earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Siapa yang tahu pantai mana yang pernah menjadi lokasi kompetisi selancar internasional, Liga Selancar Dunia tahun 2021? Jawabannya tentu saja Pantai Plengkung di Banyuwangi.

Salah satu pantai tercantik di Banyuwangi ini memang sangat terkenal dengan ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 6 hingga 8 meter. Selain itu, potensi wisata pantainya juga tak kalah menawan.

Pantai yang memiliki nama lain G-Land ini memang selalu menjadi primadona wisatawan, terutama wisatawan lokal & wisman yang hobi berselancar.

Nah, bagi Anda yang mungkin belum pernah sekalipun berkunjung ke tempat wisata ini, berikut gambaran singkat mengenai pantai cantik satu ini.

Sekilas Tentang Pantai Plengkung

Pantai G-Land ini merupakan satu dari deretan pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Nama pantai ini mulai mendunia sekitar beberapa tahun lalu karena pernah menjadi lokasi kompetisi surfing tingkat dunia.

Pemilihan lokasi ini bukan tanpa sebab. Setelah melalui beberapa survey, G-Land ternyata masuk ke dalam jajaran spot surfing terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Ombak di pantai ini tergolong besar dan konsisten. Tipe ombak semacam ini terbentuk akibat terbawanya arus Samudera Antartika ke Samudera Hindia. Efeknya, gulungan ombak yang tercipta sangat sempurna.

Dengan tinggi ombak minim 4 meter, maksimal 8 meter, dan panjang ombak 2 KM, ombak di G-Land ini terhitung paling sempurna. Satu hal lagi yang membuat para surfer dunia ingin sekali berselancar di sini yaitu ombak laut yang memiliki 7 susun gelombang. Tipe ombak semacam ini adalah tipe ombak paling menantang.

Sejarah Penamaan G-Land

Dibalik penyebutan G-Land, rupanya publik sangat penasaran makna atau singkatan huruf ‘G’ pada nama G-Land. Ada yang menyebut ‘G’ di sini adalah singkatan dari ‘Grajakan’ yang artinya teluk. Ada juga yang menyebut ‘G’ di sini adalah singkatan dari ‘Green’.

Namun ada sebagian orang yang mengira ‘G’ pada G-Land adalah singkatan ‘Great’ yang merujuk pada ombak laut yang besar. Dan ‘G’ yang terakhir merujuk pada bentuk lengkung yang menyerupai huruf ‘G’.

Bagi penduduk setempat, kata ‘plengkung’ di sini mendefinisikan bentuk pesisir pantai yang melengkung.

Pendapat ini ada benarnya juga karena jika Anda lihat dari visual satelit, bentuk area pesisir ini memang melengkung menyerupai huruf ‘G’ terbalik.

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

pantai plengkung banyuwangi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tiket masuk untuk para wisatawan tergolong murah. Tarif tiket untuk wisatawan domestik dan wisman tentu berbeda. Tiket ini sebenarnya adalah tiket masuk kawasan Alas Purwo, bukan G-Land.

Berikut rincian harga tiket masuk wisata Alas Purwo dan pantai G-Land terkini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp15.000,00 per orang
Tiket Masuk Wisman Rp150.000,00 per orang

Harga tiket di atas ada potensi mengalami perubahan sesuai dengan aturan dari pihak pengelola. Kenaikan harga tiket juga dapat terjadi saat puncak musim liburan dan libur akhir pekan.

Daya Tarik Pantai Plengkung

wisata pantai plengkung

Pantai dengan panorama sangat cantik tentu mempunyai banyak daya tarik. Para wisatawan juga dapat mencoba berbagai aktivitas menarik yang akan membuat liburan mereka sangat berkesan.

Seperti beberapa deretan daya tarik serta aktivitas menarik berikut ini:

Surfing

Selama berwisata di tempat wisata Banyuwangi ini, ada banyak rekomendasi aktivitas menarik yang bisa Anda coba. Satu aktivitas yang pasti dan wajib Anda coba adalah surfing.

Akan tetapi, rekomendasi ini khusus untuk Anda yang memiliki minat dalam surfing dan ingin belajar atau mengasah skill surfing Anda.

Bagi Anda yang tidak memiliki basis skill surfing sama sekali, sebaiknya tidak coba-coba karena akan sangat berbahaya. Kecuali Anda belajar dengan didampingi oleh instruktur surfing profesional.

Oh iya, jika Anda tidak memiliki peralatan surfing, tak perlu bingung. Di sini tersedia banyak tempat penyewaan alat surfing seperti papan selancar & kostum seperti yang ada di Pantai Padang-padang Bali.

Bersepeda

Kegiatan bersepeda bisa menjadi alternatif kegiatan seru lainnya selain surfing. Bersepeda kali ini tentu akan terasa lebih spesial karena bertempat di sepanjang pesisir pantai yang sungguh elok.

Anda juga bisa memperluas rute bersepeda hingga ke jalur menuju Alas Purwo. Anda bebas menggunakan sepeda pribadi atau sepeda sewa.

Jika ingin  menjajal sepeda sewaan, Anda hanya perlu membayar uang sewa Rp20.000,00 saja untuk 1 jam.

Hunting Spot Instagenic

Siapa yang tak tergiur untuk selfie atau berburu foto estetik dengan latar pantai yang sangat indah. Tak hanya itu, sekali-kali Anda juga dapat memotret para peselancar.

Dengan bidikan angle dan timing shot yang tepat, hasil jepretan Anda pasti akan tuai banyak pujian.

Sunset yang Menawan

Singgahlah di pantai ini hingga sore. Momen menjelang sunset adalah momen yang paling dinanti di pantai ini. Pesona sunset yang tertangkap mata tak kalah indah dengan sunset di Pantai Selong Belanak.

Fasilitas di Pantai Plengkung

Destinasi liburan ini sudah mempunyai sarana dan prasarana yang sangat lengkap. Kualitas fasilitas ini juga sudah sangat memadai.

Area parkir, contohnya, selain luas areanya, tempat parkir ini juga mendapat penjagaan yang baik dari petugas.

Soal penginapan juga tersedia dengan sangat baik. Terlebih tahun lalu ada banyak atlet selancar yang membutuhkan akomodasi penginapan di dekat pantai.

Tarif menginap di sejumlah penginapan di dekat pantai ini sangat beragam. Mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang cukup mahal.

Di dalam area penginapan juga terdapat resto dan sejenisnya yang menawarkan beberapa pilihan makanan khas Banyuwangi yang enak.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, di area pantai ini juga memiliki beberapa unit kamar mandi lengkap dengan toilet. Jadi, wisatawan tak perlu bingung jika ingin menggunakan toilet.

Lokasi & Rute Menuju Pantai Plengkung

lokasi pantai plengkung

Kawasan G-Land ini berada di lokasi yang sama dengan Alas Purwo dan Taman Savana Sadengan. Lokasinya ada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

Ada dua pilihan rute untuk tiba di lokasi ini, yaitu rute laut dan rute darat. Jika Anda memilih rute laut, Anda bisa memulai perjalanan Anda dari Grajagan.

Dari sini Anda dapat menyewa speedboat untuk menyeberang Teluk Grajagan lalu tembus ke G-Land. Sayangnya tidak banyak wisatawan yang menggunakan rute laut ini karena faktor biaya sewa speedboat yang mahal.

Sedangkan jika Anda memilih rute darat, mulailah perjalanan Anda dari pusat Kota Banyuwangi lalu lanjut ke Kalipait dan Pasaranyar.

Setelah itu, teruskan perjalanan Anda menuju Trianggulasi dan Pancur yang sangat terkenal sebagai sentra oleh-oleh khas Banyuwangi kekinian. Nah, dari Pancur ini Anda bisa langsung ke G-Land.

Meski lebih singkat dan lebih murah dari rute laut, perjalanan via darat akan cukup melelahkan. Apalagi jika Anda menyetir sendiri.

Satu-satunya solusi yang paling tepat adalah menyewa mobil di Salsa Wisata. Pilihan paket sewa mobil Alphard Banyuwangi menjadi pilihan yang sangat cocok untuk track di Alas Purwo.

Jam Operasional Pantai Plengkung

Anda yang sudah tak sabar untuk segera ke G-Land, sebaiknya cek terlebih dahulu jam operasionalnya. Wisata bahari ini buka dari Senin sampai Minggu dan juga hari libur nasional. Secara teknis, jam operasional yang berlaku adalah dari jam 07.30 sampai jam 16.00 WIB.

Jika jam operasionalnya cocok dengan agenda liburan Anda, kini saatnya Anda memilih travel organizer yang siap membantu Anda.

Kami, Salsa Wisata, dengan tawaran paket liburan ke Banyuwangi terbaik dan terlengkap, siap menjadikan sensasi liburan Anda jauh berbeda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)