SalSari Resto & Coffee

Tak bisa dipungkiri bahwa daya tarik utama pulau Bali adalah wisata baharinya. Ada beragam jenis pantai di sini, dari mulai pantai yang penuh turis seperti Pantai Kuta dan Pantai Sanur, sampai pantai yang letaknya tersembunyi seperti Pantai Greenbowl. Ada satu lagi pantai di Bali Selatan yang harus Anda tahu. Namanya Pantai Gunung Payung.

Kawasan Bali Selatan memang didominasi oleh pantai. Di area inilah Anda bisa temukan Tanjung Benoa, Pandawa, dan pantai-pantai terkenal lainnya.

Nah, yang membuat Gunung Payung ini unik adalah tempatnya yang terpencil, sehingga belum banyak ramai wisatawan berkunjung. Selain itu, di sini Anda juga bisa menemukan Pura Gunung Payung, salah satu peninggalan Bali kuno.

Sekilas Tentang Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung Bali

Yang membuat wisata pantai Bali Instagramable ini menarik adalah alamnya yang indah. Pasirnya putih dan lembut, sehingga tidak menyakiti kaki saat Anda berlari-lari di atasnya. Ada tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai ini, menyembunyikan pantainya dari pandangan publik.

Tak heran kalau banyak wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi. Selain tersembunyi, Pantai Gunung Payung juga jauh dari hiruk pikuk kota.

Alamnya masih segar dan alami, cocok untuk Anda yang sedang berbulan madu karena suasananya memang romantis. Bukan cuma sekadar menikmati pantai, pecinta fotografi juga pasti suka berburu foto di sini.

Pantai ini bukan cuma tenang, tapi juga instagramable. Ada berbagai cerukan di kaki bukit di sekelilingnya, membentuk gua-gua kecil alami yang terlihat kontras dengan hamparan pasir putih. Perlu diingat bahwa pantai ini berada di balik tebing karang yang tinggi.

Jadi, butuh usaha ekstra untuk bisa sampai ke pantainya. Tubuh Anda harus fit karena Anda harus sedikit hiking untuk mencapai pantai. Kendaraan Anda tidak bisa langsung masuk ke pantainya.

Anda harus mendaki dan menuruni ratusan anak tangga dulu. Ada sekitar 195 anak tangga yang harus Anda turuni untuk bisa mencapai pantai ini. Itulah sebabnya pantai ini tidak cocok bagi Anda yang punya bayi dan balita.

Meskipun begitu, tidak perlu khawatir. Anak-anak tangganya sudah dipugar dan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak licin dan aman didaki/dituruni. Ada pegangan juga yang bisa jadi pengaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Gunung Payung

Biaya tiket masuk Pantai Gunung Payung sangat terjangkau, tidak ada bedanya antara wisatawan anak-anak dan dewasa. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp2.000,00
Parkir sepeda motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami akan selalu mengecek dan memberikan update terbaru sesuai dengan yang berlaku saat ini.

Rute Menuju Pantai Gunung Payung

candi Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung payung ada di Kutuh, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Kalau Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai, butuh waktu sekitar 35 menit untuk menempuh jarak sejauh 18,2 km menuju pantai ini.

Kami sarankan, Anda menggunakan jasa rental mobil bandara Ngurah Rai begitu tiba di bandara. Dari bandara, Anda bisa melaju menuju Jalan By Pass menuju arah selatan. Di perjalanan nanti, Anda akan melewati Universitas Udayana yang mengarah ke Goa Gong.

Setelah itu, belok kiri ke Jalan Dharmawangsa sampai Anda menemukan warung 86 Banyuwangi. Dari situ, tinggal lurus terus mengikuti jalan Gunung Payung. Ikuti saja papan penunjuk jalan yang ada di sekitar.

Daya Tarik Pantai Gunung Payung

Paragliding

paradigling Pantai Gunung Payung

Salah satu olahraga ekstrem yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah paragliding. Ada banyak tempat penyewaan peralatan paragliding yang bisa Anda pilih. Tenang saja, meski Anda masih pemula dan baru pertama kali mencoba olahraga ini, ada tenaga ahli yang akan mendampingi Anda untuk menjaga keselamatan Anda.

Pendamping profesional tersebut akan membimbing Anda bermain paragliding serta mengarahkan parasut untuk mendarat di tempat yang tepat dengan aman. Saat bermain paragliding, Anda juga bisa mengambil foto pantai secara keseluruhan dari ketinggian.

Wisata ke Gunung Payung Cultural Park

gunung payung cultural park

Setelah puas paragliding, Anda juga bisa main-main ke Gunung Payung Cultural Park. Di sini, Anda akan menemukan beberapa rumah adat Bali. Rumah-rumah tersebut sengaja dibangun untuk menarik minat wisatawan.

Bukan cuma rumah adat saja, Anda juga bisa menemukan gua yang dijadikan spot wisata. Ada juga taman yang ditata rapi sebagai objek foto yang instagramable.

Di taman ini, Anda bisa menjumpai kehadiran beberapa satwa yang sengaja dipelihara di situ. Sering juga ada pertunjukan tradisional di Gunung Payung Cultural Park yang sayang kalau dilewatkan.

Surfing

Selain bisa berenang dan main air, Anda juga bisa surfing di pantai ini. Surfing di Gunung Payung sangat memacu adrenalin karena ombaknya sangat besar. Pastikan Anda sudah ahli kalau memutuskan untuk surfing di sini.

Jangan lupa juga untuk membawa papan surfing sendiri, karena Gunung Payung masih belum menyediakan persewaan surfer. Bawa juga baju ganti, karena sudah pasti saat surfing ataupun main air di sini, baju Anda basah.

Berenang

berenang di Pantai Gunung Payung

Tentu saja, main di pantai rasanya kurang lengkap kalau belum berenang. Anda juga bisa bermain di pinggir pantai sambil bermain pasir dan menikmati semilir angin.

Meskipun Anda bisa berenang dan main air di sini, penting untuk diingat bahwa pantai ini merupakan jejeran pantai selatan. Jadi, ombaknya cukup besar. Pastikan Anda tidak main air sampai ke tengah dan mengawasi anak-anak.

Fasilitas Pantai Gunung Payung

fasilitas Pantai Gunung Payung

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Adapaun fasilitas umum yang bisa Anda gunakan yaitu gezebo, area parkir, kamar mandi, dan tempat pementasan tari tradisional Bali.

Sehingga tempat ini bisa menjadi alternatif menonton tarian khas Bali selain di Ubud, Uluwatu, dan Garuda Wisnu Kencana. Selanjutnya, ada banyak kedai makanan di sekitar yang menjual aneka kuliner khas Bali halal yang enak.

Jam Operasional Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja. Kalau Anda ingin menikmati suasana syahdu dan udara malam sambil melihat bintang, Anda bisa datang di malam hari.

Namun kalau Anda ingin main paragliding, main air, berenang, dan surfing, Anda bisa datang di pagi dan siang hari.

Kalau Anda tertarik datang ke sini saat Anda liburan ke Bali nanti, Anda bisa pesan tiketnya melalui Salsa Wisata. Salsa Wisata menyediakan berbagai pilihan paket wisata Bali 3 hari lengkap yang terbagi berdasarkan destinasi wisata dan durasi liburan.

Anda bisa menambahkan sendiri tempat wisata yang ingin Anda kunjungi ke itinerary. Harganya jauh lebih murah ketimbang harus memesan semuanya sendiri.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)