukit Siguntang

Temuan sejumlah artefak buddhisme membuktikan bahwa bukit ini dulunya adalah pusat kegiatan keagamaan Buddha. Sekitar tahun 1920-an, ditemukan sebuah arca Buddha dengan gaya Amarawati. Arca ini berupa pecahan-pecahan.

Arca dengan tinggi 277 cm ini terbuat dari granit asli Bangka. Hal ini membuktikan bahwa arca ini bukan dari India. Melainkan dari lokasi setempat.

Kini arca ini menjadi koleksi di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, sebuah museum terkenal dengan berbagai koleksi purbakala lainnya.

Di Jogja, museum ini serupa dengan Museum Purbakala Taman Wisata Prambanan di kompleks Candi Prambanan yang juga menyimpan koleksi yang sama.

Bukit ini juga menjadi lokasi temuan serpihan arca Bodhisattwa dan reruntuhan stupa berbahan batu bata dan pasir. Ada juga temuan sebuah prasasti batu dengan aksara Melayu Kuno dan Pallawa.

Temuan-temuan lainnya berupa Prasasti Talang Tuwo, Prasasti Kedukan Bukit, dan beberapa karya keramik peninggalan Dinasti Sung dan Tang.

Fasilitas di Bukit Siguntang

Karena lokasi bukit ini cukup dekat dengan pusat kota, tempat wisata ini termasuk kategori tempat wisata berfasilitas lengkap. Ada fasilitas area parkir yang cukup luas.

Kemudian Anda juga dapat menggunakan toilet umum. Jika perut mulai keroncongan, di kawasan wisata ini terdapat sejumlah rekomendasi tempat makan dengan menu makanan khas Palembang yang lezat.

Hadir juga kedai-kedai kopi yang pasti akan membuat Anda semakin bersemangat untuk berpetualang di tempat-tempat wisata berikutnya.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Siguntang

Bukit Siguntang Palembang

Adapun alamat lengkap wisata ini adalah sebagai berikut: Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Alamat ini bisa Anda tempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Lokasinya sangat strategis dan hanya butuh waktu 10 menit dari Palembang untuk sampai di lokasi ini.

Anda wisatawan dari luar kota dan kurang begitu familiar dengan alamat di atas? Tak perlu cemas. Dengan menjadi klein Salsa Wisata, perjalanan Anda dari Bandara hingga ke lokasi wisata ini akan kami handle dengan baik.

Melalui paket sewa mobil Innova Reborn Palembang pilihan Anda, driver kami siap menjemput dan mengantar langsung ke lokasi.

Jam Operasional Bukit Siguntang

Anda tak sabar untuk segera berkunjung ke tempat wisata ini? Sebaiknya cek jadwal buka dan jam operasionalnya terlebih dahulu.

Objek wisata sejarah dan budaya ini buka setiap hari alias Senin hingga Minggu. Hari libur nasional tetap buka dan melayani pengunjung.

Jam operasionalnya dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB. Saat libur nasional dan akhir pekan, durasi operasionalnya lebih lama, yaitu dari jam 07.00 sampai jam 16.00 WIB.

Bukit Siguntang adalah alternatif tempat wisata terbaik untuk Anda yang mungkin bosan dengan wisata-wisata kekinian.

Ada banyak sekali atraksi wisata yang disuguhkan. Khususnya atraksi wisata yang bernilai sejarah dan budaya.

Jadikan momen wisata Anda menjadi salah satu yang terbaik di tahun ini dengan booking paket traveling terbaik dari Salsa Wisata. Kami tentunya akan selalu siap untuk membantu pemenuhan akomodasi traveling Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)