SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jika Bandung punya wisata Dusun Bambu yang eksotis, Jawa Timur tak mau kalah dengan destinasi Hutan Bambu Lumajang yang begitu indah. Obyek wisata favorit ini tengah menjadi incaran para wisatawan sebagai tujuan liburan di akhir pekan.

Pasalnya, wisata alam ini memamerkan keindahan alam dengan pohon bambunya yang unik. Siapa yang tak mau berfoto dengan view pohon bambu? Pastinya banyak pengunjung yang berlomba-lomba datang kemari untuk mendapatkan foto Instagramable.

Untuk informasi selengkapnya mengenai wisata alam khas Lumajang ini, berikut kami sajikan ulasannya.

Sekilas Tentang Hutan Bambu Lumajang

Wisata Hutan Bambu Lumajang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Seperti objek wisata pada umumnya, wisata gunung pasti memiliki kawasan vegetasi yang masih natural berupa hutan. Seperti wisata pendakian Gunung Semeru yang juga mempunyai kawasan hutan yang luas, termasuk kawasan Hutan Bambu Lumajang.

Namun berbeda dengan hutan biasa, jenis tanaman yang tumbuh di hutan ini adalah pohon bambu.

Sebagai makanan hewan Panda, pohon bambu mempunyai bentuk yang unik. Dan jika tanaman ini bergerombol, mereka menciptakan pemandangan yang indah dari jauh.

Panorama keindahan alam di sini sudah tak perlu Anda ragukan. Suguhan pohon bambu bersama siluet pegunungan siap memanjakan pandangan mata wisatawan.

Suasananya juga sejuk dan asri karena berada di dataran tinggi. Apalagi Anda akan jarang melihat sinar matahari yang begitu terik di sini karena rimbunnya daun bambu menghalangi cahaya masuk ke area wisata ini.

Daya Tarik Wisata Hutan Bambu Lumajang

Daya Tarik Wisata Hutan Bambu Lumajang

Tak hanya view pohon bambu yang eksotis saja, masih ada beberapa daya tarik lainnya yang perlu Anda ketahui. Penasaran ada daya tarik apa saja di wisata hutan bambu ini? Simak terus ulasannya berikut ini.

Banyak Spot Foto Instagramable

Sudah pasti rimbunnya pohon bambu menciptakan spot foto yang bagus. Suburnya tanaman bambu hingga tumbuh rindang dan membentuk sebuah terowongan atau kanopi. Kemudian di tengah-tengahnya terdapat jalan setapak.

Pengunjung banyak berfoto dengan pose berdiri di tengah-tengah jalan setapak itu bersama terowongan bambu yang meneduhkan. Pepohonan bambu yang rimbun juga bisa menjadi latar belakang dari swafoto Anda bersama keluarga.

Berfoto di atas jembatan dengan pohon bambu berjejer di tepi kanan kiri juga bisa menjadi area foto eksotis. Siluet Gunung Semeru yang samar-samar tertutup oleh kabut juga bisa jadi background foto estetik Anda.

Kejernihan Mata Air Sumber Deling

Karena tempat wisata Lumajang terbaru ini berada di pegunungan, hutan bambu ini dekat dengan sumber mata air pegunungan. Nama sumber mata air pegunungan tersebut adalah Mata Air Sumber Deling.

Sumber air ini masih terjaga keasliannya sehingga warnanya sangat jernih dan bersih. Mata air ini membawa banyak manfaat bagi warga. Misalnya untuk keperluan irigasi sawah sekaligus sumber air bagi warga kampung terdekat.

Bertemu dengan Kera dan Kelelawar

Area hutan ini ternyata tidak hanya menyuguhkan panorama alam saja. Segerombolan kera hidup di kawasan wisata ini. Ada sekitar ratusan kera-kera berkeliaran dan berayun di atas pohon.

Kera-kera ini cukup jinak sehingga para pengunjung dapat berinteraksi dengan mereka. Misal dengan memberi makan kera-kera tersebut.

Selain kera, hutan bambu ini juga menjadi habitat para kelelawar yang sering terlihat bergelantungan dari kejauhan. Tentu saja pemandangan semacam ini jarang pengunjung saksikan. Memang terkesan unik sekaligus menarik.

Para kelelawar ini juga bisa menjadi media edukasi bagi si kecil. Orang tua dapat memberitahukan tentang habitat dan kehidupan kelelawar.

Acara Grebeg Suro

Acara Grebeg Suro

Tempat wisata alam Jawa Timur ini menyelenggarakan acara penting yang merupakan bagian dari budaya warga sekitar. Acara Grebeg Suro adalah adat istiadat warga Desa Sumbermujur dalam rangka bersyukur dan doa bersama setiap tanggal 1 Muharram.

Warga akan membawa seluruh hasil bumi yang diperoleh ke area hutan bambu ini dengan berjalan sejauh 2 km. Kemudian mereka juga akan mengubur kepala berbau di sekitar Mata Air Sumber Deling.

Agar semakin semarak, biasanya warga juga menampilkan beberapa persembahan budaya seperti Reog Ponorogo dan Kuda Lumping. Bagi Anda yang berkunjung saat tahun baru Hijriah, maka beruntung bisa menyaksikan acara unik ini.

Kolam Renang

Baru-baru ini ada daya tarik lainnya yang juga turut menarik perhatian para wisatawan. Benar sekali, daya tarik tersebut adalah kolam renang.

Pembangunan kolam renang di tepi hutan pastinya menjadi daya tarik tersendiri. Sumber kesegaran air kolam ini berasal dari Mata Air Sumber Deling.

Air pada kolam renang ini sangat jernih, dingin, dan segar. Kondisinya selalu bersih karena langsung mengalir dari sumbernya.

Rasakan sensasi segar saat sedang berendam di kolam renang ini. Nikmati kesegaran airnya sembari memandangi lanskap alam sekitar yang masih alami nan hijau.

Fasilitas di Wisata Hutan Bambu Lumajang

Tiket Masuk Hutan Bambu Lumajang

Selain penuh dengan daya tarik, fasilitas yang memadai dan lengkap juga menjadi prioritas utama dari obyek wisata ini. Seluruh sarana dan prasarana yang tersedia terawat bersih dan terjaga dengan baik.

Adapun sejumlah fasilitas umum biasa pengunjung gunakan antara lain toilet umum, mushola, dan area parkir luas. Kendaraan bermotor roda dua atau empat dapat parkir di halaman parkir objek wisata alam ini.

Beberapa warung makan di sekitar hutan tampak berdiri. Anda bisa mampir untuk sekaligus merasakan hidangan lezat khas Lumajang yang tak jauh berbeda dengan wisata kuliner Malang legendaris.

Tak hanya itu saja, warga sekitar juga memanfaatkan potensi wisata ini dengan berjualan aneka macam sayur mayur. Sayuran yang dijual di pinggir obyek wisata ini masih sangat segar dan pastinya harganya masih sangat terjangkau.

Anda bisa menjadikan sayur mayur tersebut sebagai oleh-oleh cemilan khas Jawa Timur dari Lumajang. Kalau biasanya buah tangan berupa makanan atau souvenir, kali ini Anda membawa sayuran segar.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Bambu Lumajang

Liburan di tempat wisata alam memang selalu murah. Contohnya saja ketika mengunjungi hutan bambu favorit warga Lumajang ini. Wisatawan tak perlu merogoh rupiah yang cukup besar.

Dengan budget seminimal mungkin, Anda sudah bisa melakukan self-healing atau refreshing di wisata alam ini. Sisa modal berwisata ke sini dapat Anda gunakan untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur yang dimodifikasi susuai dengan cita rasa lokal Lumajang.

Tarif tiket masuk Hutan Bambu Lumajang ini berbeda untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Selain itu, harga tertera belum termasuk dengan biaya parkir.

Jadi bagi pengunjung yang membawa kendaraan harus menyiapkan uang retribusi parkir. Berikut informasi HTM wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Anak-Anak Rp3.000,00
Tiket Masuk Dewasa Rp5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Hutan Bambu Lumajang

Lokasi Hutan Bambu Lumajang

Biasanya wisata alam yang berada di dataran tinggi memiliki akses jalan kurang memadai. Namun berbeda dengan wisata bambu ini. Jalan menuju lokasi ini tergolong bagus. Kendaraan roda empat bisa melewati rute perjalanan untuk sampai ke tempat wisata.

Lokasi Hutan Bambu Lumajang ini berada di Dusun Umbul Sari, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak tempuh perjalanan dari pusat Kabupaten Lumajang sekitar 30 km.

Anda bisa mengambil arah ke Kecamatan Pronojiwo lalu pilih jalan menuju arah Candipuro. Bila Anda berangkat dari Alun-Alun Lumajang, langsung saja ambil arah Barat.

Papan penanda di sepanjang jalan akan sangat membantu wisatawan untuk menemukan lokasi ini.

Bagi pelancong dari Kota Malang yang hendak berkunjung ke sini, kami sarankan memanfaatkan layanan sewa Elf Long Malang atau rental mobil lainnya.

Dengan dukungan layanan ini, Anda tak perlu pusing memikirkan rute perjalanan menuju destinasi wisata ini.

Jam Operasional Hutan Bambu Lumajang

Pengelola wisata menetapkan jadwal buka setiap hari termasuk hari libur nasional. Jam operasional Hutan Bambu Lumajang ini dimulai dari pukul 07.00 – 16.30 WIB.

Namun tempat rekreasi alam ini menawarkan suasana yang sejuk saat pagi atau sore hari. Dengan informasi jam operasional ini, harapannya Anda berkunjung ke sini saat waktu terbaiknya.

Supaya jadwal perjalanan wisata Anda tersusun dengan baik, rencanakan liburan Anda bersama Salsa Wisata. Biro perjalanan wisata ini terbukti sangat berpengalaman karena sudah beroperasi lebih dari 10 tahun.

Layanan paket wisata yang ditawarkan sangat beragam dan mencakup hampir seluruh destinasi wisata di Indonesia.

Termasuk ke beberapa lokasi gathering terbaik di Indonesia. Misalnya saja rekomendasi tempat gathering Jogja untuk kantor yang selalu ramai oleh para wisatawan.

Bagi Anda yang berminat, langsung saja cari info terlengkapnya via website atau bisa dengan cara menghubungi call center kami.

Tentu bersama kami, liburan ke Hutan Bambu Lumajang pun akan lebih menyenangkan dan berkesan. Terlebih dengan dukungan fasilitas berkelas dari kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)