earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ketika ada rencana liburan ke pantai di Banyuwangi, mungkin sebagian teman Anda akan merekomendasikan Pantai Pulau Merah atau Kawah Ijen. Padahal, di sisi lain masih ada Pantai Cacalan yang sebenarnya juga indah.

Pantai ini memang sering menjadi alternatif bagi sejumlah wisatawan yang ingin merasakan suasana yang berbeda. Objek wisata ini kian tenar pasca melejitnya Pantai Boom beberapa waktu lalu.

Hal ini disebabkan oleh karena lokasinya yang berdekatan dan juga fasilitasnya yang komplit. Apalagi lokasinya yang dekat dengan kota menjadikan pantai ini sangat recommended untuk Anda kunjungi.

Sekilas Tentang Pantai Cacalan

Pantai Cacalan merupakan salah satu referensi objek wisata pantai populer di Banyuwangi. Tempat wisata bahari ini menyajikan pemandangan alam yang masih natural dengan pasir putih yang terhampar luas.

Air lautnya berwarna biru gradasi, mengindikasikan kedalaman perairan yang berbeda di pantai tersebut. Uniknya lagi, ombak di pantai ini terbilang kecil sehingga cenderung aman untuk lokasi bermain air, terutama bagi anak-anak.

Dan yang paling menarik adalah sunrise spot view-nya yang juga tak kalah epiknya dengan sunrise di Gunung Ijen.

Kemudian soal asal-usul, nama Cacalan ini rupanya terinspirasi dari kata ‘cacal’ atau ‘dipacul’ yang artinya ‘dicangkul’.

Jadi, dahulu area pesisir pantai berupa hutan bambu atau Jajang. Pohon-pohon bambu tersebut kemudian dicacal sehingga area pesisir tersebut bersih dari pepohonan.

Namun ada cerita lain lagi yang beredar terkait dengan sejarah penamaan pantai ini. Menurut masyarakat lokal, nama pantai ini terinspirasi dari cerita pada masa penjajahan.

Katanya dulu pantai ini adalah tempat pembuangan para pejuang yang gugur. Untuk menghilangkan jejak, para pejuang yang telah gugur ini dicacah tubuhnya lalu dibuang di perairan pantai ini.

Terlepas benar atau tidaknya cerita di atas, mari kita berdoa sejenak untuk semua pejuang Indonesia yang telah gugur.

Daya Tarik Pantai Cacalan

pantai cacalan banyuwangi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk daya tarik, ada sejumlah daya tarik yang menjadi ciri khas dari tempat wisata Banyuwangi yang hits ini. Berikut informasinya.

Sunrise

Banyuwangi sangat terkenal dengan pesona Sunrise of Java. Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise di Pulau Jawa paling ujung Timur ini adalah pantai ini.

Bahkan untuk mendapatkan view sunrise terbaik, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung agar momen menikmati sunrise semakin syahdu.

Fasilitas-fasilitas pendukung tersebut antara lain ayunan dekoratif, bangku, dan juga pondok. Sejumlah fasilitas ini juga sering menjadi spot foto Instagenic bagi pengunjung.

Spot Foto Instagramable

Memang spot foto di pantai ini tak sebanyak spot foto di Marina Boom Beach yang sangat kreatif dan colorful. Salah satu Spot foto yang paling menarik di sini adalah wahana ayunan.

Dengan wahana ini, Anda dapat berpose dengan laut biru sebagai background-nya. Namun ada juga pengunjung yang memanfaatkan pondok di tepi pantai sebagai spot foto yang potensial.

Berkuda Menyusuri Pantai

Pagi-pagi sekali sekitar jam 6, di sekitar pantai biasanya sudah ada beberapa stand penyewaan kuda. Anda dapat menyewa kuda untuk menyusuri pantai usai puas menikmati sunrise.

Ngopi Pagi Sambil Memandang Sunrise

Memang akan terasa nikmat jika menyeruput kopi panas di pagi hari di tempat terbuka seperti pantai. Apalagi jika dinikmati bersamaan dengan menyaksikan sunrise dari langit Timur. Sungguh akan menjadi kenangan terindah.

Anda dapat memesan kopi Banyuwangi yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi terkenal di cafetaria yang buka sejak dini hari.

Wahana Kano

Pengunjung juga dapat mencoba wahana ini. Wahana Kano memang menjadi wahana unggulan di objek wisata ini. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mencobanya.

Di kawasan wisata ini memang ada sebuah spot khusus untuk bermain Kano. Spot tersebut bernama Cacalan Kano. Area ini terlihat lebih sejuk karena ada banyak pohon bakau di sekitarnya.

Permukaan airnya juga tenang sehingga cocok sekali untuk bermain kano yang dikayuh secara manual.

Setelah lelah bermain kano, isi ulang energi Anda dengan menyantap aneka menu seafood di tempat wisata kuliner Banyuwangi yang ada di pantai ini.

Jelajah Laut dengan Perahu

Ada satu lagi daya tarik pantai ini yang sebaiknya Anda coba karena sangat asyik. Naik perahu tentu jauh lebih menantang. Wahana ini memang akan sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai tantangan.

Perahu yang digunakan adalah perahu ukuran besar yang dapat menampung 10-12 penumpang. Tarif sewa per orangnya cukup murah. Tarif akan bertambah apabila pengunjung ingin sekaligus mampir ke Pulau Santen.

Fasilitas di Pantai Cacalan

wisata pantai cacalan banyuwangi

Pantai ini menyuguhkan berbagai fasilitas umum yang lengkap dan cukup memadai. Mushola dan area parkir adalah dua contoh fasilitas umum yang bisa Anda temui di sini.

Fasilitas lainnya yaitu warung makan atau cafetaria yang tak hanya menjual kopi andalan untuk nikmati sunrise saja. Melainkan ada juga ragam menu makanan khas Banyuwangi yang terkenal enak.

Selain itu, ada fasilitas toilet umum, kamar mandi, dan ruang bilas yang disediakan khusus untuk para pengunjung.

Satu lagi fasilitas yang jarang dijumpai di wisata pantai di Banyuwangi, bahkan sekelas Pulau Merah.

Fasilitas tersebut adalah bilik serba guna yang biasanya juga digunakan untuk pertemuan, gathering, dan acara bersama rombongan lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Cacalan

Tidak tiket masuk di tempat wisata Cacalan ini, alias gratis. Namun ada retribusi lainnya yang harus Anda bayarkan. Retribusi tersebut terdiri dari biaya parkir dan  biaya sewa wahana (kano, perahu, dan kuda).

Berikut adalah info tarif retribusi yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp0,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Sewa Perahu Rp10.000,00 – Rp20.000,00
Sewa Kano Rp20.000,00
Sewa Kuda Rp25.000,00

Tarif di atas tidak tetap dan dapat naik saat libur panjang dan libur akhir pekan. Akan tetapi Anda bisa jadikan info di atas sebagai referensi.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Cacalan

lokasi pantai cacalan banyuwangi

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Sukowidi, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Rute menuju pantai ini tergolong mudah.

Jika Anda berangkat dari Kota Banyuwangi, Anda bisa langsung arahkan kendaraan Anda ke Pelabuhan Ketapang. Di sini nantinya Anda akan melewati Pasar Lateng atau Pasar Kampung Arab.

Ikuti saja jalan tersebut hingga ke pertigaan lampu merah Sukowidi. Silahkan lurus saja hingga melewati SPBU di sebelah kiri jalan. Tak jauh dari titik tersebut, terdapat gapura bertuliskan nama pantai yang sedang Anda tuju.

Jam Operasional Pantai Cacalan

Karena tempat ini adalah salah satu sunrise spot view, pantai ini sudah buka dari jam 04.30, sedang jam tutupnya maksimal jam 23.00 WIB.

Misal, selain pagi hari, Anda sangat menyukai suasana malam hari di pantai, tentu Anda bisa langsung datang ke sini.

Anda bisa datang saat weekdays ataupun weekend karena pantai ini buka setiap hari.

Bagaimana, sudah tidak sabar untuk datang dan melihat sunrise terbaik di pantai ini?

Join dengan kami, Salsa Wisata, dan nikmati momen liburan terbaik Anda dengan hanya memesan paket wisata Banyuwangi murah tapi berkualitas.

Dengan paket ini, liburan ke Pantai Cacalan dan tempat-tempat wisata keren lainnya di Banyuwangi tentu akan terasa jauh lebih asyik.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)