SalSari Resto & Coffee

Mengisi liburan dengan rekreasi ke tempat wisata seperti pantai atau gunung rasanya sudah biasa. Bagaimana jika pergi ke tempat wisata religi? Di Semarang, terdapat sebuah tempat yang bisa menjadi pilihan, yakni Gua Maria Kerep Ambarawa.

Gua ini adalah tempat ziarah umat Katolik khususnya bagi mereka yang tinggal di Semarang dan sekitarnya. Selain sebagai tempat ziarah, Gua Maria ini juga memiliki pemandangan alam yang bagus. Pengunjung yang datang ke sini akan disuguhkan suasana yang asri.

Oleh sebab itu, tempat ini menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran sembari beribadah. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, Anda bisa reservasi paket wisata Bandungan Semarang untuk jelajah wisata dengan fasilitas terbaik.

Sekilas Tentang Gua Maria Kerep Ambarawa

gua maria kerep buka atau tutup

Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan situs wisata religi sekaligus ziarah di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lokasi tepatnya di Kerep, Kelurahan Panjang.

Wisata gua ini memiliki fungsi utama yaitu untuk tempat ziarah bagi umat Katolik. Meski begitu, kawasan ini juga terbuka untuk wisatawan umum layaknya wisata Museum Kereta Api Ambarawa.

Komplek wisata religi ini mulai didirikan sejak tahun 1954 oleh persatuan gereja Ambarawa. Tempat ini terus mengalami perkembangan dan pemeliharaan dengan baik hingga saat ini.

Lokasinya yang berada di Selatan Gunung Ungaran membuat kawasan wisata religi ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Pemandangan gunung tersebut bisa Anda nikmati saat berada di sebelah Utara tempat ini.

Anda juga bisa menemukan patung Bunda Maria yang menjulang setinggi 42 meter. Selain patung tersebut, Anda juga bisa melihat perhentian jalan Salib untuk ziarah umat Katolik. Ada juga taman lengkap dengan spot-spot foto bertemakan religi.

Harga Tiket Masuk Gua Maria Kerep Ambarawa

Untuk memasuki area Gua Maria Semarang ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda juga tidak perlu membeli tiket masuk Gua Maria Kerep Ambarawa karena tiket masuk gratis.

Meski begitu, Anda sebaiknya menyiapkan uang kecil untuk membayar biaya parkir kendaraan yang tarifnya masih murah. Dengan tiket masuk yang gratis dan biaya parkir murah, Anda bisa manfaatkan budget liburan Anda untuk wisata kuliner Semarang populer.

Rute Menuju Lokasi Gua Maria Kerep Ambarawa

daftar gua maria

Alamat Gua Maria Kerep Ambarawa ini terletak di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Kerep, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Tempat ini hanya berjarak sekitar 950 meter dari Monumen Palagan Ambarawa atau 3 menit perjalanan menggunakan sepeda motor.

Untuk menuju lokasi wisata religi ini sangat mudah. Bila Anda mengendarai mobil atau motor maka cukup mengikuti jalur Semarang-Magelang. Anda akan banyak menemukan petunjuk arah jika sudah sampai di Ambarawa, terutama saat sudah dekat dengan Terminal Ambarawa.

Sayangnya jalur menuju Gua Maria ini cukup sempit dan tidak bisa dilalui oleh bus pariwisata. Jalur hanya bisa dilewati kendaraan jenis Hiace atau Elf untuk kategori kendaraan besar.

Oleh karenanya, jika Anda ingin berziarah atau berwisata ke Gua Maria ini, Anda dapat menyewa Hiace atau Elf di jasa sewa Hiace Semarang. Pilihannya banyak. Namun Salsa Wisata yang berani tawarkan harga sewa yang affordable.

Daya Tarik Wisata Gua Maria Kerep Ambarawa

Bagi Anda umat Katolik, mengunjungi tempat wisata Semarang gratis ini tentu akan menjadi momen spesial. Sebab, Anda bisa khusyuk beribadah di tempat yang sakral.

Namun, bagi para wisatawan, tempat ini adalah destinasi wisata menarik lengkap dengan suguhan view alam dan juga spot foto tematiknya. Selain itu, tempat ini juga menyimpan daya tari sejarah yang sangat recommended untuk sarana edukasi.

Sejarah Gua Maria Kerep Ambarawa

alamat gua maria kerep ambarawa semarang

Gua Maria yang berada di Ambarawa ini termasuk pelopor berdirinya daftar Gua Maria di Indonesia. Kawasan ziarah dan wisata ini sudah berdiri sejak 1954 dan menjadi tempat bagi Umat Paroki Santo Yusuf Ambarawa untuk beribadah.

Sejarah Gua Maria Kerep Ambarawa ini tak bisa lepas dari peran seorang Belanda yang bertugas sebagai pengelola perkebunan di sekitar Ambarawa. Beliau mempersembahkan tanah dan rumahnya kepada gereja.

Kemudian pihak gereja menyerahkan tanah dan rumah tersebut kepada Kongregasi Bruder Para Rasul atau Bruder Apostolik. Setelah kongregasi resmi bubar, maka tanah biara tersebut menjadi sebuah kawasan ziarah.

Pembangunan awal tempat ini melibatkan siswa-siswi dari Sekolah Guru Kolese Santo Yusuf dan Sekolah Guru Putri Santa Maria Ambarawa.

Mereka bergotong-royong membawa batu kali dari Sungai Panjang ke atas gua. Setelah itu tepat pada 15 Agustus 1954, Uskup Agung Semarang meresmikan tempat ziarah ini.

Berburu Spot Foto

Untuk mencapai tempat ziarah, Anda harus lebih dulu melewati jalanan yang menanjak karena menuju daerah pegunungan. Sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati keindahan alam yang tak ada duanya.

Jangan hanya menikmati pemandangan saja, namun sempatkan juga untuk mengabadikan momen tersebut. Anda bisa mengambil foto dari beberapa angle untuk memperlihatkan indahnya pemandangan di sana.

Seperti halnya dengan Bukit Cinta Ambarawa, di sini Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam. Maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Patung Bunda Maria

patung bunda maria

Bila mengunjungi kawasan ini, Anda akan menemukan sebuah patung Bunda Maria sebelum memasuki tempat peribadatan. Patung dengan tinggi yang menjulang tersebut menjadi salah satu ikon dari obyek wisata Bandungan Ambawarawa ini.

Bangunan patung umat Katolik terbesar di Jawa Tengah ini menjulang setinggi 42 meter dengan tinggi patung 23 meter dan penopang 19 meter. Keberadaan bangunan Assumpta Bunda Maria ini sudah ada sejak Agustus 2015 silam.

Tempat di bawah patung Bunda Maria tersebut, terdapat miniatur dan tulisan sejarah perjalanan hidup Yesus Kristus bersama Bunda Maria. Miniatur tersebut menggambarkan zaman kudus saat Yesus Kristus sedang bersama Bunda Maria.

Tidak hanya itu, di kaki patung Bunda Maria juga memiliki penampakan beberapa malaikat. Mereka terlihat sangat setia melindungi dan menemani Yesus di sepanjang hidup-Nya.

Pemandangan Alam yang Indah

view Gunung Ungaran di gua maria ambarawa

Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di Gua Maria ini. Sebab di beberapa titik Anda bisa melihat penampakan gunung dengan panorama yang menawan.

Hal itu karena Gua Maria ini berada di sebelah Selatan Gunung Ungaran. Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan gunung tersebut dari sisi Utara gua.

Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa menyaksikan betapa gagahnya Gunung Merbabu yang sangat tinggi. Spot untuk melihat Gunung Merbabu terletak di sebelah Selatan kawasan wisata.

Oleh sebab itu, selain memiliki nilai spiritual yang tinggi, mengunjungi tempat ini juga bisa menjadi cara untuk menjernihkan kembali pikiran Anda.

Wisata Kuliner

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga memang belum lengkap jika tidak berwisata kuliner. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, maka bisa menikmati makanan khas Semarang terkenal di sekitar area wisata.

Ada berbagai pedagang makanan dan pernak-pernik di sekeliling lokasi. Apalagi jika Anda berkunjung ke tempat tersebut pada akhir pekan atau hari libur lainnya.

Menyaksikan Acara Novena

Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan acara Novena yang berlangsung setiap bulan pada pekan kedua.

Acara Novena sendiri adalah sebuah tradisi yang sudah ada sejak lama. Acara ini berupa pemberkatan rohani oleh kumpulan devosi dari berbagai daerah. Namun hanya pengunjung yang beragama Katolik saja yang hanya bisa mengikuti acara pemberkatan ini.

Fasilitas di Gua Maria Kerep Ambarawa

fasilitas di gua maria semarang

Sebagai tempat rekreasi yang cukup hits di Ambarawa dan sekitarnya, Gua Maria ini telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka bisa memanfaatkan area parkir yang sudah tersedia.

Keberadaan sejumlah jalan setapak di dalam area ini juga menjadi nilai tambah sendiri. Belum lagi di sekeliling jalan tersebut Anda bisa melihat taman dan pemandangan alam yang asri.

Anda juga bisa menemukan fasilitas lainnya seperti toilet, kursi, dan spot foto. Ada juga deretan toko-toko yang menyediakan berbagai souvenir dan kudapan lezat. Jadi, selain ziarah dan rekreasi, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Semarang yang terkenal.

Jam Buka Gua Maria Kerep Ambarawa

Tempat wisata Gua Maria di Kerep ini buka setiap hari, termasuk pada hari libur nasional. Ini memudahkan Anda jika memiliki kesibukan yang luar biasa selama hari kerja. Anda bisa memilih akhir pekan untuk liburan ke sini.

Anda dan wisatawan atau peziarah dapat mengunjungi Gua Maria ini sesuai dengan jadwal operasionalnya. Jam buka Gua Maria Kerep Ambarawa ini mulai dari jam 08.00 sampai jam 21.00 WIB.

Nikmati perjalanan wisata Anda ke situs wisata ini dengan nyaman bersama Salsa Wisata. Kami tawarkan aneka pilihan paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan layanan ini, Anda juga bisa dapat kesempatan untuk menyambangi Gua Maria Kerep Ambarawa dan tempat wisata Jawa Tengah viral lainnya. Kapan lagi Anda dapatkan penawaran terbaik ini. Terlebih kini dengan tarif yang lebih terjangkau.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)