SalSari Resto & Coffee

Curug Cigamea termasuk salah satu tempat wisata hits di Jawa Barat khususnya daerah Bogor. Pemandangan indah air terjun yang menjulang tinggi di antara tebing hijau yang asri jadi daya tarik utama tempat ini.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru selama berkunjung. Dengan begitu momen liburan ke hidden gems kabupaten Bogor ini bisa jadi sangat berkesan. Mau tahu keseruan lainnya? simak ulasan berikut:

Sekilas Tentang Curug Cigamea

Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea merupakan salah satu air terjun yang viral di kawasan Bukit Halimun tepatnya Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi air terjun ini pun masih sangat tersembunyi sehingga suasananya masih asri.

Meski termasuk wisata yang masih tersembunyi fasilitas di tempat ini termasuk cukup lengkap. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti camping, relaksasi, hingga menginap di sejumlah villa yang ada.

Selain itu, di area curug terdapat dua air terjun yang mengalir deras dan saling berdekatan. Nama Cigamea sendiri berasal dari suara gemuruh aliran air yang sangat deras tersebut terlebih saat hujan tiba.

Di sini Anda juga dapat menjumpai kera-kera lucu yang konon katanya menjadi penjaga kawasan curug. Bahkan mitos tentang kerajaan kera putih sempat membuat curug ini terkesan angker bagi sejumlah pengunjung.

Alamat Curug

Lokasi air terjun ini terletak di Jl. Curug Cigamea, Gunung Picung, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Rute terbaik menuju lokasi curug ini bisa Anda lihat di Google Maps.

Bisa juga dengan menggunakan layanan rental hiace Bogor murah terdekat yang siap mengantar langsung ke lokasi. Anda pun dapat semakin mudah mengunjungi berbagai destinasi menarik lainnya di Bogor.

Jam Buka Curug

Kawasan wisata curug ini buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari, berikut ini rincian jam operasionalnya:

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea

Tiket masuk wisata Curug Cigamea ini masih murah karena hanya Rp10.000,00 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir atau sejumlah wahana dan fasilitas yang ada di tempat ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Flying Fox Rp20.000,00
Terapi Ikan Rp5.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga tiket yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, ada baiknya jika Anda menyiapkan uang lebih jika ingin membeli berbagai oleh-oleh khas Bogor yang Anda inginkan.

Daya Tarik Curug Cigamea

Daya Tarik Curug Cigamea

Selain kisah mistisnya, keindahan pesona alam sekitarnya juga jadi salah satu daya tarik tempat ini. Jadi, tak heran jika lokasi wisata curug di Bogor ini selalu ramai pengunjung dan berikut ini beberapa daya tarik tersebut:

Air Terjun Kembar

Salah satu daya tarik curug ini adalah keberadaan dua air terjun yang saling berdekatan. Masing-masing tinggi air terjun ini pun berbeda yakni 30 meter pada air terjun utama dan 50 meter pada air terjun kedua.

Pada air terjun tertinggi, Anda bisa melihat aliran air terjun yang menyebar mengikuti batu cadas. Sedangkan pada air terjun utama, terdapat kolam yang cukup luas dan jadi favorit wisatawan untuk bermain air.

Tebing batu air terjun ini pun terlihat unik karena berwarna kemerahan dengan aliran yang miring. Keindahan curug ini pun selalu di manfaatkan wisatawan untuk bermain air dan berenang hingga berfoto.

Namun ingat untuk berhati-hati karena aliran air terjun ini cukup deras. Jadi usahakan bermain air dan berenang saat aliran kedua air terjun ini tidak terlalu deras dan hanya bermain di area tepi.

Trekking Seru

Sebelum menikmati keindahan air terjun ini Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 15 menit dari area parkir. Jalur trekking ini membentang sepanjang 400 meter dengan medan menanjak dan menembus hutan.

Meski begitu jalannya tidak terlalu sulit karena sudah terbuat dari konblok dan berbentuk tangga. Selama perjalanan ini Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih sangat asri serta kera-kera lucu.

Suara-suara burung yang berbunyi pun jadi musik relaksasi yang nyaman di telinga. Kegiatan trekking ini pun bisa menjadi aktivitas healing seru untuk Anda yang penat dengan suasana kota.

Menghabiskan Malam

Tempat wisata hits Bogor ini termasuk area camping yang seru untuk menghabiskan malam. Terdapat area camping khusus yang bisa Anda pilih jadi tempat menyalakan api unggun dan bermain bersama teman.

Area camping ini pun sangat sejuk dengan panorama yang indah. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan outbound hingga gathering atau berbagai aktivitas luar ruangan seru bersama keluarga atau kolega.

Namun jika Anda ingin menghabiskan malam dengan nyaman tersedia pula penginapan khusus berupa villa. Fasilitas lengkap di penginapan ini dengan view yang menarik pasti membuat waktu istirahat Anda terasa berkesan.

Flying Fox dan Terapi Ikan

Selain berkemah, Anda juga dapat mencoba aktivitas seru lain seperti bermain flying fox. Namun, wahana flying fox ini hanya buka setiap weekend saja, meski begitu wahana ini tetap ramai terutama bagi kawula muda.

Selama meluncur Anda dapat menikmati keindahan air terjun dari ketinggian. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat bersantai sembari mencoba terapi ikan di kolam khusus dengan begitu saat pulang Anda bisa rileks kembali.

Fasilitas di Curug Cigamea

Fasiltias Curug Cigamea

Curug ini memiliki fasilitas umum yang terbilang lengkap, berikut ini beberapa yang bisa Anda nikmati:

  • Area parkir.
  • Toilet dan kamar ganti.
  • Mushola.
  • Saung dan tempat istirahat.
  • Area camping.
  • Penginapan, villa, homestay
  • Spot foto
  • Warung makanan khas Bogor.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, kunjungan Anda di Curug Cigamea ini pun jadi makin berkesan. Seperti halnya saat liburan bersama Salsa Wisata yang siap memberikan Anda pengalaman paling berkesan selama liburan.

Sebab berbagai keperluan Anda selama perjalanan pasti terpenuhi mulai berangkat hingga pulang. Jadi jangan ragu lagi langsung saja hubungi Salsa Wisata sekarang untuk nikmati momen liburan terbaik Anda di Bogor.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)