SalSari Resto & Coffee

Berwisata ke Pantai Butuh saat liburan sangat menyenangkan karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Semua orang bisa bermain air, bermain pasir, dan menikmati senja.

Pantai Gunung Kidul view bagus ini masuk ke dalam wilayah pantai Selatan dengan view pasir putih dan laut berwarna biru. Selain itu, wilayah pantai banyak perbukitan yang bisa melihat pemandangan dari ketinggian.

Pantai yang berlokasi di Gunung Kidul ini masih jarang orang tahu. Akan tetapi panorama alamnya tak kalah indah dengan pantai lain sehingga bisa bersaing sebagai objek wisata yang ada di Jogja.

Sekilas Tentang Pantai Butuh

pantai butuh saptosari gunung kidul

Pantai Butuh Saptosari adalah adalah pantai yang tidak terlalu luas namun lanskap alamnya sangat menarik. Ada banyak pohon dan bukit yang berwarna hijau beserta batuan karang yang memukau.

Area sekitar pantai cukup nyaman untuk bermain air dan pasir. Ketika air laut pasang, pengunjung tidak boleh bermain air karena ombaknya cukup besar dan kencang. Akan cukup berbahaya bila berada di area sekitarnya.

Dengan segala keindahan alamnya, Anda tak perlu lagi untuk berkunjung dan berwisata ria di wisata alam Jogja terdekat ini. Selain dapat untuk melepas kebosanan akibat rutinitas, pantai ini juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk bercengkerama dengan orang tersayang.

Harga Tiket Masuk Pantai Butuh

Objek wisata ini memang cukup baru, namun menejemen pengelolaannya sudah cukup baik. Terkait dengan tarif biaya masuk, terbilang sangat ramah di kantong. Harga tiket masuk Pantai Butuh benar-benar murah.

Pengunjung juga harus membayar biaya lainnya sesuai dengan fasilitas yang mereka gunakan. Misal biaya untuk toilet, area parkir kendaraan, dan juga warung kuliner.

Berikut kami sampaikan info biaya terupdate yang berlaku di objek wisata pantai ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Motor Rp3.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000, 00 per unit

Tarif di atas bisa saja mengalami kenaikan kapan saja, termasuk adanya biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin camping di area sekitar pantai.

Meski begitu, kenaikannya tidaklah signifikan dan tetap akan menjadi destinasi liburan murah dan hemat. Seperti halnya ketika Anda memilih liburan dengan menggunakan layanan dan fasilitas paket wisata Jogja murah dari Salsa Wisata.

Rute Menuju Lokasi Pantai Butuh

sunset pantai butuh wonosari

Lokasi Pantai Butuh terletak di Desa Krambilsawit, Kec. Saptosari Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini hanya berjarak sekitar 30 KM dari Alun-Alun Wonosari.

Dari Alun Alun Wonosari, langsung ke arah Barat Daya di Jl. Masjid kemudian menuju Jl. Nasional III dengan jarak hanya 66 meter.

Kemudian masuk ke Jl. Veteran dan Jl. Ki Ageng Giring. Setelah itu baru ke Jl. Siraman Pulutan atau Jl. Wonosari-Pulutan di Seneng sejauh 1,7 KM. Lanjutkan dengan belokan kendaraan ke kanan menuju Jl. Siraman Pulutan atau Jl. Wonosari-Pulutan sejauh 5,1 KM.

Terus ikuti Jl. Playen Paliyan dan Jl. Raya Panggang Wonosari. Kemudian akan sampai di Jl. Jetis di Dondong. Di jalan inilah lokasi pantai ini berada. Untuk menempuh lokasi ini, gunakan kendaraan roda empat agar nyaman. Anda bisa menyewanya di jasa rental mobil Jogja 24 jam.

Daya Tarik Wisata Pantai Butuh

Tiap destinasi wisata pastinya memiliki daya tarik yang khas. Demikian juga dengan objek wisata pantai Gunung Kidul yang satu ini. Terdapat beberapa daya tarik yang terbukti memikat para wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke sana.

Pemandangan Alam

Bukan Pantai Selatan Jogja yang bagus namanya jika tidak memiliki pemandangan yang indah. Lokasi pantai ini sangat recommended untuk pengunjung dengan beberapa daya tarik view khas Pantai Selatan.

Akan ada banyak kumpulan tebing yang tingginya cukup membuat mata mengalihkan pandangan dari bawah ke atas. Tebing-tebing tersebut berupa batuan yang beberapa bagiannya berlumut.

Di musim tertentu, rumput di sekitar bukit akan berwarna hijau tua bak padang sabana. Mungkin dari sanalah sumber makan sapi ternak milik warga yang gemuk dan sehat.

Pantai yang masih Alami

tiket masuk pantai butuh jogja

Bukti bahwa pantai ini masih virgin atau alami adalah tampilan pantai dan sekitarnya yang masih apa adanya. Tidak ada tambahan properti buatan manusia untuk mempercantik pantai ini.

Hanya ada tambahan sejumlah fasilitas pendukung saja yang sempurnakan objek wisata ini. Anda bisa lihat dari minimnya jumlah wisatawan yang datang. Hal ini menandakan bahwa tidak banyak orang yang mengetahui soal pantai ini.

Panorama pantai dan alam sekitarnya juga masih original. Keindahannya pun sangat otentik dan apa adanya. Tidak ada sampah yang mengotori area wisata bahari baru ini.

Dengan suasana yang tenang, berada di sini adalah momen yang terbaik karena bisa mengendurkan pikiran. Sebagai tambahan, Anda juga mencicipi aneka makanan khas dari Gunung Kidul di sini.

Berjejeran dengan Pantai Indah yang Lainnya

Rupanya pantai ini berjejer dengan pantai yang sama-sama masih alami. Pantai Ngluen namanya. Pantai Ngluen ini sekilas memiliki ciri fisik landskap yang sama dengan Butuh.

Anda juga dapat menjumpai sederet pantai lainnya yang masih satu rangkaian dengan Butuh dan Ngluen. Cukup dengan berjalan kaki, Anda bisa tiba di Ngluen dan pantai-pantai terdekat lainnya.

Namun untuk mengunjunginya harus menunggu air laut surut dan gelombang kecil di jam tertentu. Biasanya pada jam 3 sore pengunjung sudah bisa menjelajahi area pantai.

Camping Ground

camping ground pantai butuh

Berkemah sangat asik apalagi lokasi kemahnya di pantai. Tak kalah asik dengan kemah gunung, kemah di pantai menawarkan tantangan ketika harus membangun tenda di berbagai macam medan lokasi.

Di pantai ini, ada beberapa area yang cocok untuk berkemah. Anda bisa memilih area dekat pantai yang berpasir, atau membangun tenda di atas bukit untuk melihat view pantai dan laut dari atas.

Biasanya sebagian besar wisatawan memilih menginap di hotel bintang 5 di Jogja dekat pantai. Tapi Anda bisa menjajal pengalaman staycation yang berbeda dengan cara camping.

Nelayan di Laut Biru

Salah satu vibes yang identik dengan daerah khas pesisir pantai adalah banyaknya nelayan yang setiap hari mencari ikan. Di pantai ini Anda dapat menjumpai nelayan yang menjala ikan.

Mereka biasanya menggunakan perahu kayu yang sanggup menerjang ombak lautan. Jala yang terbuat dari susunan senar juga tak lupa mereka bawa untuk menjaring ikan yang tersebar di lautan.

Hasil tangkapan ikan dari para nelayan lokal ini biasanya akan dijual di warung-warung terdekat. Anda juga bisa membelinya secara langsung dari nelayan dengan harga yang lebih murah.

Ikan-ikan segar ini tentu bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Gunung Kidul yang fresh dan spesial. Anda tidak akan menemukannya di pusat oleh-oleh khas Gunungkidul manapun.

Spot Foto

pantai butuh yogyakarta

Spot foto terbaik di objek wisata pantai ini yaitu puncak bukit yang berada di sebelah Timur. Disini, Anda juga bisa melihat Pantai Ngluen yang bersih.

Kemudian di sisi Barat, Anda bisa melihat jajaran pantai di sekelilingnya. Bahkan, objek wisata HeHa Ocean View dapat Anda lihat dengan jelas dari puncak bukit.

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Butuh

Terdapat sederet nama fasilitas yang bisa wisatawan gunakan di area wisata pantai ini. Untuk kategori fasilitas umum, ada fasilitas toilet dan kamar mandi, area parkir, dan warung.

Pengunjung yang ingin menggunakannya, harus membayar sejumlah uang. Biayanya tidak mahal. Sedang khusus untuk fasilitas wisata kuliner pantai Gunung Kidul, pengunjung harus membayar sejumlah makanan dan minuman yang mereka pesan saja.

Jam Buka Objek Wisata Pantai Butuh

pantai butuh gunung kidul

Anda dan wisatawan lainnya bebas datang ke objek wisata ini hari apa saja, termasuk hari libur nasional. Untuk jam buka Pantai Butuh, 24 jam penuh. Artinya pengunjung boleh berkunjung jam berapa saja tanpa ada batasan waktu operasional.

Namun warung-warung di sini hanya buka dari pagi hingga sore. Malam tetap buka hanya saat weekend saja. Jadi bagi yang ingin camping di pantai ini, pastikan bekal logistik Anda mencukupi.

Demikian ulasan lengkap seputar objek wisata Pantai Butuh Jogja. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi pantai ini, pastikan Anda datang bersama dengan dukungan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Tarifnya murah, kualitas selalu terdepan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)