SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jika sedang pergi menuju Pantai Parangtritis, jangan lewatkan perjalanan Anda untuk singgah di sebuah pasar dengan bangunan arsitektur yang unik. Pasar Seni Gabusan namanya.

Mungkin nama pasar seni ini kurang familiar di telinga Anda para wisatawan. Akan tetapi, pasar ini sangat populer di mata para kolektor seni yang unik dan langka. Bahkan banyak pecinta barang antik dan vintage kerap berburu koleksi di pasar ini.

Gabusan adalah sentra kerajinan sekaligus salah satu spot wisata malam Jogja, tepatnya di Bantul. Pasar yang berlokasi di Timbulharjo ini memang berbeda dengan pasar pada umumnya.

Selain menjual kerajinan seni dan kebutuhan pokok, pasar ini juga menjadi sebuah destinasi wisata.

Bagi yang sedang mencari destinasi liburan akhir pekan sekaligus ingin berbelanja, Anda bisa mendatangi pasar ini. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak informasi penting berikut.

Sekilas Tentang Pasar Seni Gabusan Bantul

Pasar Seni Gabusan Bantul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pasar Seni Gabusan Yogyakarta ini adalah pusat jual beli berbagai produk kerajinan dan karya seni buatan warga Bantul. Kawasan ini berdiri sejak tahun 2004.

Lahan seluas 4,5 hektar ini menampung kurang lebih 400 orang pengrajin yang menawarkan kerajinan tangannya.

Tahukah Anda, pasar ini pernah terkena dampak gempa Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006 silam. Beberapa kerusakan terjadi pada bangunan pasar ini.

Namun pihak pengelola setempat memperbaiki pasar tersebut dengan desain dan gaya arsitektur yang menarik.

Para wisatawan yang datang ke Jogja biasanya tidak hanya mengunjungi Pasar Beringharjo saja, tetapi banyak juga yang mampir ke kawasan ini untuk membeli oleh-oleh atau souvenir. Berbagai produk bisa Anda borong dengan harga yang kompetitif.

Kualitasnya pun tak perlu Anda ragukan. Meskipun produk yang dijual adalah buatan tangan penduduk lokal, namun karya yang mereka hasilkan mampu bersaing dengan produk impor.

Ketika Anda berbelanja produk di sini, secara tidak langsung Anda telah turut mendukung hasil karya buatan Indonesia.

Di sentra kerajinan Bantul ini menawarkan beragam kerajinan seni. Untuk mempermudah pengunjung dalam mencari produk yang ingin mereka beli, tersedia pusat informasi yang terhubung dengan jaringan internet.

Pusat informasi akan menyediakan detail produk beserta harga, lokasi kios yang menjual produk tersebut, dan petunjuk jalan menuju kios tersebut.

Secara bertahap, pusat informasi akan terus berkembang dan meningkatkan jumlah informasi terkait produk dan kios yang ada di pasar ini.

Saat ini, pusat informasi di pasar seni ini menampung 8015 unit kerajinan, dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Bahkan sekarang Anda bisa memesan produk kerajinan seni di pasar ini secara online.

Area pasar di sini terbagi dalam 16 los atau kawasan. Setiap los memiliki ciri khas kerajinan yang berbeda-beda. Sehingga pengunjung lebih mudah dalam mencari suatu jenis kerajinan dalam satu kawasan.

Tampaknya 1 hari tak cukup untuk mengeksplorasi seisi pasar ini mengingat kios dan produk yang dijual begitu banyak. Terlebih saat ada event besar seperti Bantul Creative Expo yang rutin terselenggara di sini.

Banyak wisatawan luar daerah yang memilih untuk menginap di hotel dekat Gabusan. Memang ada banyak rekomendasi hotel murah di Jogja yang nyaman dan berfasilitas lengkap.

Daya Tarik Pasar Seni Gabusan

Wahana di Pasar Seni Gabusan Bantul

Pasar seni yang terkenal di Bantul ini menawarkan banyak sekali daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut adalah informasi daya tarik pasar ini yang tak boleh Anda lewatkan.

Desain Arsitektur yang Artistik

Sebagai pasar yang berdiri di kota budaya, pastinya desain bangunan yang berdiri tidak asal-asalan. Nuansa khas Jawa Tengah menyelimuti arsitektur bangunan ini.

Tidak hanya melibatkan arsitek nasional saja, namun arsitek internasional juga turut serta dalam membangun pasar ini. Beberapa ruko menyajikan daya tarik sendiri dengan ukiran artistik.

Saat memasuki gerbang utama, gong besar berwarna hitam siap menyambut kedatangan pengunjung pasar. Gong tersebut bernama Gong Golong Gilig yang menjadi ikon dari pasar ini. Bentuk bangunan yang estetik ini bisa menjadi spot foto favorit wisatawan.

Menjual Kerajinan Tangan Unik

Jumlah pengrajin seni di sini semakin bertambah hingga mencapai 400 orang sehingga ada banyak produk kerajinan khas Yogyakarta yang bervariasi.

Diantaranya seperti pakaian batik, sepatu kulit, hiasan dinding, perhiasan, hingga peralatan rumah tangga.

Barang-barang dengan gaya tradisional klasik dan vintage siap menghipnotis para pengunjung supaya membeli dan memilikinya.

Setelah berkunjung ke Parangtritis, biasanya wisatawan akan mampir ke pasar berikut untuk membeli souvenir atau buah tangan.

Kebanyakan bahan dasar pembuatan kerajinan seni yang dijual di pasar ini adalah kayu, rotan, dan bambu.

Pahatan dan ukiran yang membawa kesan tradisional Jawa membuat wisatawan ingin membawa pulang produk-produk ini sebagai oleh-oleh khas Jogja selain makanan.

Pasar Antik dan Vintage

Di tengah pandemi COVID-19, perekonomian masyarakat yang berjualan di pasar ini tidak stabil karena sepi pengunjung. Kemudian pengelola pariwisata berinisiatif menggelar pasar antik dan vintage.

Event ini diselenggarakan di pasar ini dengan menawarkan barang-barang antik. Harapannya, pasar antik dan vintage ini bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat Bantul untuk bangkit kembali setelah terdampak pandemi.

Sesekali masyarakat sekitar juga menyelenggarakan event pasar loak. Event dengan julukan flea market ini menjual barang-barang antik secara lelang.

Keberadaan bursa jual beli barang antik tersebut semakin eksis dan berkembang hingga kini. Bahkan, pasar seni dan wisata Gabusan ini pernah menjadi lokasi Bantul Expo 2022 dalam rangka perayaan HUT Kabupaten Bantul belum lama ini.

Selama acara ini berlangsung, rangkaian acaranya sangat panjang karena durasi penyelenggaraannya hampir 1 bulan. Dan Pasar Malam Gabusan 2022 jadi lokasi yang teramai.

Berwisata Kuliner khas Jogja

Selain menjual berbagai pernak-pernik souvenir dan kerajinan, pasar ini juga menyediakan beberapa warung makan.

Di pintu gerbang masuk, ada restoran yang siap memanjakan lidah pengunjung dengan makanan khas Jogja selain Gudeg. Harganya tak perlu Anda tanyakan lagi karena sudah pasti murah.

Temukan juga aneka hidangan asli Jogja seperti Mangut Lele yang terkenal di Sewon yang lokasinya dekat dengan Gabusan.

Sambil bersantap dan menikmati kelezatan hidangan di restoran, Anda bisa sambil melihat pemandangan dan suasana kawasan Gabusan.

Apalagi bila Anda menuju restoran atas yang mempunyai balkon. Anda bisa menikmati keindahan jalanan dan pasar Gabusan dari ketinggian.

Jangan pernah lewatkan untuk mampir di wisata kuliner sekitar pasar ini. Berkeliling menyusuri area pasar untuk berburu belanjaan pasti membuat Anda lelah dan butuh istirahat sejenak.

Fasilitas di Pasar Seni Gabusan

Tiket Masuk Pasar Seni Gabusan Bantul

Alasan lain yang menyebabkan pasar ini selalu ramai pengunjung adalah fasilitasnya. Fasilitas-fasilitas yang bisa pengunjung jumpai di kawasan ini tak kalah lengkap dengan daya tariknya.

Pihak pengelola wisata selalu memperhatikan faktor kebersihan di tempat ini sehingga tiap titik strategis selalu dilengkapi dengan tempat sampah guna menjaga kebersihannya.

Fasilitas lainnya adalah toilet umum dan mushola. Area parkir di kawasan ini cukup memadai. Lahan yang luas bisa menampung beberapa kendaraan seperti motor, mobil, dan bus pariwisata.

Selain sebagai tempat belanja dan membeli oleh-oleh, kawasan pasar Gabusan juga menyediakan wisata kuliner Jogja malam hari.

Banyak warung makan, angkringan, atau restoran yang selalu ramai pengunjung. Bila ingin menikmati Gudeg, Anda bisa menjumpai beberapa tempat makan yang menjualnya di sekitar sini.

Harga Tiket Masuk Pasar Seni Gabusan

Tempat wisata Bantul yang sudah buka ini bisa wisatawan kunjungi secara gratis. Seperti pasar pada umumnya, tidak ada pungutan biaya masuk. Artinya, harga tiket masuk Pasar Seni Gabusan Bantul ini adalah nol rupiah (gratis).

Anda hanya perlu menyiapkan budget khusus untuk berbelanja dan berwisata kuliner di pasar ini. Biasanya wisatawan juga melakukan tawar-menawar harga bersama penjual di pasar ini.

Biaya lain yang harus pengunjung siapkan adalah tarif parkir. Harga parkir di sini berbeda-beda tergantung jenis kendaraan. Berikut info tarif parkir kendaraan yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Pasar Seni Gabusan

Lokasi Pasar Seni Gabusan

Lokasi Pasar Seni Gabusan ini tepat berada di Jalan Parangtritis, Desa Balong, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Jarak pasar ini dengan wisata pantai Selatan sekitar 9,5 km.

Selama perjalanan menuju Parangtritis, pasti Anda akan melewati pasar seni ini. Anda pun akan mudah menemukan pusat perbelanjaan ini karena letaknya yang sangat strategis.

Bila Anda berangkat dari pusat Kota Jogja, hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja untuk tiba di pasar ini. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa berbelanja.

Jika tak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja lepas kunci. Dengan menggunakan mobil sewaan ini, Anda tentu bisa datang ke pasar malam Jogja yang biasanya diadakan di pasar seni di Bantul ini.

Jam Operasional Pasar Seni Gabusan

Kepuasan berbelanja di sentra belanja kerajinan Bantul ini hanya bisa Anda nikmati sesuai dengan jam buka Pasar Seni Gabusan, yaitu mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Pasar ini buka setiap hari, namun biasanya ada beberapa kios yang libur saat hari tertentu.

Jadi sebaiknya Anda harus menyiapkan rencana perjalanan yang efektif dan efisien supaya tetap bisa mampir ke Gabusan setelah mengunjungi tempat wisata utama.

Kami sarankan Anda mengambil paket study tour Jogja murah dari Salsa Wisata untuk mendapatkan rencana perjalanan yang matang dan terjadwal dengan baik.

Pilihan paket wisatanya sangat beragam. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pasar Seni Gabusan memang nyentrik dan sangat recommended jadi tempat singgah usai berwisata di sekitar Bantul ataupun Kota Jogja. Bagi yang sama sekali belum pernah ke pasar ini, masukan segera nama pasar ini ke itinerary Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)