earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Menghabiskan waktu liburan di Surabaya akan kurang lengkap rasanya jika tak mampir ke beberapa objek wisata Surabaya yang ikonik. Sebut saja salah satunya adalah Museum House of Sampoerna.

Anda para pecinta rokok kretek tentu tak asing dengan nama tempat wisata Surabaya yang satu ini. Tepat sekali. Museum ini adalah sebuah museum tembakau sekaligus markas besar pabrik Rokok Sampoerna.

Markas besar tembakau ini dibangun pada tahun 1862. Sedang museum-nya sendiri secara perdana dibuka untuk publik pada tahun 2003 hingga sekarang.

Sejarah Museum House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan sebuah museum sekaligus pusat produksi rokok Sampoerna yang ada di Kota Surabaya. Sebelum beralih fungsi, bangunan ini dulunya adalah sebuah panti asuhan milik Kolonial Belanda.

Baru kemudian pada tahun 1932, bangunan ini berpindah hak milik kepada Liem Seeng Tee. Beliau pun mengubah bekas panti asuhan ini menjadi sebuah pabrik rokok.

Kini, bangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Surabaya. Bahkan bangunan museum ini menjadi bangunan yang sangat ikonik di Surabaya.

Terdapat banyak koleksi menarik di museum ini. Selain itu, ada banyak juga spot foto instagenic yang tak kalah kerennya dengan spot-spot foto yang ada di Moja Museum.

Daya Tarik Museum House of Sampoerna

Isi Koleksi House of Sampoerna

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Anda pasti sangat penasaran ada daya tarik apa saja yang dimiliki oleh museum ini, dan aktivitas apa saja yang menarik untuk dilakukan di sini? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Museum Tour

Untuk mengobati rasa penasaran pengunjung mengenai proses pembuatan dan sejarah Sampoerna, pihak pengelola menawarkan sebuah tour. Tour wisata ini dikenal juga dengan nama heritage tour.

Sesaat setelah memasuki area dalam museum Sampoerna, Anda akan langsung mencium aroma cengkeh yang kuat. Sebab, lantai 2 pada bangunan museum ini masih aktif berfungsi sebagai ruang produksi.

Sementara itu, lantai 1 adalah area pameran di mana semua koleksi museum dipamerkan di sini. Adapun koleksi-koleksi museum yang ada di lantai 1 antara lain replika warung dan mesin pabrik rokok Sampoerna.

Ada juga koleksi sebuah unit sepeda antik yang dulu digunakan oleh pemilik Sampoerna untuk menjajakan rokok. Banyak pengunjung yang akhirnya menyebut kawasan ini sebagai art gallery house of sampoerna.

Bagian yang menarik dari kegiatan museum tour ini adalah Anda dapat menyaksikan langsung proses produksi rokok di lantai 2. Anda dan pengunjung lainnya dapat melihat tiap prosesnya di balik kaca transparan.

Sekedar info, pihak pengelola museum rokok ini memang memperdayakan tenaga kerja perempuan sebagai bentuk dukungan terhadap pemberdayaan perempuan.

Keliling Kota Surabaya Gratis

Nah, Anda juga dapat berkeliling Kota Surabaya dengan menggunakan bus khusus milik museum, yaitu Surabaya Heritage Track. Unit bus berwarna merah ini siap antar Anda city tour gratis.

Terdapat seorang pemandu yang juga akan mendampingi para peserta city tour. Selama city tour berlangsung, sang pemandu nantinya akan menjelaskan informasi dan kisah sejarah spot dan gedung yang Anda lewati.

Termasuk spot-spot bersejarah di Surabaya seperti Jembatan Merah dan kawasan Kota Tua Surabaya.

Meski gratis, pihak pengelola wisata memberlakukan batasan kuota per hari-nya. Bus ini nantinya akan keliling kota dengan durasi antara 1 jam hingga 1.5 jam. Rute yang dilalui oleh bus ini juga berbeda tiap harinya.

Ngopi di Cafe Tanamera

Rupanya museum ini juga mempunyai sebuah coffee shop hits dan kekinian. Tanamera namanya. Coffee shop ini berada di samping Art Gallery dan buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 19.00 WIB.

Anda dapat memesan varian kopi kesukaan Anda di sini. Selain aneka jenis olahan kopi, ada menu makanan yang dapat Anda pesan.

Menu makanannya sangat variatif, mulai dari chinese food, western food, hingga makanan khas Surabaya yang terkenal enak.

Namun Anda harus bersiap untuk mengeluarkan budget lebih karena rata-rata harga minuman kopi dan makanan di sini lumayan pricey.

Belanja Souvenir

Ingin belikan keluarga di rumah oleh-oleh khas Surabaya murah yang tahan lama? Tak perlu bingung karena di museum ini juga terdapat pusat souvenir dengan produk yang sangat lengkap dan variatif.

Sebut saja contohnya mug, sepatu, baju, tas, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Pusat souvenir ini berada di lantai 1, sedang di lantai 2, terdapat pusat kain batik khas Nusantara.

Swafoto

Liburan akan kurang lengkap tanpa adanya dokumentasi. Museum ini mempunyai sejumlah spot foto yang sangat Instagramable seperti di Kenjeran Park.

Misalnya saja spot foto yang berupa kolam ikan, berbagai replika, dan juga bagian interior Cafe Tanamera.

Fasilitas Museum House of Sampoerna

Fasilitas House of Sampoerna

Museum ini mempunyai fasilitas-fasilitas yang tergolong lengkap. Anda akan menjumpai fasilitas tempat parkir yang luas dan terlihat rapi. Fasilitas lainnya adalah pusat informasi.

Di bagian dalam museum, terdapat fasilitas gallery koleksi dan juga biografi sejarah. Selain itu, ada juga pusat produksi rokok.

Fasilitas yang tak boleh ketinggalan untuk kami sebutkan adalah spot-spot foto yang ada di dalam museum. Dua fasilitas yang terakhir adalah pusat souvenir dan cafe.

Untuk fasilitas cafe ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak menemukan tempat wisata kuliner Surabaya terdekat untuk santap siang.

Harga Tiket Masuk Museum House of Sampoerna

Tempat ini makin jadi favorit karena gratis. Pengunjung tak perlu membeli tiket masuk museum untuk menikmati berbagai atraksi wisata yang ada.

Anda hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan bagi Anda yang membawa kendaraan. Demikian juga jika Anda belanja souvenir atau ngopi dan makan di Cafe Tanamera.

Berikut kami infokan rincian biaya terbaru yang berlaku di museum ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Kopi di Tanamera Mulai dari Rp35.000,00
Makanan di Tanamera Mulai dari Rp70.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Museum House of Sampoerna

Lokasi House of Sampoerna

Museum Sampoerna ini terletak di alamat Jalan Sampoerna, Desa Krembengan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi ini ada di tengah kota sehingga mudah untuk Anda jangkau dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Akses jalannya juga sudah sangat bagus.

Bangunan museum ini tidak di pinggir jalan raya, melainkan masuk gang sebelah Jembatan Merah Plaza. Gang ini dapat dilewati mobil dan sepeda motor.

Jadi jika Anda membawa mobil, Anda tetap dapat masuk ke gang ini sehingga tidak perlu berjalan untuk tiba di lokasi museum. Hanya saja tetap harus berhati-hati terutama saat berpapasan dengan kendaraan lain.

Nah, jika Anda membutuhkan referensi jasa sewa mobil untuk agenda jalan-jalan di Surabaya, Salsa Wisata siap mengakomodasi Anda. Kami tawarkan cukup banyak pilihan menarik untuk berbagai kebutuhan.

Misal, untuk agenda kunjungan ke museum ini, kami sangat merekomendasikan paket sewa mobil Toyota Avanza Surabaya. Karena dari size, mobil ini dapat dengan leluasa masuk ke dalam gang.

Jam Operasional Museum House of Sampoerna

Mungkin Anda bertanya museum ini buka jam berapa, Museum ini buka dari Senin sampai Minggu dari jam 09.00 sampai jam 18.00 WIB.

Jika ingin nyaman dan santai, kami sarankan untuk datang di pagi hari karena pengunjung relatif sepi. Namun untuk saat ini museum masih tutup untuk sementara hingga beberapa waktu kedepan.

Untuk itu, Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi tempat wisata terdekat di Surabaya seperti kawasan Kota Tua Surabaya. Agar rencana tersebut semakin mudah, manfaatkan saja layanan Salsa Wisata.

Melalui paket gathering Surabaya murah dari kami, akan ada banyak keuntungan yang akan Anda dapat. Salah satunya pengalaman liburan yang mudah, murah, dan menyenangkan sebab semua sudah tersedia.

Jadi, tunggu apalagi? Pilih paketnya sekarang dan bersiaplah untuk menjelajah Museum House of Sampoerna dan tempat menarik lainnya di Surabaya dengan lebih leluasa.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)