SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bogor tak hanya terkenal dengan sebutan wisata seribu curug. Namun rupanya Kota Hujan ini juga memiliki referensi destinasi wisata lain yang unik dan edukatif. Wisata Istana Bogor namanya.

Tempat wisata Bogor ini sering jadi pilihan warga lokal Bogor dan sekitarnya untuk mengenal lebih dekat lagi dengan kawasan istana.

Di sini, Anda dan para wisatawan lainnya dapat menikmati berbagai atraksi wisata sejarah dan edukasi sekaligus.

Wisata Bogor ini masih berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Destinasi wisata ini tak hanya memperlihatkan kemegahan dan nilai artistik dari sebuah istana presiden.

Melainkan juga menyuguhkan nilai sejarah. Benar-benar menjadi tempat liburan yang anti mainstream.

Sejarah Istana Bogor

Istana Bogor adalah satu diantara 6 bangunan Istana Kepresidenan RI. Lokasinya berada di area Kebun Raya Bogor dan memiliki keunikan tersendiri, terutama dari aspek budaya, historis, dan seni.

Bangunan bersejarah ini sudah ada sejak tahun 1744 dan mengalami beberapa kali renovasi hingga berbentuk seperti sekarang. Terlebih lagi setelah gempa dahsyat pada tahun 1834 yang menghancurkan bangunan 3 tingkat ini.

Setelah renovasi, namanya pun menjadi istana Buitenzorg hingga masa pendudukan Jepang. Kata Buitenzorg sendiri memiliki arti kota tanpa risau sebab suasana Bogor yang tenang.

Luas total kawasan istana ini sendiri sekitar 28 hektar termasuk kawasan kebun raya. Sedangkan untuk bangunannya kurang lebih luasnya mencapai 1.5 hektar.

Dengan luas tersebut banyak hewan yang bisa Anda jumpai di kawasan ini seperti rusa serta kodok yang jadi peliharaan presiden. Sebab presiden serta keluarga sering kali menjadikan istana ini sebagai rumah singgahnya.

Meski begitu warga tetap bisa mampir dan mengunjungi kawasan istana saat waktu-waktu tertentu. Namun tentunya dengan persyaratan serta protokol yang ketat agar dengan pengawalan dari paspampres.

Daya Tarik Istana Bogor

Wisata Istana Bogor

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sama seperti wisata Istana Negara di Jakarta, istana kepresidenan yang ada di Bogor ini juga mempunyai daya tarik yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Dan berikut list daya tariknya.

Memberi Makan Rusa

Hampir tiap akhir pekan spot yang satu ini selalu ramai oleh kedatangan para wisatawan. Iya tepat sekali, spot yang dimaksud adalah spot di mana wisatawan dapat memberi makan rusa-rusa yang didatangkan secara khusus dari Nepal ini.

Anda dan wisatawan lainnya dapat memberi makan rusa-rusa ini dengan wortel yang telah disediakan. Wortel-wortel ini berasal dari para petani tradisional Bogor.

Mereka secara rutin menjajakan hasil panen mereka ini kepada para wisatawan yang berkunjung ke istana.

Lokasi untuk Menerima Tamu Kenegaraan

Selain sebagai tempat wisata dan hunian Presiden RI, bangunan istana ini juga menjadi lokasi untuk menerima tamu kehormatan dari negara lain. Anda pun dapat menyaksikan prosesi sambutan ini meski dari jarak jauh.

Menikmati Panorama Hijau yang masih Asri

Layaknya berbagai tempat wisata di Puncak Bogor, kawasan istana ini juga menyajikan panorama alam yang masih sangat asri nan hijau.

Meski terdapat beberapa bangunan permanen di dalamnya, Anda masih dapat menyaksikan pemandangan alam yang hijau dan udara yang sangat segar.

Nuansa segar alami dan keasrian sebuah lanskap alam masih sangat terasa dan mendominasi di sini.

Melihat Koleksi

Dengan izin dari pihak istana, Anda juga boleh melihat-lihat berbagai koleksi seni bersejarah yang tersimpan di dalam bangunan istana. Adapun daftar koleksi seni yang ada di istana antara lain:

  • Ratusan lukisan (450) yang merupakan buah karya seniman Indonesia dan Rusia
  • Ratusan karya seni patung (360)
  • Susunan keramik mahal dan mewah
  • Berbagai macam hadiah kenegaraan
  • Tempat lilin kristal
  • Karpet langka
  • Marmer dari Itali
  • Lampu kristal
  • Perabotan asli Jepara

Banguna Istana yang Artistik

Struktur bangunan istana kepresidenan yang satu ini terdiri dari 3 tingkat, yaitu induk, sayap kiri, dan sayap kanan.

Bangunan induk di sini berperan sebagai area khusus untuk acara-acara resmi kenegaraan. Sedang pada bangunan sayap kiri, terdiri dari 6 unit kamar tidur tamu kenegaraan.

Sementara untuk bangunan sayap kanan, terdapat 4 unit kamar tidur khusus untuk kepala negara.

Selain 3 zona bangunan di atas, istana ini juga memiliki sebuah bangunan khusus yang dinamakan Dyah Bayurini, yaitu bangunan khusus untuk kediaman Presiden RI.

Fasilitas Wisata Istana Bogor

Fasilitas Istana Bogor

Layaknya tempat wisata pada umumnya, kompleks wisata istana negara di Bogor ini juga memiliki sejumlah fasilitas. Sebut saja fasilitas tempat parkir.

Ada juga fasilitas kendaraan wisata. Fasilitas penting lainnya adalah toilet umum.

Tersedia juga fasilitas bangku untuk istirahat. Menariknya lagi, area kompleks istana ini juga dipenuhi dengan taman yang hijau nan asri.

Tak jauh dari istana, terdapat sebuah bangunan hotel, yaitu Hotel Salak The Heritage, yang siap melayani wisatawan yang ingin bermalam di dekat istana.

Di dalamnya tersedia fasilitas lengkap termasuk fasilitas restoran yang menyajikan aneka menu makanan khas Bogor terkenal.

Anda pun tidak akan sulit untuk menemukan toko souvenir atau jajanan di sekitar area kompleks istana. Toko atau pusat souvenir ini tidak berada di dalam kompleks istana, melainkan di luar kompleks istana.

Biasanya wisatawan yang habis berkunjung ke Kebun Raya Bogor juga akan mampir ke pusat oleh-oleh khas Bogor ini.

Harga Tiket Masuk Istana Bogor

Kompleks istana ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata murah di Kota Bogor.

Anda yang berminat untuk liburan di sini hanya perlu membeli tiket masuk untuk kawasan wisata Kebun Raya Bogor. Tiket masuk istana gratis.

Berikut info HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Sebelum masuk ke kompleks istana, pastikan Anda telah memenuhi beberapa ketentuan berikut:

  1. Mendapat izin dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan
  2. Mengenakan pakaian yang sopan, rapi, dan formal
  3. Mendaftar dengan identitas sesuai dengan KTP atau SIM
  4. Usia minimal 10 tahun
  5. Tidak membawa makanan dan minuman
  6. Dilarang menyentuh koleksi seni yang ada di istana
  7. Tidak diperbolehkan memotret objek yang jelas ada tanda larangan memotret.

Lokasi dan Rute Menuju Istana Bogor

Lokasi Istana Bogor

Alamat lengkap istana kepresidenan ini ada di Jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Ada banyak rekomendasi tempat wisata terdekat jika Anda berminat untuk wisata kulineran terlebih dahulu sebelum liburan ke istana ini.

Lokasi ini hanya 4 KM saja dari jantung Kota Bogor yang mana waktu tempuh yang Anda butuhkan hanya sekitar 10 menit saja.

Rute yang dapat Anda pilih yaitu dari Jalan Otto Iskandardinata dan Jalan Ir. Juanda. Anda juga bisa gunakan rute alternatif lainnya, yaitu via Jalan Kebun Raya Bogor.

Nah, khusus  untuk Anda yang berasal dari luar Kota Bogor, tentu perjalanan yang harus Anda tempuh bukanlah perjalanan yang singkat. Anda juga tidak ingin merasakan lelah saat tiba di lokasi wisata, bukan?

Sebagai solusinya, manfaatkan jasa rental mobil dengan kualitas terbaik namun bertarif murah di Salsa Wisata. Tersedia beberapa opsi produk paket rental, mulai dari paket sewa mobil hingga paket sewa bus pariwisata.

Untuk agenda special trip dengan rombongan, misalnya, tentu paket sewa big bus Bogor murah jadi yang paling kami rekomendasikan. Sebab dengan paket ini perjalnan Anda bersama khafilah pasti akan puas.

Jam Operasional Istana Bogor

Kompleks istana ini dibuka untuk wisatawan umum di hari-hari tertentu saja, tepatnya hari Senin sampai Kamis dengan jam operasional dari jam 09.00 sampai jam 14.00 WIB.

Sedang hari Jumat, jam operasionalnya terbagi menjadi dua, yaitu dari jam 09.00 sampai jam 11.00 WIB dan dari jam 14.00 sampai jam 16.00 WIB.

Nah, untuk Anda yang punya agenda liburan di Kota Bogor, sebaiknya sempatkan sejenak untuk mengunjungi wisata Istana Bogor ini. Minimal sekali dalam seumur hidup Anda pernah menginjakan kaki Anda di sini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bogor, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)