SalSari Resto & Coffee

Ketika hendak berkunjung ke Bogor, destinasi wisata apa saja yang ada di alam wishlist Anda? Pastikan untuk memasukkan Curug Leuwi Asih sebagai tempat wisata yang harus Anda datangi, jelajahi dan nikmati.

Memang, semua objek wisata di Bogor itu layak untuk Anda kunjungi. Akan tetapi, air terjun yang satu ini bisa melebihi ekspektasi. Apalagi untuk pecinta wisata alam, curug ini adalah pilihan berlibur yang tepat.

Sekilas Tentang Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih Bogor adalah air terjun alami dengan kolam alami yang ramah wisatawan. Bahkan aman untuk anak-anak. Menariknya, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini pengunjung harus melakukan trekking.

Trekking di kawasan ini menjadi favorit para pecinta olahraga trekking. Bahkan kepopulerannya mampu bersaing dengan wisata puncak Bogor lainnya. Belum lagi, selama perjalanan viewnya benar-benar eksotis.

Wajar saja jika curug yang satu ini menjadi primadona bagi wisatawan yang mencari alternatif liburan seru di akhir pekan. Bahkan untuk yang baru pertama kali berkunjung, tidak akan mengalami masalah berarti.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Asih

Tiket Masuk Curug Leuwi Asih

Tiket masuk Curug Leuwi Asih sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp20.000,00 saja. Biaya tersebut sudah termasuk penggunaan fasilitas yang ada di dalamnya namun terpisah dari biaya parkir, jadi siapkan uang lagi untuk parkir.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih terletak di Kampung Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Jika berangkat dari Bogor, arahkan kendaraan melewati jalan arah Gunung Pancar.

Pintu gerbang objek wisata curug ini juga tidak jauh dari destinasi wisata menarik lain di Babakan Madang yakni Teras Wangun. Sayangnya jalan menuju lokasi wisata ini cukup sempit dan menanjak meski sudah beraspal, jadi Anda perlu ekstra hati-hati.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan sopir dari tempat sewa avanza Bogor terdekat. Sopir lokal yang bertugas siap mengantar Anda ke lokasi dengan mudah dan cepat jadi Anda tidak perlu repot berkendara sendiri.

Jam Buka Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih buka setiap hari dari pagi mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Tapi bagi pengunjung yang ingin menginap bisa menikmati keindahan air terjun selama 24 jam dengan syarat reservasi terlebih dahulu.

Fasilitas Curug Leuwi Asih

Fasilitas Curug Leuwi Asih sangat lengkap sehingga pengunjung bisa bersantai dan istirahat dengan tenang. Ada area parkir untuk kendaraan yang melewati pintu gerbang biasa.

Fasilitas lain seperti kamar mandi bilas, toilet, gazebo, pendopo dan mushola. Ada warung juga yang dapat menjadi tempat wisata kuliner. Bahkan ada villa dan bungalow untuk yang mau menginap di dekat curug.

Ada juga jembatan bambu yang bisa menjadi spot untuk berfoto. Jika ingin menyewa pelampung atau ban untuk berenang, juga pengelola sudah menyediakan. Harga sewanya sangat terjangkau.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di lokasi wisata. Tapi, jika mencari oleh-oleh khas Bogor, maka lebih baik ke pusat Kota Bogor. Ada banyak yang bisa Anda beli dan bawa pulang.

Daya Tarik Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih memiliki berbagai daya tarik yang akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama. Lokasinya sangat cocok untuk healing bersama teman maupun komunitas.

Dua Rute Trekking

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, terdapat dua pintu masuk. Pertama adalah lewat gerbang masuk biasa. Dari pintu gerbang resmi ini hanya membutuhkan berjalan kaki sekitar 5 menit saja.

Sehingga bagi wisatawan yang membawa anak atau balita, dapat memilih jalur pertama yang memang sudah pengelola sediakan. Jalur ini cukup aman untuk pengunjung di segala umur.

Sedangkan kedua, adalah jalur yang memutari area perbukitan. Jalur ini yang kemudian wisatawan sebut sebagai jalur trekking. Jalur ini akan melewati beberapa area dari yang mudah hingga yang menantang.

Rute Trekking yang Menantang Sekaligus Seru

Hampir semua destinasi wisata air terjun di Bogor memiliki jalur yang menantang. Memang tidak semuanya, tapi beberapa curug tersebut berada di tempat yang tersembunyi, termasuk yang satu ini.

Letaknya yang tersembunyi itulah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun Leuwi Asih ini. Meski wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 km untuk bisa sampai di lokasi, lelah tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Selain itu, jalur ini cukup menantang karena medannya naik turun. Pepohonan di perbukitan ini juga beragam salah satunya ada hutan bambu. Sebaiknya, jika melewati jalur ini bersama dengan rombongan beberapa orang.

Setelah melewati area perbukitan, Anda akan mendapati area sawah milik warga. Berjalan melewati pematang sawah hingga sampai di sungai. Ada warung di sungai ini dan menjadi lokasi istirahat.

Tiba di Lokasi Curug

Lokasi Curug Leuwi Asih

Setelah istirahat di warung dan menikmati sajian makanan khas Bogor yang tersedia di dekat sungai, masih ada bukit yang harus wisatawan taklukan. Jalur trekking tersebut akan menanjak dan melewati sejumlah kandang peternakan milik warga.

Beberapa hewan seperti kerbau dan sapi bisa Anda lihat saat melewati kandang puncak perbukitan ini. Selain itu lokasi kandang ternak ini menjadi checkpoint sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan melewati semak.

Di ujung jalur semak ini, Anda akan mendapati lapangan kecil serta gardu pandang untuk berfoto. Tempat inilah yang jadi favorit pengunjung untuk berfoto sebelum melanjutkan perjalanan hingga bertemu sungai.

Lokasi curug ini berada di ujung sungai sehingga Anda harus menyusuri sungai terlebih dahulu. Semakin dekat dengan curug, maka suara gemuruhnya pun bisa Anda dengar. Semua rasa lelah akan lunas terbayarkan dengan view yang terlihat.

Curug Dengan Bebatuan Besar

Berbeda dengan curug atau air terjun pada umumnya yang mengalir melewati tebing tinggi, maka di sini cukup unik. Curug ini terbentuk karena adanya perbedaan tinggi di jalur sungai.

Sungai yang berada di atas membentur batuan besar dan mengalir ke dataran yang lebih rendah. Ketika air jatuh dari sungai yang lebih tinggi inilah terbentuk aliran air terjun.

Sedangkan di sisi sungai, ada air terjun lain yang  sebenarnya bernama Curug Handeuleum. Tapi banyak wisatawan yang salah mengira dengan menyebut itu adalah Leuwi Asih.

Curug Handeuleum lebih tinggi daripada Leuwi Asih. Aliran airnya tidak terlalu deras sehingga bisa mandi langsung di bawahnya. Ada sensasi seperti pijatan ketika air jatuh di atas punggung.

Anda dan keluarga atau rombongan hanya membutuhkan kendaraan yang tepat. Salsa Wisata dapat mengantarkan Anda ke Curug Leuwi Asih dengan aman dan nyaman. Ada banyak armada yang bisa Anda pilih.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post