SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Setiap daerah di Jogja memang menarik untuk wisatawan jelajahi. Salah satunya adalah Desa Wisata Gerabah Kasongan yang berada di Bantul. Desa ini sangat khas dan juga istimewa bagi para pecinta produk gerabah.

Tempat wisata Bantul yang sudah buka ini sangat populer sebagai sentra kerajinan gerabah. Ada banyak gerai dan juga pusat produksi gerabah yang bisa Anda jumpai di sini. Jadi wajar saja bila banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk wisata belanja di sini.

Sejarah Desa Wisata Gerabah Kasongan

kasongan jogja map

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kerajinan gerabah di Desa Wisata Gerabah Kasongan bermula pada masa kolonial Belanda. Konon, ada seekor kuda milik perwira Belanda yang mati di area persawahan milik pribumi. Tidak ada yang tahu penyebab kuda itu mati.

Tapi, warga pribumi yang takut akan siksaan Belanda memilih untuk meninggalkan lahan pertanian tersebut. Mereka bahkan melepaskan hak kepemilikannya sehingga menjadi tanah tak bertuan.

Singkat cerita, datanglah pendatang dari desa lain yang kemudian mengambil hak kepemilikan tanah tersebut. Mereka memiliki cara lain untuk memanfaatkan tanah pertanian, yakni dengan membuat kerajinan gerabah.

Dari situ lah kemudian cikal bakal desa wisata ini berdiri hingga terkenal seperti sekarang ini. Bahkan turis mancanegara pun sering berkunjung ke desa ini sebagai bagian dari tempat wisata di Jogja yang paling terkenal.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Gerabah Kasongan

anyaman di desa wisata kasongan

Wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata Jogja ini tidak perlu membayar tiket masuk. Harga tiket Desa Wisata Gerabah Kasongan tidak ada alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir saja.

Namun bagi wisatawan yang tertarik untuk mengikuti kursus atau kelas singkat membuat kerajinan gerabah, ada biaya tersendiri. Berikut infonya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil, Elf, Hiace, atau Bus Pariwisata Mulai dari Rp5.000,00
Kelas Singkat Membuat Gerabah Rp50.000,00

Kelas singkat membuat kerajinan gerabah juga bisa Anda ikuti bila Anda menggunakan layanan paket wisata Jogja. Seperti yang Salsa Wisata tawarkan. Para peserta tour juga akan diajak untuk tour ke pusat produksi kerajinan gerabah.

Peserta juga akan diberi kesempatan untuk menjajal kegiatan pembuatan gerabah. Biasanya nanti akan mendapat panduan dari pemilik usaha kerajinan gerabah. Kegiatan ini tentu sangat asik sekaligus memberi edukasi bagi wisatawan.

Rute Menuju Lokasi Desa Wisata Gerabah Kasongan

Alamat Desa Wisata Gerabah Kasongan terletak di Dk. Kajen, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya hanya 8 KM atau sekitar 15-30 menit perjalanan.

Untuk menjangkau lokasi desa wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi yang ingin mengajak serta keluarga, bisa gunakan layanan rental mobil dari Salsa Wisata.

Kini Salsa Wisata juga sediakan layanan baru, yakni sewa pick up Jogja terdekat untuk keperluan angkut barang. Layanan ini tentu sangat cocok untuk Anda yang mungkin berminat ingin memborong produk kerajinan gerabah dalam jumlah besar.

Rute menuju ke Kasongan ini sangat mudah. Dari Kota Jogja langsung saja ke Jalan Bantul, lalu Anda akan menjumpai gapura Desa Wisata Kasongan di sebelah kanan jalan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)