SalSari Resto & Coffee

Ada berbagai wisata menarik di Bogor khususnya air terjun. Curug Ciomas adalah destinasi wisata air terjun selain Curug Pangeran Bogor yang sedang hits saat ini.

Tempat ini menjadi objek wisata favorit warga sekitar karena keindahan alamnya. Awalnya, curug ini memang memiliki fungsi sebagai bendungan. Namun karena panoramanya begitu indah maka warga menjadikannya sebuah kawasan wisata.

Pesona curug yang satu ini ternyata sudah tercium oleh banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar Bogor. Jika Anda penasaran dengan keindahan curug ini, sebaiknya simak info tempat wisata Ciomas Bogor berikut ini.

Sekilas Tentang Curug Ciomas

curug ciomas

Curug Ciomas Bogor Jawa Barat terkenal juga sebagai Green Canyon karena memiliki kemiripan dengan Green Canyon Pangandaran. Pemandangan di tempat ini begitu memukau dan memanjakan mata.

Airnya begitu jernih dan segar karena berada di kaki Gunung Sanggabuana. Terdapat sebuah lorong sepanjang 200 meter dengan kedalaman 3 meter.

Aliran sungai juga tidak terlalu besar sehingga Anda bisa menyusurinya sembari menikmati pemandangan tebing yang indah. Anda bisa terjun dari akar-akar pohon atau bebatuan dengan tinggi sekitar 10 hingga 20 meter.

Lokasi tempat wisata Bogor murah ini berada di pedalaman hutan. Karena itulah kondisi alam di sekitarnya juga masih sangat asri. Menurut cerita, air terjun ini dulunya berfungsi sebagai bendungan untuk mengairi sawah penduduk sekitar.

Harga Tiket Masuk Curug Ciomas

Harga tiket masuk Curug Ciomas Cariu sangat terjangkau. Tidak ada pengecualian bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

Anda juga bisa menyiapkan uang tambahan untuk biaya parkir dan membeli oleh-oleh khas Bogor terdekat. Berikut adalah daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp8.000,00 per kendaraan

Daftar harga tersebut bisa berubah kapan saja sesuai dengan kebijakan dari pengelola wisata. Adapun harga di atas bisa menjadi rujukan bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Curug Ciomas

foto curug ciomas

Lokasi Curug Ciomas berada di perbatasan antara Karawang dan Cariu Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka jarak tempuh ke lokasi ini hanya sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Rutenya yaitu melewati Jalan Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Cibubur.

Kemudian lanjut ke Jalan Alternatif Cibubur dan terus hingga Jalan Transyogi di Cileungsi. Anda hanya perlu lurus hingga ke Jonggol dan menuju ke Desa Cikutamahi.

Rute ini bisa Anda tempuh dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Namun ada opsi praktis dan mudah untuk tiba di lokasi ini. Opsi tersebut adalah dengan menggunakan layanan rental mobil Bogor murah dari Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Curug Ciomas

Dari julukannya saja sudah mengingatkan Anda pada sebuah tempat wisata di Amerika. Hal ini membuktikan bahwa curug ini memiliki daya tarik yang begitu luar biasa.

Selain ragam daya tarik, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner Bogor view bagus, berburu oleh-oleh, dan sebagainya. Dan berikut adalah daftar daya tarik dari tempat wisata alam di Bogor ini:

Keindahan Alam

green canyon ciomas

Salah satu curug di Bogor yang bagus dan murah ini memang tidak terlalu tinggi, namun keindahannya sungguh luar biasa. Bahkan panorama di sekitar air terjun juga tidak kalah dari curug yang ada di tempat lain.

Suasana yang asri dan serba hijau akan menyambut Anda sesampainya di lokasi. Anda langsung dapat merasakan bagaimana nuansa sejuk sejak pertama berada di sini.

Pepohonan yang rindang di sekitar lokasi bukan hanya memberikan pemandangan indah, namun juga eksotis. Hutan dengan akar pohon yang menjuntai menjadi sisi menarik dari tempat ini.

Keindahan ini belum tentu Anda dapatkan di tempat wisata yang lain. Apalagi kondisinya yang masih sangat alami. Perjalanan yang Anda tempuh untuk sampai ke lokasi seolah tidak terasa ketika melihat keindahan alam di sekitarnya.

Bebatuan dan Aliran Sungai

harga tiket curug ciomas

Curug ini juga terkenal karena batuan tebing yang eksotis. Ada batu yang terbentuk alami dan menjadikannya mirip dengan Green Canyon.

Selain itu, aliran sungai yang melintas di bawah curug juga sangat jernih. Dengan bebatuan yang ada di sekelilingnya, pemandangan di sungai semakin terlihat cantik.

Anda juga bisa berenang di air yang jernih tersebut sebelum menyantap makanan khas Bogor Jawa Barat. Kesegaran yang akan Anda rasakan seolah dapat mengobati rasa lelah sekaligus menjadi sarana healing.

Meski tidak terlalu panjang, bentuk sungai menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Jika Anda melihat dari atas tebing, maka akan menyaksikan keindahan, bahkan seperti view Sungai Amazon.

Berburu Foto

spot foto curug ciomas bogor

Aktivitas yang tidak boleh ketinggalan adalah foto selfie. Anda juga bisa melakukan foto bersama keluarga dengan latar curug dan hutan.

Ada juga berbagai spot foto instagramable berlatar alam yang bisa Anda dapatkan. Contohnya hamparan sawah luas, pohon dengan vegetasi hijaunya, dan pastinya air terjun itu sendiri.

Anda juga bisa berpose ketika sedang lompat dari tebing. Atau jika Anda ingin melompat, tidak ada salahnya selfie terlebih dahulu sebelum terjun ke air.

Fasilitas di Curug Ciomas

Pengelolaan tempat wisata Bogor ini dilakukan sendiri secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Dengan kata lain tidak ada campur tangan pihak pemerintahan setempat.

Meski demikian, fasilitas yang ada di kawasan curug ini cukup memadai. Ada area parkir yang siap menampung kendaraan para pengunjungnya.

Di bagian dalam wisata, ada toilet umum yang terdapat di berbagai lokasi. Untuk memberikan layanan terbaiknya, pihak pengelola juga menyediakan mushola untuk beribadah.

Sayangnya, belum ada layanan penginapan untuk para pengunjung yang ingin bermalam. Meski demikian, jika Anda ingin menginap maka bisa mencari penginapan terdekat dengan lokasi wisata.

Jam Buka Curug Ciomas

curug di ciomas bogor

Untuk menikmati kesegaran air di curug ini, Anda bisa datang pada hari apa saja. Sebab, objek wisata ini buka setiap hari mulai Senin hingga Minggu.

Untuk jam buka Curug Ciomas sendiri dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Jadi, pastikan Anda datang lebih awal agar bisa menikmati keindahan dan puas bermain di kawasan ini.

Anda tidak perlu bingung jika ingin pergi ke curug di Bogor ini namun belum mengetahui jalur menuju ke lokasi. Anda cukup menghubungi Salsa Wisata dan memesan paket wisata dengan tujuan Bogor.

Dengan paket wisata dari Salsa Wisata, selain ke Curug Ciomas ini, Anda juga bisa memilih tempat rekreasi Bogor lainnya yang ingin Anda kunjungi. Salsa Wisata juga akan memberikan layanan terbaik bagi setiap pelanggannya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)