SalSari Resto & Coffee

Bogor memang memiliki sederet tempat wisata yang sering dijadikan healing bagi penduduk ibukota Jakarta. Tak heran, pemandangan di Bogor memang spektakuler. Salah satu tempat wisata Bogor hits yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Batu Bogor. Jangan kira Gunung Batu seperti Gunung Gede Pangrango atau gunung-gunung tinggi lainnya.

Sebaliknya, Gunung Batu adalah tempat yang cocok untuk Anda yang baru pertama kali mendaki gunung. Tinggi gunung ini cuma 875 mdpl. Tidak terlalu tinggi, tapi tetap bisa memberikan sensasi hiking pada Anda. Medan puncaknya cukup terjal. Anda harus memanjat batu-batu jika ingin sampai ke puncaknya.

Sekilas Tentang Gunung Batu Bogor

drone view Gunung Batu Jonggol

Yang unik dari puncak Gunung Batu adalah bentuknya tidak meruncing seperti gunung-gunung pada umumnya, melainkan datar dan memanjang. Jadi, tentunya Anda lebih nyaman untuk mendirikan tenda dan camping di atas.

Kalau Anda mendaki Gunung Batu Bogor, ada beberapa pos yang harus Anda lewati. Berikut jalurnya:

  • Pos 1 – Pos 2: Pos pertama ini adalah lahan yang biasanya digunakan para pengunjung untuk parkir. Ada juga beberapa tempat makan atau kedai yang bisa Anda gunakan untuk wisata kuliner Bogor yang lezat sejenak sebelum mendaki. Nanti di pos kedua, Anda akan bertemu dengan loket untuk membayar tiket pendakian.
  • Pos 2 ke Tanjakan Kebo: Ini adalah jalur pendakian pertama yang Anda temui. Di pos ini, medannya masih terbilang mudah dan tidak berbahaya. Namun, kalau hujan turun, Anda harus ekstra hati-hati di sini karena jalanannya jadi licin.
  • Tanjakan Kebo ke Shelter 2: Di shelter 2, Anda bisa melepas lelah sejenak. Tempat ini adalah tanah yang luas. Kalau mau, Anda bisa mendirikan tenda di sini.
  • Shelter 2 ke Puncak Bayangan 1: Medan ini terbilang cukup ekstrem. Itulah sebabnya Anda harus istirahat di Shelter 2. Kemiringannya curam. Jalannya tanah dan kadang Anda harus menggunakan tali untuk naik. Talinya sudah disediakan.
  • Puncak Bayangan 1 ke Puncak Bayangan 2: Masih seperti medan sebelumnya, jalanan di sini juga masih terjal. Akan ada tali juga yang bisa Anda gunakan untuk menanjak.
  • Puncak Bayangan 2 ke Puncak Sejati Gunung Batu: Kalau sudah sampai di Puncak Bayangan 2, itu berarti Anda sudah cukup dekat dengan puncak yang sebetulnya. Sekali lagi Anda harus mendaki medan terjal berbatu. Ketika sudah sampai di puncak yang sebetulnya, Anda akan melihat bendera merah putih.

Fasilitas Gunung Batu Bogor

cafe di Gunung Batu Jonggol

Bicara soal fasilitas, sejujurnya fasilitas di Gunung Bogor ini masih kurang memadai, karena gunung ini tidak sepopuler gunung-gunung besar lainnya di Bogor yang memang sering dipakai mendaki.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda temui di sini di antaranya area parkir dan warung makan dengan menu makanan khas Bogor enak. Sayangnya, warung makan ini tidak buka 24 jam. Rata-rata tempat makan di sini tutup pada jam 10 malam. Jadi, ada baiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah.

Harga Tiket masuk Gunung Batu Bogor

Dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya, mendaki Gunung Batu Bogor Tidak mahal. Berikut rincian harga tiket masuknya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Biaya pendakian Rp5.000,00
Tarif berkemah Rp55.000,00
Tarif penitipan kendaraan Rp10.000,00

Rute Menuju Gunung Batu Bogor

Rute Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Bogor ada di Kampung Sukaharga di kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Belum banyak angkutan umum yang tersedia di sini, jadi lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa rental mobil Fortuner Bogor murah.

Kalau Anda berangkat dari Kebun Raya Bogor, butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan untuk bisa sampai ke sini. Anda bisa lewat Citeureup atau Jonggol. Kalau lewat jalur Citeureup, Anda bisa berangkat dari Cibinong, lalu ke Citeureup, lalu lanjut ke Tajur, dan masuk ke Sukamakmur.

Dari situ Anda bisa langsung ke kawasan gunungnya. Kalau dari Jonggol, Anda bisa lewat Cibubur Junction lewat jalan alternatif Cibubur, lalu lanjut ke Cileungsi. Dari situ, lanjut ke Jonggol dan ambil arah Kampung Mangker untuk mulai perjalanan ke Gunung Batu.

Daya Tarik Gunung Batu Bogor

Tempat Berlatih Untuk Pendaki Pemula

puncak Gunung Batu Jonggol

Belum pernah naik gunung tapi ingin coba? Bisa berlatih di Gunung Batu. Dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl, tidak butuh berhari-hari untuk bisa mencapai puncaknya. Meskipun di beberapa area jalur pendakiannya cukup curam dan ekstrem, itu semua tidak seberapa dengan jalur pendakian gunung-gunung besar lainnya.

Di beberapa jalur, medannya cuma tanah kering berdebu. Memang mudah. Namun jadi lain ketika musim hujan tiba. Area tersebut jadi licin dan becek. Medan yang paling menantang cuma area batu vertikal yang cuma bisa didaki dengan tali.

Jalur pendakian di Gunung Batu juga terbilang sempit, jadi cuma bisa dipakai oleh satu pendaki saja. Kalau kebetulan berpapasan dengan pendaki lain, Anda harus memiringkan tubuh sedikit. Di sepanjang jalan, kanan kiri jalan ada semak-semak tinggi tempat tinggal para fauna liar. Untuk bisa mencapai puncak, cuma butuh waktu kira-kira 45-90 menit berjalan.

Pemandangan Puncak Gunung

puncak Gunung Batu Jonggol

Pemandangan indah yang ada di puncak Gunung Batu akan menghilangkan semua rasa lelah yang Anda rasakan di sepanjang perjalanan. Anda akan melihat hamparan daratan luas yang menghijau, berikut awan-awan. Rasanya seperti berada di negeri di atas awan.

Kalau cuaca cerah, Anda bisa melihat jelas pemandangan Gunung Pancar dan Gunung Gede Pangrango. Terlihat jelas juga atap-atap rumah penduduk kota di bawah. Di puncak, areanya luas dengan hamparan rerumputan hijau dan batu=batu alam. Tentu saja ini adalah spot foto yang instagramable.

Camping di Puncak Gunung

camping di Gunung Batu Jonggol

Tentu saja, tujuan utama naik ke puncak gunung, selain untuk menikmati pemandangan, adalah untuk camping. Anda bisa menikmati suasana yang sejuk, tenang, dan damai di puncak. Untuk bisa menginap di sini, Anda harus membayar izin terlebih dahulu dan membawa tenda sendiri.

Meskipun bentuk puncak gunung ini datar, area perkemahannya tidak bisa menampung banyak pengunjung. Di puncak, cuma bisa didirikan kira-kira sepuluh tenda. Kalau Anda berniat berkemah di sini, jangan lupa untuk membawa air minum sendiri karena di sini tidak ada sumber air bersih.

Menikmati Sunrise dan Sunset

sunset Gunung Batu Jonggol

Sunrise dan sunset di puncak gunung tentu berbeda dengan di pantai. Keduanya sama-sama indah, tapi menawarkan sensasi yang berbeda. Kalau Anda ingin menikmati matahari terbit dan terbenam, Anda harus bayar izin camping terlebih dahulu.

Kalau ingin menikmati sunrise, Anda bisa mendaki dari hari sebelumnya, jadi sekalian bisa menikmati sunset. Jangan lupa untuk foto-foto.

Jam Buka Gunung Batu Bogor

Gunung Batu Bogor buka setiap hari selama 24 jam. Meskipun begitu, kalau mau mendaki, disarankan untuk naik ke puncak pada pagi atau siang hari, sehingga jalur pendakiannya masih terlihat jelas.

Tertarik ingin ke Gunung Batu? Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata. Liburan dengan paket wisata jatuhnya lebih praktis dan efisien, karena semua akomodasi, makan, tiket wisata, dan transportasi semua sudah termasuk ke dalam harga paket.

Anda bisa tentukan sendiri tempat-tempat wisata yang hendak Anda kunjungi, kami yang akan buat itinerary perjalanannya termasuk ke pusat oleh-oleh khas Bogor terkenal.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)