SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sewaktu berkunjung ke Kebun Raya Cibinong, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi danau unik favorit anak-anak. Namanya adalah Danau Ecopark LIPI Cibinong.

Danau ini sangat recommended untuk Anda mengisi waktu liburan akhir pekan bersama keluarga. Anak-anak tidak hanya bermain saja, namun bisa sekaligus melakukan wisata edukasi.

Karena kawasannya masih jadi satu dengan pusat penelitian LIPI, terdapat banyak hal yang bisa Anda eksplor bersama si kecil.

Oleh karena itu, informasi detail berikut dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum berkunjung ke danau ini.

Sekilas Tentang Danau Ecopark LIPI Cibinong

Wisata Danau Ecopark LIPI Cibinong

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sesuai dengan namanya, danau terkenal ini berada di kawasan Ecopark LIPI Cibinong. Sebenarnya, taman rekreasi air ini sudah ada sejak lama.

Tetapi sempat tidak beroperasi di tahun 2018 sampai tahun 2020 karena adanya penataan ulang di area ini.

Danau Ecopark LIPI Cibinong ini masuk dalam kategori taman konservasi alam karena masih satu kawasan dengan Kebun Raya Cibinong. Jadi wisatawan bisa sekaligus melihat-lihat berbagai jenis koleksi tanaman di area ini.

Pelafalan nama Ecopark LIPI Cibinong memang terlalu panjang. Agar mudah disebut, masyarakat setempat lalu menyebutnya dengan Danau Dora.

Danau ini mempunyai jembatan kayu yang panjang dari darat hingga ke tengah danau. Pemandangan ini mirip dengan salah satu serial animasi Dora The Explorer.

Kabarnya, awal mula penamaan Danau Dora ini juga ada kaitannya dengan momen awal pembangunan danau buatan ini.

Pada saat pembangunan danau tengah berlangsung, anak-anak sekitar gemar bermain di dekat danau. Mereka terlihat asik memainkan boneka Dora yang lagi hits saat itu.

Daya Tarik Danau Ecopark LIPI Cibinong

Daya Tarik Danau Ecopark LIPI Cibinong

Anda tidak hanya akan mendapati pemandangan indah dari sebuah danau saja. Masih banyak hal menarik lainnya yang wajib Anda kulik dari destinasi cantik ini. Simak dulu informasi selengkapnya berikut ini.

Keindahan Danau Dora

Danau Dora tengah menjadi ikon hits di kawasan Ecopark LIPI Cibinong ini. Penataan danau ini sangat rapi.

Area lahan hijau tampak mengelilingi danau ini. Di seberang danau, tumbuh beberapa pohon rindang membuat suasana danau semakin natural.

Jembatan kayu panjang dari tengah danau menerobos daratan dan menjadi satu-satunya akses bagi para pengunjung yang hendak ke danau.

Banyak wisatawan memanfaatkan jembatan ini sebagai spot foto Instagramable. Ada yang ber-swafoto tepat di atas jembatan, ada pula yang lebih memilih jembatan sebagai latar foto saja.

Kedalaman danau ini cukup dangkal dengan ketinggian satu meter saja. Jadi aman untuk anak-anak bermain di sekitar.

Panoramanya semakin menawan dengan kehadiran bunga dan daun teratai yang memamerkan keindahannya di permukaan danau.

Danau seluas 2 hektar ini memiliki lebar sekitar 10-50 meter, sangat cocok menjadi destinasi refreshing. Anda bisa duduk di tepi danau sambil merenung dan menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kota.

Bagi pengunjung yang liburan bersama keluarga, memilih danau ini memang sangat tepat. Selain murah meriah, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk semakin dekat dengan keluarga.

Menyantap makanan khas Bogor yang terkenal yang Anda buat sendiri tentu akan menjadi memori indah yang tak terlupakan dalam hidup Anda.

Jogging

Lahan yang luas dan alam hijau sangat mendukung untuk aktivitas jogging. Tempat wisata Bogor murah tapi eksotis ini menawarkan jogging track khusus untuk wisatawan yang ingin olahraga lari di sini.

Biasanya, saat akhir pekan, danau ini akan ramai pengunjung yang asik jogging. Melakukan olahraga jogging di sini cukup nyaman karena udaranya segar dan jogging track-nya luas.

Kebun Raya Cibinong

Berwisata ke danau ini sama saja Anda sedang mengunjungi kebun raya. Berbagai koleksi tanaman bisa Anda nikmati. Anda juga sekaligus teredukasi terkait dengan jenis spesies tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini.

Kebun raya ini menyimpan tumbuhan sejumlah 1.147 spesies. Seribu lebih tumbuhan ini terdiri dari 733 jenis, 328 marga, dan 86 famili. Mayoritas jenis tanaman yang tumbuh di area ini adalah tumbuhan ekoregion.

Konservasi tanaman ekoregion merupakan area khusus flora dari berbagai daerah di Nusantara. Jadi tanaman khas dari setiap daerah di Indonesia bisa Anda jumpai di sini tanpa harus mendatangi tempat asal tumbuhannya satu per satu.

Selain perkebunan dengan padat tanaman tropis, beberapa lahan kosong terlihat ditumbuhi rerumputan hijau. Hamparan rumput hijau ini sangat subur memadati ‘lantai’ wisata danau ini.

Piknik Keluarga

Tak perlu jauh-jauh untuk piknik bersama keluarga. Di area danau ini banyak area lapang yang kosong dengan rerumputan hijau. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk piknik.

Anda bisa menggelar tikar di pinggir danau sambil menikmati panorama alam sekitar. Suasana alamnya yang asri membuat aktivitas bersantai semakin sempurna.

Banyak orang tua duduk-duduk di sekitar sambil menunggu anak-anak bermain sekitar danau.

Supaya waktu liburan Anda semakin sempurna, membawa makanan kering khas Bogor sebagai camilan merupakan ide yang tepat. Namun pengunjung tetap harus menjaga kebersihan di lingkungan wisata ini ya.

Fasilitas di Danau Ecopark LIPI Cibinong

Tiket Masuk Danau Ecopark LIPI Cibinong

Sejumlah fasilitas bisa Anda manfaatkan secara gratis. Bukan danau favorit wisatawan namanya jika area ini tidak menyediakan fasilitas memadai dan super lengkap.

Adapun fasilitas yang pasti Anda jumpai di tempat wisata ini salah satunya adalah toilet. Fasilitas toilet di sini sangat layak dan sudah lengkap dengan kamar mandi.

Di tengah-tengah area hijau, berdiri sebuah mushola yang bebas Anda akses untuk menunaikan ibadah sholat. Area wudhu dekat mushola juga sudah terakomodasi dengan baik.

Agar tak mudah lelah saat asik bermain di tepian danau, ada baiknya Anda mengisi perut Anda dengan hidangan kuliner khas Bogor. Ada beragam pilihan tempat kuliner Bogor view bagus dekat danau ini.

Area wisata danau yang sangat luas tentunya akan membuat pengunjung lelah jika berkeliling dengan jalan kaki. Kabar baiknya, pihak pengelola telah menyediakan pusat persewaan sepeda untuk para pengunjung.

Anda boleh memanfaatkannya untuk jalan-jalan keliling tepian danau dengan sepeda yang Anda sewa.

Pengunjung yang membawa mobil atau sepeda motor, tak perlu untuk memarkirkannya. Sebab, area parkir di objek wisata danau ini luas dan mendapat pengawasan dari staff yang bertugas.

Hebatnya lagi, kendaraan bus pariwisata juga bisa muat parkir di area parkir ini.

Harga Tiket Masuk Danau Ecopark LIPI Cibinong

Melihat keindahan Danau Dora rupanya tak perlu mengeluarkan budget yang mahal. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa liburan hemat di sini bersama orang-orang terkasih.

Anda cukup membeli tiket masuk sekali yaitu tiket masuk Kebun Raya Cibinong dan Anda dapat mengakses wisata Bogor ini. Artinya, tiket masuk Kebun Raya Cibinong ini berlaku juga sebagai tiket masuk Danau Dora.

Kemudian soal tarif tiket masuk, terdapat perbedaan nomimal tarif antara weekend dan weekday. Dan berikut adalah info detail seputar harga tiket masuk Danau Ecopark LIPI Cibinong yang terbaru.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekday Rp15.000,00
Tiket Masuk Weekend Rp25.000,00
Parkir Kendaraan Mulai dari Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Danau Ecopark LIPI Cibinong

Lokasi Danau Ecopark LIPI Cibinong

Lokasi Danau Ecopark LIPI Cibinong ini terletak di Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Danau ini berdiri dekat dengan kawasan Cibinong Science Center BRIN dan menjadi bagian dari lokasi Kebun Raya Cibinong.

Lokasi danau ini sangat strategis, maka akses jalan untuk mencapai wisata ini cukup mudah. Transportasi umum bisa Anda manfaatkan seperti angkutan umum untuk menuju ke lokasi ini. Perjalanan hanya perlu waktu 5 menit saja dari pusat Kabupaten Bandung.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pasti perjalanan akan lebih nyaman dan fleksibel. Namun bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, opsi terbaiknya adalah dengan sewa mobil.

Salsa Wisata, dengan layanan rental mobil murah di Bogor, bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Kami sediakan beragam tawaran sewa mobil. Silahkan memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misal Anda memerlukan jasa driver, tim driver kami siap memfasilitasi perjalanan Anda. Tim driver kami adalah tim yang handal dan profesional. Driver kami juga sangat hafal dengan rute menuju wisata danau ini.

Rute yang biasa driver kami pilih jika berangkat dari Kota Bandung adalah Jalan Tangkil – Agrabinta atau melalui Jalan Tol Jagorawi. Kisaran waktu tempuhnya sekitar 25 menit.

Untuk Anda yang lebih menyukai unit mobil yang mungil tapi gesit, selain Honda Jazz, kami juga akan rekomendasikan Anda paket rental mobil Brio Bogor. Tentu dengan tarif sewa yang lebih murah.

Jam Operasional Danau Ecopark LIPI Cibinong

Jadwal operasional wisata danau Cibinong ini mengikuti jam operasional Kebun Raya Cibinong, yaitu dari Senin-Minggu.

Jam operasional Danau Ecopark LIPI Cibinong ini juga sama seperti jam buka tempat wisata pada umumnya, yaitu mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Tentu melalui gambaran singkat ini, banyak diantara Anda yang tertarik untuk menghabiskan libur akhir pekan di sini. Meski tak begitu jauh, Anda tetap harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Bogor, ada cara jitu untuk bisa menikmati liburan di Bogor dengan mudah dan tanpa ribet.

Caranya adalah dengan reservasi paket tour keliling Indonesia dengan tujuan liburan ke Bogor, termasuk ke objek wisata danau ini. Pilihannya memang banyak, akan tetapi Salsa Wisata menjadi salah satu yang layak untuk direkomendasikan.

Tarif yang murah dengan pilihan paket yang super lengkap menjadi alasan utamanya. Anda akan sulit untuk menjumpai travel organizer yang menawarkan keuntungan double semacam ini.

Untuk membuktikannya, silahkan Anda boleh reservasi sekarang juga via online, tepatnya via situs resminya. Tim Salsa Wisata juga menerima pendaftaran paket tour by phone dan on the spot.

Demikian info singkat tentang objek wisata Danau Ecopark LIPI Cibinong Bogor Jawa Barat. Lokasinya yang tak jauh dari kota dan suguhan alamnya yang asri dan asli natural, danau ini memang pantas Anda perhitungkan untuk jadi destinasi berikutnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)