SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jalan-jalan ke tempat wisata Puncak Bogor saat akhir pekan memang seru. Tetapi bagi umat Islam, jangan lupa untuk tetap beribadah menjalankan sholat lima waktu meski sedang seru dan asik liburan. Anda bisa singgah ke wisata Masjid Atta’awun Puncak Bogor sebagai salah satu rekomendasi tempat untuk beribadah.

Di masjid ini, pengunjung bisa menjalankan ibadah sholat atau sekedar mampir untuk berwisata saja. Sebab, masjid yang terkenal di kawasan Puncak Bogor ini menyimpan banyak keindahan yang jarang wisatawan ketahui.

Penasaran dengan hal menarik apa saja yang tersimpan di masjid ini? Silahkan Anda simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Masjid Atta’awun Puncak

Masjid Atta’awun Puncak Bogor ini sudah ada sejak lama dari tahun 1987. Awalnya, masjid ini berdiri sebagai tempat ibadah para pekerja di kebun teh PTPN Nusantara VIII.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat sekitar juga ikut memanfaatkan masjid sebagai sarana ibadah dan aktivitas keagamaan lainnya.

Karena potensi wisata di Puncak Bogor terus berkembang pesat, jumlah pengunjung masjid ini makin hari makin meningkat.

Melihat kondisi demikian, PTPN Nusantara VIII akhirnya menghibahkan masjid tersebut untuk masyrakat umum.

Setelah proses hibah, nama masjid yang awalnya Al Muttaqin kini berubah menjadi Atta’awun. Perubahan nama tersebut tidak lepas dari sejarah pembangunan masjid itu sendiri.

Dalam bahasa Arab, Atta’awun berasal dari kata ‘Ta’awana’, ‘Yata’aawuna’, dan ‘Ta’awuna’. Atta’awun artinya gotong royong, tolong menolong, dan bantu-membantu antar sesama manusia.

Sejarah tersebut merujuk pada pembangunan masjid yang dilakukan secara bahu-membahu menggunakan dana masyarakat Jawa Barat.

Di luar hibah masjid oleh PTPN Nusantara VIII, masjid ini masih memerlukan dana lebih besar untuk proses pembangunannya supaya dapat menampung jamaah dalam jumlah besar.

Inisiatif tersebut muncul karena sebelum pembangunan, saat sedang menjalankan ibadah sholat, banyak jamaah berdiri berdesak-desakan. Bahkan banyak jamaah yang tidak mendapat shaf.

HR Nuriana selaku Gubernur Jawa Barat kala itu menginisiasi pembangunan masjid secara rereongan sarumpi yang artinya pengumpulan dana dari sumbangan seluruh warga Jawa Barat.

Hingga pada tahun 1999, masjid agung ini berdiri dengan gagah dan menjadi sebuah destinasi wisata religi di Bogor.

Daya Tarik Masjid Atta’awun Puncak

Arsitektur Masjid Atta'awun Puncak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sejarah perjalanan masjid ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri. Namun tak sampai di situ, sajian keindahannya tak boleh Anda lewatkan. Berikut merupakan hal-hal menarik dari masjid hits di Puncak Bogor ini.

Arsitektur Kubah yang Unik

Masjid seluas 10.000 meter persegi ini memiliki desain dan arsitektur yang indah. Bentuk kubahnya mengingatkan akan desain bangunan Masjid Istiqlal. Masjid ini memiliki kubah utama yang besar dan sekelilingnya terdapat kubah-kubah kecil.

Pada umumnya, kubah masjid berbentuk setengah lingkaran. Namun kubah Masjid Atta’awun memiliki desain seperti jamur payung.

Di antara kubah-kubah tersebut, ada bangunan menara yang tinggi menjulang. Warna atapnya putih bersih seperti lingkungan masjid yang senantiasa bersih.

Arsitekturnya tidak hanya terinspirasi dari Timur Tengah. Namun sentuhan gaya tradisional dan modern juga berpadu menjadi sebuah arsitektur yang unik.

Kolam Kecil

Pada taman masjid terdapat kolam ikan berhiaskan sebuah air terjun mini. Kolam plus fitur air terjun mini ini memang secara visual sangat menarik.

Tak heran jika spot ini sering menjadi target bagi para pengunjung yang ingin berswafoto dengan latar yang cantik dan asri.

Ketika akan memasuki masjid, tepat sebelum pintu masuk, kolam kecil akan menyambut kehadiran pengunjung. Kedalaman kolam ini sangat dangkal; hanya setinggi mata kaki.

Kolam ini berfungsi sebagai pembersih kaki-kaki para jamaah yang hendak memasuki area dalam masjid.

Dengan melewati kolam dangkal ini, kaki-kaki para jamaah terjamin akan kebersihannya. Keberadaan kolam ini memang tidak jauh berbeda dari ciri khas bangunan masjid di tanah Jawa.

Menikmati Keindahan Alam Puncak

Bangunan kokoh ini berdiri tinggi menjulang di atas ketinggian 2000 meter. Karena lokasinya berada di dataran tinggi, pengunjung yang datang bisa melihat pemandangan alam Puncak.

Dari atas masjid, hamparan kebun teh hijau di sekitar siap memanjakan pandangan mata Anda. Panorama alam di tempat wisata Bogor murah yang satu ini siap memamerkan keindahannya kepada pengunjung masjid.

Undakan yang menyerupai terasering dari perkebunan teh menyajikan pesona alam yang cantik. Bahkan saat malam hari, dari atas masjid, wisatawan bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota yang begitu indah.

Tempat Istirahat dan Bersantai

Masjid ini banyak pengunjung dari para pelancong yang sedang berlibur di Puncak Bogor. Mereka biasanya mampir ke masjid ini.

Selain untuk menjalankan ibadah, beberapa beristirahat sejenak dengan singgah di pusat makanan khas Jawa Barat legendaris sebelum melanjutkan perjalanan.

Mereka yang singgah di masjid bisa bersantai pada tangga di halaman masjid atau beberapa kursi yang ada. Tidak sedikit wisatawan yang berdiri sambil menyaksikan keindahan alam Puncak dari atas masjid.

Terlebih suasana sejuk dan asri di sekitar semakin mendukung aktivitas bersantai Anda. Disamping sedang bersantai, pengunjung bisa sambil menikmati makanan khas Bogor yang wajib dicoba sebagai teman istirahat atau mengganjal perut lapar mereka.

Pusat Kegiatan Keagamaan

Bukan masjid namanya jika tidak ada aktivitas keagamaan. Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, Masjid Atta’awun sering menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan.

Sebut saja misalnya sholat berjamaah, kajian keislaman, buka bersama, Tadarus Al-quran, Qiyamul Lail, hingga pembagian santunan anak-anak yatim. Anda sebagai pengunjung umum bisa turut aktif memeriahkan acara-acara keislaman tersebut.

Wisata Kuliner

Menariknya, lingkungan sekitar masjid ramai dengan pedagang kaki lima dan kedai-kedai makanan.

Setelah beribadah dan beristirahat, Anda bisa mengisi energi kembali dengan jelajah wisata kuliner di tempat kuliner kaki lima Bogor dengan aneka jajanan khasnya.

Mulai dari Ubi Cilembu, jagung bakar, sampai makanan berat siap Anda santap. Cita rasanya tak perlu Anda ragukan lagi, sebab sudah pasti hidangan dan masakan khas Bogor sangat lezat dan enak.

Fasilitas di Masjid Atta’awun Puncak

Sejarah Masjid Atta'awun Puncak

 

Fasilitas masjid cantik ini tidak jauh berbeda dengan masjid pada umumnya. Anda bisa menjumpai fasilitas seperti toilet bersih, tempat wudhu, alat sholat yang lengkap, ruangan sholat yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, sampai Al-quran dan buku-buku Islam tersedia.

Area parkirnya juga sangat luas mengingat masjid ini selalu ramai pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Mulai dari motor, mobil, sampai bus pariwisata. Semua kendaraan tersebut dapat parkir di halaman masjid.

Selain warung-warung makan, beberapa pusat oleh-oleh khas Bogor terdekat juga bisa Anda temukan. Misalnya Ubi Cilembu, Lapis Bogor, sampai buah stroberi siap Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Tersedia juga beragam pilihan produk oleh-oleh khas Bogor tahan lama seperti keripik asli Bogor dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Masjid Atta’awun Puncak

Meski bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi sekaligus berfungsi sebagai wisata religi, masjid yang terkenal di Bogor ini tidak memungut biaya apapun.

Artinya pengunjung yang hadir bisa masuk secara gratis tanpa harus membeli tiket masuk Masjid Atta’awun Puncak. Namun Anda juga tidak dilarang jika ingin memberi sedekah melalui kotak amal yang tersedia.

Meski gratis, fasilitas dan layanan kebersihan masjid tetap menawarkan kenyamanan pada wisatawan sehingga diharapkan Anda juga bisa turut membantu menjaga kebersihan lingkungan dan merawat fasilitas yang ada.

Rute Menuju Lokasi Masjid Atta’awun Puncak

Lokasi Masjid Atta'awun Puncak

Lokasi Masjid Atta’awun Puncak ini berada di Jalan Puncak No. 90, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini memang berada di Puncak sehingga hal ini memudahkan Anda untuk menemukan lokasi masjid.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Bogor, kira-kira memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai di destinasi wisata ini. Jarak tempuhnya dari Alun-Alun Bogor sekitar 33 kilometer.

Bagi wisatawan luar kota, Anda bisa mengambil rute dari Tol Jagorawi supaya perjalanannya lebih cepat. Kemudian bisa memilih Jalan Labuan yang searah dengan wisata Cimory Dairyland.

Karena akses jalan ke Puncak ini naik turun dan mengingat daerah ini masuk kawasan dataran tinggi, ada baiknya Anda memanfaatkan sopir dari sewa mobil di Bogor lepas kunci dari Salsa Wisata.

Anda tidak akan kesulitan menyetir di jalan berkelok dan tak perlu bingung memilih rute perjalanan terbaik karena driver dari Salsa Wisata siap mengantar Anda menuju tempat wisata dengan jalur alternatif terbaik.

Jam Operasional Masjid Atta’awun Puncak

Anda bisa berkunjung ke masjid ini setiap saat dan kapan pun karena obyek wisata religi ini buka setiap hari. Jam buka Masjid Atta’awun Puncak juga tidak terbatas waktu dan bisa Anda akses selama 24 jam.

Namun pengunjung bisa datang pagi atau sore hari sebab panorama alam dan suasana sejuknya bisa Anda nikmati.

Berwisata yang menyenangkan dan tetap ingat waktu sholat bisa Anda dapatkan melalui biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Berbagai pilihan paket liburan keluarga murah meriah ke Bogor dan sekitarnya siap menawarkan perjalanan liburan terbaik.

Terlebih Anda bisa memilih paket wisata custom sesuai dengan destinasi wisata yang Anda inginkan. Termasuk liburan untuk mendekatkan diri dengan Sang Khalik di Masjid Atta’awun Puncak Pass ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)