earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Sukoharjo memang tak banyak, tapi ada satu rekomendasi destinasi wisata yang pasti akan membuat Anda terpukau, Gunung Sepikul namanya. Jika Anda pecinta wisata alam, wajib sekali datang ke sini.

Bisa dibilang gunung mungil ini adalah wisata tersembunyi di Jawa Tengah dengan segala keindahan alamnya. Meski kecil, puncak gunungnya menyajikan panorama yang menakjubkan.

Kawasan puncaknya ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise lengkap dengan gulungan awannya. Anda tentu sangat penasaran dengan tempat wisata Solo ini, bukan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Gunung Sepikul

Gunung Sepikul merupakan sebuah gunung berukuran kecil yang memiliki ketinggian 350 mdpl. Kawasan terdiri dari dua buah bukit batuan purba.

Batuan tersebut sama dengan yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran, tidak jauh dari destinasi wisata Jogja terkenal Air Terjun Sri Gethuk.

Menurut sejarahnya, gunung ini terbentuk pasca erupsi Gunung Tenongan di Krisak. Usai meletus, lalu terbentuklah kawah yang kemudian menjadi sebuah gunung. Kendati sama, gunung purba ini diklaim lebih tua.

Kemudian jika dari ciri fisik topografinya, gunung ini berupa dua gunung batu yang menjulang tinggi. Eksistensinya terlihat sangat menonjol di tengah hamparan sawah yang hijau.

Kedua batu ini seolah seperti beban yang siap dipikul. Maka dari itulah gunung ini dinamakan Sepikul. Lantaran tingginya yang tidak terlalu, hanya butuh waktu tempuh sekitar 15 hingga 20 menit untuk sampai di puncak.

Aksesnya juga tak terlalu sulit meski di beberapa titik ada yang terjal dan menanjak. Kriteria ini mungkin hampir sama dengan akses pendakian di Bukit Sikunir.

Daya Tarik Gunung Sepikul

Wisata Gunung Sepikul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak daya tarik dan juga aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di sini. Apa saja daya tarik dan aktivitas yang dimaksud? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Keindahan Panorama

Rata-rata wisata alam terutama gunung menawarkan keindahan panorama yang tak terelakan. Seperti panorama di puncak gunung ini.

Pertama kali kaki Anda menginjakan kaki di puncak gunung ini, yang akan Anda lihat adalah barisan gunung di sisi Selatan. Seolah ada tembok alam yang hijau dengan batu besar di bagian puncaknya.

Puncak tersebut dinamakan Gunung Gajah Mungkur, titik tertinggi di Daerah Sukoharjo. Pemandangan di sisi Timur tak kalah menakjubkan di mana terdapat Gunung Lawu yang megah dan gagah.

Sementara di sisi Barat, berdiri tegak dua gunung kembar Merapi-Merbabu yang selalu berdampingan. Ketika berdiri di puncak Sepikul, Anda seolah sedang berpagar gunung-gunung besar.

Belum lagi pemandangan sawah yang ada di bawah Anda. Laksana hamparan sebuah permadani berwarna hijau.

Sunrise

Salah satu daya tarik utama dari wisata alam gunung ini adalah pemandangan sunrise-nya yang sangat cantik. Fenomena ini kerap menjadi incaran sebagian besar pengunjung.

Namun untuk menyaksikan keindahan sunrise di sini, Anda harus rela berangkat pagi-pagi sekali sekitar jam 04.00 atau 04.30.

Nah, agar bisa datang tepat waktu, sewa mobil di Salsa Wisata terdengar akan menjadi solusi terbaik. Apalagi untuk Anda yang berangkat dari luar Sukoharjo.

Anda dapat memilih satu paket sewa mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kapasitas. Untuk trip singkat bareng sahabat, paket sewa mobil Fortuner VRZ Solo bisa jadi pilihan untuk Anda.

Dengan menyewa kendaraan seperti ini, selain hemat, Anda juga akan mudah untuk mobile dari tempat wisata yang satu ke tempat wisata lainnya.

Negeri di Atas Awan

Bukan hanya Dieng saja yang mempunyai julukan Negeri di Atas Awan, tapi di puncak gunung ini juga Suasana ini bisa Anda dapatkan saat cuaca di bawah sedang berkabut.

Spot Foto

Soal spot foto, tak perlu Anda tanyakan lagi. Spot foto inilah yang menyedot perhatian banyak pengunjung untuk datang ke sini.

Yang menjadi spot foto terbaik di sini adalah puncak gunung. Anda dapat berpose apa saja yang Anda inginkan. Anda pasti akan takjub dengan hasil jepretan kamera Anda.

Legenda Gunung

Ternyata keindahan alam gunung ini ada kaitannya dengan legenda Bandung Bondowoso. Menurut legenda, Bandung Bondowoso mengambil batu untuk membangun Candi Prambanan dari tempat ini.

Namun karena merasa kesal setelah gagal membangun candi, ia meninggalkan tumpukan batu tersebut hingga seperti sekarang. Dari legenda inilah masyarakat sangat menjaga kesakralan gunung.

Fasilitas di Gunung Sepikul

Fasilitas Gunung Sepikul

Liburan di gunung yang ada di Sukoharjo ini semakin nyaman dengan adanya berbagai fasilitas berikut.

Area parkir dengan lahan yang luas, jadi bisa menampung cukup banyak kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Fasilitas warung wisata juga tersedia di sini. Layaknya warung di objek wisata pada umumnya, warung makan ini menjual kuliner Nusantara. Ada juga beberapa menu makanan khas Solo favorit bagi warga Sukoharjo.

Fasilitas umum lainnya yang dengan mudah bisa Anda temui di sini adalah toilet. Jangan kira Anda akan kesulitan untuk menemukan fasilitas toilet layak pakai. Toilet di sini cukup bersih dan airnya melimpah.

Sayangnya di wisata alam ini belum tersedia fasilitas mushola. Dan camping area menjadi fasilitas yang terakhir. Camping area ini berada di dekat puncak.

Banyak pengunjung yang menggunakan area ini untuk mendirikan tenda untuk keperluan menyambut sunrise di keesokan harinya.

Esoknya, sambil memandang mentari yang perlahan muncul, sruput kopi hangat Anda dan santap camilan sebagai pelengkapnya. Ada banyak varian camilan yang bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Solo terdekat.

Harga Tiket Masuk Gunung Sepikul

Menikmati masa liburan di wisata alam gunung purba ini tak harus mengeluarkan budget mahal. Anda bisa manfaatkan sisa budget yang ada untuk hal lainnya.

Misal, untuk mampir ke tempat wisata kuliner Solo terdekat sebelum Anda memulai petualangan di gunung nantinya.

Anda hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan saja, sedang untuk tiket masuk, Anda tidak usah membelinya karena gratis. Berikut info tarif parkir kendaraan terbaru di kawasan objek wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Kendaraan Roda Dua Rp2.000,00
Parkir Kendaraan Roda Empat Rp4.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Sepikul

Lokasi Gunung Sepikul

Alamat lengkap objek wisata yang sedang hits ini ada di Dusun Kerten, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. Lokasi ini hanya berjarak 15 KM dari Kota Sukoharjo.

Rute yang paling mudah jika Anda berangkat dari Sukoharjo, yaitu melalui Jalan KH. Samanhudi lalu lanjutkan ke Jalan Dalangan-Tawangsari dan Wonogiri-Jalan Klaten.

Jam Operasional Gunung Sepikul

Anda bisa datang dan eksplor keindahan gunung ini kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Langsung saja masukan obyek wisata ini ke dalam bucket list destinasi wisata Anda selanjutnya. Jangan lupa gunakan layanan paket tour Solo dari Salsa Wisata yang siap memudahkan acara liburan Anda.

Dijamin dengan modal budget yang affordable, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata di Gunung Sepikul yang tak akan Anda lupakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)