SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Siapa bilang wisata alam di Bogor hanya bisa Anda temukan di tempat wisata Puncak terkenal saja? Daerah Pasirmukti bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam hits lain untuk mengisi libur akhir pekan Anda. Salah satunya adalah Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup Bogor.

Area wisata ini berbentuk persawahan namun bukan sekedar sawah. Potensi pertanian yang tinggi menjadikan  tempat ini memiliki peluang yang besar untuk menjadi sebuah tempat wisata agraria yang menarik di Bogor.

Pihak pengelola pada akhirnya mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada hingga menjadi sebuah objek wisata Bogor yang ramai dan favorit.

Berbagai keindahan pemandangan dan suguhan pengalaman bercocok tanam menjadi daya tarik utamanya. Apalagi mengingat kegiatan bertani sudah sangat langka di kalangan anak muda.

Ajak keluarga terutama si kecil untuk merasakan pengalaman baru, yaitu bertani atau bercocok tanam di kawasan wisata ini. Namun sebelum mulai kegiatan yang sangat edukatif ini, ada baiknya Anda simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sekilas tentang Kebun Wisata Pasirmukti

Sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai lahan pertanian yang begitu luas. Ibu Emily Turangan Senduk berinisiatif mendirikan Kebun Wisata Pasirmukti ini di daerah Pasar Mukti, Kabupaten Bogor.

Perempuan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada tersebut awalnya memiliki hobi bercocok tanam dan berkebun bunga Anggrek sejak tahun 1979.

Kemudian berkembang hingga memberdayakan masyarakat sekitar dengan cara memanfaatkan lahan pertaniannya selama 17 tahun.

Sejalan dengan peningkatan produktivitas pertaniannya, lahan kebun di bawah PT. Kebun Pasirmukti melebarkan sayapnya ke dunia bisnis agrowisata.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bidang pertanian kepada masyarakat umum, khususnya generasi muda.

Harapannya, tempat wisata Bogor murah dan edukatif ini bukan sekedar area pariwisata saja, namun bisa menjadi ‘jembatan’ dan juga sekolah bagi wisatawan yang awam dengan bidang pertanian.

Melalui agrowisata ini, pengunjung tidak hanya bisa berwisata saja, melainkan juga dapat melakukan penelitian, pendidikan, dan pelatihan pertanian dengan baik.

Rupanya kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif dari wisatawan domestik dan global. Memang sangat menarik. Terlebih kini ada sederet daya tarik yang membuat para wisatawan semakin senang liburan di sini.

Daya Tarik Kebun Wisata Pasirmukti

Wisata Kebun Wisata Pasirmukti

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Agrowisata yang satu ini memang sangat viral di media sosial dan kalangan warga Bogor. Lantas sebenarnya ada daya tarik apa saja yang bisa Anda jelajahi di sini? Berikut uraian lengkapnya.

Bercocok Tanam

Bukan agrowisata namanya jika tidak ada aktivitas tanam-menanam padi di sini. Kegiatan menanam padi adalah daya tarik utama dari agrowisata ini. Para petani akan mengajak pengunjung untuk menanam padi bersama.

Sambil bercocok tanam di ladang, wisatawan akan mendapatkan info edukatif seputar cara menanam, merawat, hingga memanen padi.

Pastinya kegiatan ini akan menambah pengetahuan bagi wisatawan yang mengikuti kegiatan tanam padi ini. Lebih menariknya lagi, mereka akan mendapatkan bibit padi.

Para petani di sini akan memberi contoh bagaimana cara menanamnya dengan cara mempraktikannya secara langsung.

Melukis Caping

Kegiatan melukis di tengah sawah mengingatkan pada wisata Sawah Lukis di Medan. Bedanya, Anda hanya melukis caping atau topi yang biasa dikenakan oleh petani di area ini.

Aktivitas melukis caping ini biasanya dikerjakan sebelum kegiatan menanam padi. Tujuannya, agar wisatawan mendapat gambaran soal perlengkapan sebelum menginjakan kaki ke sawah. Salah satunya yaitu memakai caping.

Membajak Sawah

Sudah biasa rasanya kita melihat pemandangan petani membajak sawah. Namun bagaimana jika Anda yang melakukan hal tersebut secara langsung?

Pastinya akan menjadi pengalaman wisata yang mengesankan. Aktivitas membajak sawah bisa Anda lakukan di kawasan wisata ini.

Petani yang berpengalaman akan membantu dan menemani Anda selama Anda sedang membajak sawah. Kegiatan membajak sawah di sini sama persis dengan membajak sawah sungguhan di mana hewan ternak seperti kerbau atau sapi akan menjadi sumber penggerak alat pembajaknya.

Karena kegiatan ini akan membuat Anda basah-basahan dan terciprat lumpur, sebaiknya Anda membawa baju ganti.

Khusus untuk kegiatan membajak, ada jadwalnya tersendiri, yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu saja. Saat hari biasa, para petani di sini sibuk di ladang milik mereka sendiri.

Taman Rekreasi

Sebenarnya ada banyak wahana di kawasan ini yang bisa Anda mainkan. Wahana-wahana ini dapat Anda temui di taman rekreasi di dalam kawasan agrowisata ini.

Adapun contoh wahana yang bisa Anda mainkan antara lain kolam renang. Jika tidak ingin kotor-kotoran di atas lumpur, kolam renang bisa menjadi tempat yang pas untuk Anda kunjungi.

Pilihan wahana lainnya adalah camping di camping ground yang sudah disediakan. Anda bisa mendirikan tenda-tenda di bawah pepohonan yang rindang.

Jika bosan dengan kegiatan camping, kegiatan piknik boleh juga jadi alternatif berikutnya. Lahan dengan rerumputan hijau dan banyak pepohonan teduh menghadirkan suasana yang sejuk dan menyenangkan.

Kondisi tersebut sangat mendukung Anda dan keluarga untuk berkumpul dan melakukan tamasya di tengah kebun. Sambil bersantai, Anda wajib membawa makanan dan minuman khas Bogor sebagai ‘teman’ mengobrol bersama keluarga.

Kolam Lumpur

Sekilas memang terlihat menjijikkan, tapi kegiatan ini sangat mengasyikkan terutama untuk anak-anak. Kolam yang tidak terlalu luas ini penuh berisi lumpur berwarna coklat.

Wisatawan bisa bermain di kolam lumpur dengan berbagai aktivitas seru.

Misalnya seperti perang bantal di atas bambu, bermain cipratan air lumpur, atau hanya duduk santai di atas bambu panjang sambil mencelupkan kaki pada lumpur.

Kolam ini bisa menjadi wahana edukasi untuk mengenalkan si kecil mengenai lumpur atau sekadar hiburan bermain kotor-kotoran.

Fasilitas di Kebun Wisata Pasirmukti

Tiket Masuk Kebun Wisata Pasirmukti

Sudah lelah beraktivitas dengan berbagai wahana di destinasi wisata ini? Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang tersedia untuk menunjang keperluan Anda.

Bukan agrowisata favorit wisatawan namanya jika tidak menyediakan fasilitas lengkap.

Daftar nama fasilitas yang telah tersedia di agrowisata Bogor ini salah satunya adalah toilet. Fasilitas toilet ini sudah lengkap dengan kamar mandi.

Tempat wisata keluarga yang lokasinya dekat dengan Perumahan Puri Harmoni Pasirmukti ini juga memiliki kamar bilas yang siap memfasilitasi para pengunjung yang ingin membersihkan diri usai asik beraktivitas.

Mushola bebas diakses oleh siapapun yang hendak menunaikan ibadah sholat. Di dekat area mushola juga sudah dilengkapi dengan tempat wudhu.

Area parkir menjadi fasilitas berikutnya yang mana areanya sangat luas bahkan bisa untuk menampung bus-bus pariwisata.

Jika Anda lapar, kawasan kuliner kaki lima Bogor siap menarik perhatian Anda. Tempat wisata kuliner di sini bersih sehingga Anda akan nyaman saat sedang bersantap.

Menu makanan dan minumannya juga terjamin enak. Sebagian besar adalah menu-menu asli Sunda yang sudah pasti akan menggoyang lidah.

Bila Anda masih betah berlama-lama di sini, lokasi wisata ini juga menawarkan cottage untuk staycation. Pastinya penginapan tersebut sangat nyaman karena sekelilingnya adalah pemandangan indah dan suasana alam yang begitu asri.

Tak ketinggalan, oleh-oleh keripik khas Bogor yang kriyuk dapat Anda beli di toko buah tangan dekat restoran sekitar. Ada berbagai makanan selain keripik yang boleh Anda borong.

Pastinya Anda tidak ingin meninggalkan wisata ini tanpa kenang-kenangan kan? Toko-toko tersebut juga menjual aneka souvenir yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang.

Harga Tiket Masuk Kebun Wisata Pasirmukti

Berlibur ke wisata alam ini rupanya hanya mengeluarkan budget yang tidak terlalu mahal. Apalagi jika Anda mengunjungi lokasi ini bersama rombongan menggunakan rental bus di Bogor.

Tarif tiket masuk Kebun Wisata Pasirmukti ini akan jauh lebih murah dibanding dengan harga normal. Berikut rincian HTM yang perlu Anda siapkan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp25.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Tarif masuk kawasan objek wisata di atas tentu bisa berubah karena banyak faktor. Meski ada kenaikan, selisih kenaikannya tidak begitu signifikan dibanding dengan tarif normal. Anda boleh gunakan tarif ini sebagai referensi untuk agenda liburan mendatang.

Rute Menuju Lokasi Kebun Wisata Pasirmukti

Lokasi Kebun Wisata Pasirmukti

Lokasi Kebun Wisata Pasirmukti ini bisa Anda jumpai di Jalan Raya Tajur KM. 4, Ds. Pasirmukti, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, dekat dengan wisata Situ Gintung. Jalur menuju tempat wisata Bogor yang satu ini tergolong mudah.

Apalagi bila Anda dari Jakarta, waktu perjalanan hanya sekitar 1 jam saja. Dari arah Tol Jagorawi, silahkan Anda ambil pintu keluar Tol Citeureup-Cibinong. Dari pintu tol tersebut, Anda bisa mencapai tempat wisata ini lebih dekat.

Rute lain yang bisa Anda tempuh kalau dari pusat kota Bogor adalah jalur via Sentul Paradise Park. Dari akses sirkuit Sentul ini, Anda tinggal melakukan perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai di destinasi ini.

Jam Operasional Kebun Wisata Pasirmukti

Pengunjung bisa mendatangi area agrowisata ini setiap hari mulai Senin sampai Minggu. Jam buka Kebun Wisata Pasirmukti sama seperti tempat wisata pada umumnya, yaitu dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Sayangnya, pada hari biasa atau weekdays, beberapa wahana tidak bisa Anda mainkan karena tidak beroperasi. Supaya Anda bisa menikmati seluruh wahana secara maksimal, sebaiknya berkunjung pada hari Sabtu atau Minggu.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Kebun Wisata Pasirmukti Kabupaten Bogor Jawa Barat. Tertarik untuk menikmati sejuknya persawahan sekaligus wisata edukasinya? Langsung saja reservasi paket tour Puncak Bogor dari Salsa Wisata yang murah meriah. Dijamin liburan Anda menjadi pengalaman tak terlupakan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)