SalSari Resto & Coffee

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kotanya padat dan suhunya cukup panas karena berada di pesisir. Tapi, tepat di tengah kota ada tempat bernama Hutan Bambu.

Seperti namanya, ini adalah area yang penuh dengan hutan bambu layaknya di sebuah perkampungan. Mungkin Anda sendiri heran bagaimana bisa di tengah kota terdapat sebuah area berisikan pohon-pohon bambu.

Anda akan segera mengetahui jawabannya dengan menyimak ulasan lengkap seputar tempat wisata Surabaya kota yang lagi hits berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Hutan Bambu

gambar hutan bambu

Hutan Bambu Surabaya merupakan sebuah area terbuka hijau seperti hutan kecil yang terdiri dari pohon bambu. Ada banyak sekali pohon bambu yang membuat suasana di tempat ini teduh, sejuk, dan asri. Wajar jika banyak pengunjung yang datang ke sini.

Ada yang ingin istirahat menikmati suasana sejuk, ada juga yang berfoto, dan ada juga yang sekedar ingin habiskan waktu libur bersama keluarga tersayang.

Tapi sebagian besar yang berkunjung ke sini adalah anak-anak muda karena memang view-nya instagramable. Sebagian besar pengunjung anak muda yang ke sini rela mengantre untuk berfoto ria dengan latar rimbunnnya hutan bambu.

Jika Anda telisik sejarahnya, dulunya tempat ini merupakan TPA atau Tempat Pembuangan Akhir untuk sampah sejak tahun 1970-an. Lalu, sekitar tahun 2000, Pemkot Surabaya mulai memindahkan TPA dan menanami area ini dengan ratusan bibit pohon bambu.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Bambu

Semua fasilitas yang ada di kawasan wisata ini gratis. Artinya, tidak ada tiket masuk Hutan Bambu Surabaya yang berlaku, kecuali biaya parkir kendaraan. Tarif parkir di sini juga masih relatif murah. Berikut kisarannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Tiket masuk yang gratis tentu bisa membantu Anda para wisatawan untuk bisa merasakan pengalaman liburan hemat. Kondisi ini tak jauh berbeda bila Anda memanfaatkan paket wisata Surabaya dari Salsa Wisata untuk mengunjungi destinasi wisata lain.

Anda bisa mendapatkan penawaran harga paket terbaik hanya di Salsa Wisata. Bahkan ada layanan paket wisata antar-kota yang bisa Anda pilih untuk liburan ke kota lain. Contohnya paket wisata Surabaya Malang dengan tarif yang juga murah.

Rute Menuju Lokasi Wisata Hutan Bambu

tiket masuk hutan bambu surabaya

Alamat Hutan Bambu terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Lokasinya berada di tengah kota sehingga tidak sulit untuk menjangkaunya.

Jika sudah ada di Kota Surabaya, cukup menggunakan Google Maps saja. Selain itu, bisa juga dengan melihat ke papan penunjuk arah yang mengarahkan Anda ke lokasi hutan ini.

Untuk menghindari rasa lelah akibat kemacetan di jalanan Kota Surabaya, memang akan lebih baik bila Anda menyewa kendaraan plus driver dari jasa rental mobil Surabaya murah.

Ini akan menjadi solusi yang tepat untuk Anda dan keluarga tentunya. Anda juga akan merasakan kenyamanan selama di perjalanan berkat layanan tersebut.

Daya Tarik Wisata Hutan Bambu

Selain Kota Tua Surabaya yang menawarkan berbagai spot foto estetik, wisata taman ini juga menawarkan beberapa spot foto yang unik. Bahkan seperti menampilkan sudut yang berbeda dari Kota Metropolitan Surabaya.

Tak hanya spot foto saja, masih ada sejumlah daya tarik lainnya yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke sini. Berikut daftar daya tarik yang dimaksud:

Menikmati Kuliner Khas

Area wisata taman bambu ini berada di tengah kota dan dekat dengan pusat wisata kuliner Surabaya murah dan enak. Jadi, setelah puas menikmati waktu di kawasan Kebun Bambu Keputih, bisa melanjutkan wisata kuliner di sini.

Kuliner khas Surabaya memang sangat menggugah selera. Rasanya mantap apalagi bumbunya juga lengkap. Tenang, tidak perlu khawatir dengan harganya karena masih sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Anda bisa memesan makanan yang mereka sajikan dengan minuman segar. Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan menikmati sajian makanan khas ini akan menjadi momen berharga yang memorable.

Banyak Taman

alamat hutan bambu

Kawasan Kebun Bambu Keputih berdiri di atas lahan seluas 40 hektar. Di dalamnya ada wisata Hutan Bambu, Taman Ruang Publik dan Taman Harmoni. Keberadaan ketiganya sangat penting bagi warga Surabaya.

Pengunjung bisa datang ke semua lokasi tersebut termasuk mencoba sensasi berada di tengah-tengah rimbunnya pohon bambu. Pohon-pohon bambu yang lebat ini dalam keadaan terawat.

Di salah satu sudut, terlihat sekumpulan pohon bambu yang sangat rimbun yang nampak seperti lorong. Bagian atasnya terlihat melengkung dan merupakan sisi pertemuan dari ujung pohon-pohon bambu yang tumbuh merunduk.

‘Lorong’ ini kini menjadi spot foto paling favorit bagi sebagian besar pengunjung. Tampilannya memang unik dan menyerupai lorong wisata hutan bambu Jepang.

Berburu Foto Estetik

spot foto di wisata hutan bambu surabaya

Spot foto di kawasan wisata ini tak sebatas pada ‘lorong’ bambu saja. Sebenarnya masih banyak spot foto menarik lainnya yang patut Anda datangi. Misalnya area taman, kursi taman yang estetik, atau bahkan lampu-lampu taman yang klasik.

Di sini Anda boleh selfie atau foto beramai-ramai dengan teman atau keluarga. Jadikan hasil jepretan Anda sebagai kenangan terbaik liburan kali ini.

Menikmati Suasana Alami khas Pedesaan

Jika sudah cukup berfoto, cobalah untuk menikmati suasana di sekitar kawasan taman penuh pohon bambu ini. Pohon bambu yang rindang akan membuat daerah sekitarnya subur karena jumlah air yang melimpah.

Oleh sebab itu, ketika berada di sini Anda akan merasakan suasana yang sejuk. Selain itu, saat angin datang, rimbunan pohon bambu ini bergoyang-goyang menciptakan suara yang sangat khas.

Begitu juga suara decitan dari gesekan antar pohon bambu ketika angin berhembus. Menikmati alam memang menjadi cara terbaik untuk melepaskan kepenatan dan beban pikiran.

Menghabiskan Waktu sore di Taman Harmoni

wisata hutan bambu

Selain di hutan yang penuh bambu, coba juga berjalan kaki menuju Taman Harmoni yang luasnya mencapai 8,6 hektar. Di sini ada banyak pepohonan dan tanaman bunga yang membuat suasananya teduh.

Selain itu, ada banyak wahana permainan untuk anak-anak serta fasilitas untuk bersantai bagi orang dewasa. Beberapa wahana permainan tersebut seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dan dome climber.

Bagi orang dewasa, bisa duduk santai atau berjalan kaki tanpa alas di atas area terapi batu untuk lansia. Fungsi batu-batu ini adalah sebagai fasilitas terapi untuk meregangkan otot-otot kaki.

Selain itu bisa juga dengan piknik. Anda hanya perlu menggelar alas dan menikmati makanan khas Jawa Timur yang mudah dibuat yang Anda bawa sebelumnya. Anda juga bisa membeli makanan dan jajanan sebelum datang ke sini.

Fasilitas di Lokasi Wisata Hutan Bambu

playground taman sakura dan hutan bambu surabaya

Tidak perlu berpikir panjang untuk berkunjung ke kawasan wisata kebun bambu ini. Fasilitas di lokasi wisata tengah kota ini sangat lengkap. Ada fasilitas toilet, kursi taman, spot foto, area parkir, dan taman bermain anak.

Tak jauh dari sini, ada sentra jajanan dan makanan khas Surabaya Jawa Timur yang super-komplet. Harga tiap menu di sini rata-rata murah lengkap dengan aneka pilihan minumannya.

Jam Buka Wisata Hutan Bambu

Tidak ada jam buka Hutan Bambu yang berlaku karena taman ini buka selama 24 jam setiap hari. Pengunjung boleh datang kapan saja dan jam berapa saja. Akan tetapi, biasanya tempat ini akan ramai di pagi dan sore hari.

Ada yang sekedar ingin jalan-jalan, jogging, dan bahkan ada yang sekedar untuk selfie atau berfoto di spot foto lorong bambu. Meski tak sedikit pula yang berkunjung untuk menikmati sajian kuliner terdekat.

Libur singkat seperti saat akhir pekan memang cocoknya liburan di tempat yang dekat dengan rumah. Namun tak jadi masalah jika Anda yang berasal dari luar Surabaya ingin sesekali liburan ke tempat-tempat eksotis Surabaya.

Misalnya saja ke wisata Hutan Bambu Surabaya ini. Dengan dukungan layanan paket wisata dari Salsa Wisata, Anda bisa merealisasikannya dengan baik. Bahkan Anda nantinya pun bisa berkesempatan untuk mengunjungi pusat oleh-oleh khas Surabaya murah dan terkenal.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)