SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bogor memang selalu menyimpan wisata alam yang tiada habisnya. Namun, tahukah Anda bila di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor terdapat sebuah kebun raya yang indah dan asri. Namanya adalah Kebun Raya Cibinong.

Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong juga menyimpan banyak koleksi tumbuhan dan keanekaragaman hayati. Ada sekitar kurang dari 1.000 spesies tumbuhan tropis dataran rendah yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata alam ini.

Tidak hanya itu saja, masih ada wahana dan keindahan lainnya yang bisa Anda eksplor. Nah supaya tidak ketinggalan dengan wisata lainnya, sebaiknya Anda simak informasi berikut ini.

Sekilas Tentang Kebun Raya Cibinong Bogor

Kebun Raya Cibinong merupakan salah satu dari enam kebun botani di bawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai pihak pemberi anggaran penataan hutan di tengah kota.

Pusat konservasi tumbuh-tumbuhan ini baru saja beroperasi kembali meski sudah berdiri sejak lama. Pada tahun 2018 sampai 2020, pihak pengelola wisata sedangkan melakukan penataan ulang kawasan wisata hijau ini.

Cibinong Science Center adalah nama resmi dari kebun wisata ini. Ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi di kebun raya ini.

Selain sebagai tempat hiburan dan rekreasi, wisata ini sangat mendukung para peneliti atau pelajar yang membutuhkan tempat penelitian di bidang tumbuh-tumbuhan.

Ada sekitar 1.147 spesies tanaman yang siap memanjakan mata Anda. Hijaunya pepohonan yang rindang membuat suasana tempat wisata Bogor murah ini sangat asri dan sejuk meskipun lokasinya berada di tengah kota.

Daya Tarik Kebun Raya Cibinong

Kebun Raya Cibinong Bogor

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Destinasi wisata alam ini mendapat julukan sebagai miniatur hutan tropis dari tujuh daerah di Indonesia karena ragam floranya berasal dari berbagai daerah.

Di sini, Anda tidak hanya menemukan tumbuh-tumbuhan saja .Masih ada daya tarik lainnya yang bisa Anda eksplor. Berikut infonya.

Danau Dora

Wisata yang sedang hits dan baru di sekitar konservasi ini adalah Danau Dora Kebun Raya Cibinong. Danau yang menjadi ikon dari destinasi wisata ini wajib Anda kunjungi. Kolam dengan kedalaman rendah hanya satu meter saja membuat wisata ini sangat aman.

Nama Dora memang sengaja terinspirasi dari animasi kartun Dora The Explorer karena danau ini mempunyai jembatan kayu yang mirip dengan serial Dora. Anda bisa mengambil foto estetik dari jembatan ini dengan background danau dan langit indah.

Jembatan ini memudahkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan danau dari dekat. Selain itu, Anda bisa melihat permukaan air danau yang dangkal dari atas jembatan.

Danau buatan seluas 2 hektar ini menjadi tempat hidup para ikan untuk menjaga ekosistem danau. Keindahan danau semakin sempurna dengan kehadiran bunga dan daun teratai yang memadati permukaan danau.

Keindahan danau saat sore hari begitu menawan dan mempesona. Anda bisa menikmati senja dengan langit oranye berpadu dengan danau yang bagus.

Sebaiknya Anda membawa camilan ringan seperti makanan khas Bogor yang tahan lama sambil duduk santai di tepi danau.

Menikmati Koleksi Tanaman Ekoregion

Berbeda dengan koleksi tanaman di Kebun Raya Kuningan, flora yang ada di kawasan wisata ini kaya akan jenis tanaman dari berbagai daerah Nusantara.

Rata-rata tanaman yang tumbuh berjenis tropis dan berasal dari dataran rendah maksimal 500 meter di atas permukaan air laut.

Pengelola wisata memang sengaja membagi area ekologi dan biografinya berdasarkan asal daerah tanaman tersebut sehingga kebun raya ini disebut sebagai konservasi tanaman ekoregion.

Koleksi tumbuhannya berasal dari pulau-pulau di Indonesia, seperti Bali, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Papua. Misalnya Region Jawa Bali mengisi lahan seluas 10 hektar dengan tumbuhan khas Jawa dan Bali.

Jumlah koleksi tumbuhan bisa memadati kawasan ini sebanyak 1.147 spesies dengan rincian yang terdiri dari 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Anda bisa sekaligus mengenal dan belajar terkait keanekaragaman flora dari seluruh Indonesia tanpa mendatangi wilayah masing-masing.

Pusat Riset dan Konservasi Tumbuhan

Asal mula kebun raya ini berasal dari ecopark dalam kawasan Cibinong Science Center – Botanical Garden atau CSC-BG. Kawasan konservasi ini memang ditujukan untuk tumbuhan ex.situ agar mengurangi laju degradasi keanekaragaman hayati.

Para peneliti dari LIPI biasa melakukan riset di kawasan ini. Tak jarang mahasiswa jurusan Biologi juga melakukan penelitian di kawasan konservasi ini. Anda bisa sekaligus belajar dan melihat aktivitas para peneliti tumbuhan di area wisata ini.

Piknik

Kawasan wisata seluas 34 Hektar ini menyuguhkan tanah lapang berwarna hijau. Nah Anda bisa memanfaatkannya sebagai arena piknik bersama keluarga.

Menggelar karpet dan bersenda gurau di bawah pepohonan rindang kebun raya menjadi liburan akhir pekan yang menyenangkan.

Anda bisa mengajak teman, pasangan, keluarga hingga rombongan untuk menikmati udara segar dan panorama alam yang menyejukkan. Jangan lupa untuk membawa bekal lezat seperti oleh-oleh khas Bogor di Cibinong untuk menemani Anda bersantai.

Fasilitas di Kebun Raya Cibinong

Tiket Masuk Kebun Raya Cibinong

Meskipun peran besarnya sebagai kawasan konservasi tumbuhan, tempat wisata Bogor ini tidak ketinggalan untuk menyediakan beberapa fasilitas. Hal tersebut untuk mendukung sarana dan prasarana pengunjung.

Beberapa fasilitas seperti toilet dan mushola terakomodasi di area ini. Bahkan Anda bisa melakukan penyewaan sepeda dan berkeliling menggunakan sepeda pada jalur sepeda supaya tidak lelah mengelilingi lahan yang luas ini.

Jika Anda lelah, kebun wisata ini sudah menyediakan beberapa gazebo sebagai tempat duduk bersantai. Sayangnya area ini belum menyediakan tempat makan karena kawasannya penuh lahan hijau.

Jadi, jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Bogor bisa pergi ke kedai makan terdekat atau tempat kuliner di Bogor yang lagi hits.

Ekowisata ini juga mempunyai fasilitas penginapan berupa villa yang nyaman. Villa Kebun Raya Cibinong ini layaknya rumah yang berfasilitas lengkap. Harga sewanya cukup mahal tapi sesuai dengan kenyamanan yang disuguhkan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibinong

Tiket masuk Kebun Raya Cibinong ini tergolong murah sehingga terjangkau baik pengunjung pelajar ataupun umum. Perlu Anda perhatikan bahwa biaya tiket tersebut belum termasuk tarif parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi.

Namun ada perbedaan harga berdasarkan waktu berkunjung. Biaya tiket masuk antara weekday dan weekend terdapat perbedaan. Nah selengkapnya Anda bisa cek harga tiket masuk pada tabel di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekday Rp15.000,00
Tiket Masuk Weekend Rp25.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Cibinong

Lokasi Kebun Raya Cibinong

Karena Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merupakan pihak pengelolanya, maka letaknya tak jauh-jauh dari kawasan Cibinong Science Center BRIN. Lokasi Kebun Raya Cibinong tepatnya berada di Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Akses jalan menuju obyek wisata ini sangat mudah. Anda bisa menjangkau dengan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau bus pariwisata jika membawa rombongan. Bahkan transportasi umum seperti angkutan juga melewati kawasan ini.

Waktu perjalannya pun hanya 5 menit dari pusat Kabupaten Bogor. Agar perjalanan lebih nyaman dan puas, Anda bisa menggunakan rental mobil Bogor 24 jam lepas kunci atau dengan supir untuk mengantarkan Anda ke lokasi wisata ini.

Rute yang dapat Anda tempuh jika berangkat dari Kota Bogor yaitu melalui Jalan Tangkil – Jalan Agrabinta atau dapat juga melewati Jalan Tol Jagorawi.

Jam Operasional Kebun Raya Cibinong

Kebun raya favorit warga Cibinong ini bisa Anda kunjungi setiap harinya mulai hari Senin sampai hari Minggu. Jam buka Kebun Raya Cibinong mulai dari pagi hari sekitar jam 07.00 – 17.00 WIB.

Demikian informasi lengkap terkait Kebun Raya Cibinong. Ada banyak wisata Bogor yang siap menemani akhir pekan Anda. Hadirnya Salsa Wisata Travel Organizer tentu akan mempermudah realisasi agenda liburan Anda nantinya. Salsa Wisata kini hadir dengan layanan paket tour murah dengan Bogor sebagai destinasinya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)