SalSari Resto & Coffee

Jika ada yang bertanya, apa destinasi wisata hits Bogor yang memiliki air panas alami? Jawabannya adalah pemandian air panas Ciparay. Kolam pemandian air panas alami ini sangat terkenal di Bogor.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk relaksasi, melonggarkan otot dan tubuh yang tegang karena bekerja selama sepekan. Selain itu, suhunya yang hangat dapat menenangkan pikiran.

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Ciparay

Wisata Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian air panas ini bersumber dari Gunung Salak yang ada di atas. Ya, lokasi objek wisata ini berada tepat di bawah atau di kaki Gunung Salak Bogor. Airnya hangat alaminya berasal dari dalam perut bumi.

Banyak warga dan wisatawan yang percaya jika mandi di pemandian air panas Ciparay Bogor ini dapat mengobati berbagai penyakit. Secara ilmu sains, air panas alami memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Destinasi wisata yang satu ini juga berdampingan dengan sungai Cikuluwung. Sungai ini bersumber langsung dari pegunungan di sekitarnya, sehingga airnya bersih, jernih, dan terasa lebih segar.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciparay

Tiket pemandian air panas Ciparay ini sangat murah baik untuk masuk ke kawasan wisata maupun berendam di kolam utama. Hanya saja, ada biaya parkir yang harganya jauh lebih tinggi dari tiket masuknya.

Retribusi Tarif
Gerbang Air Panas Ciparay Rp4.000,00 per orang
Kolam rendam Rp3.000,00 per orang
Parkir roda dua Rp10.000,00
Parkir roda empat Rp30.000,00

Lokasi Pemandian Air Panas Ciparay

Lokasi Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian air panas Ciparay terletak di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya persis di kaki Gunung Salak sehingga punya kontur jalan yang cukup menanjak.

Jika dari Alun-Alun Kota Bogor, jaraknya sekitar 37 km dengan jarak tempuh 1 jam 45 menit. Jika sedang macet tentu bisa lebih lama lagi. Dari Bogor, arahkan saja kendaraan hingga Kantor Kecamatan Pamijahan.

Dari sana, tinggal ikuti jalan menuju lokasi wisata hingga bertemu kantor camat. Kantor camat ini menjadi pertanda kalau lokasi wisata sudah cukup dekat. Sebagai tambahan, tidak jauh dari pemandian ini Anda juga bisa mampir ke Curug Bungsu.

Supaya perjalanan Anda tersebut semakin mudah manfaatkan saja layanan rental hiace Bogor terdekat. Bersama sopir yang andal dan armada yang nyaman, Anda bisa mengajak keluarga berendam air panas di sini dengan lebih mudah.

Jam Buka Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian air panas Ciparay ini buka setiap hari, dari pagi pukul 07.00 WIB hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Jika memilih untuk menginap, Anda bisa menikmati tempat wisata hits Jawa Barat ini saat sore hari ketika pengunjung lain sudah pulang.

Selain itu Anda juga bisa datang saat pagi hari ketika udara di Bogor ini masih dingin dan segar. Air hangat yang membasuh badan bisa jadi penambah energi untuk Anda kembali melanjutkan kegiatan.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciparay

Objek wisata alam ini memang cocok untuk healing dan relaksasi. Air panasnya sangat menenangkan belum lagi lokasinya yang di tengah alam membuat suasana begitu damai.

Kolam Pemandian Air Panas

Kolam Pemandian Air Panas

Pemandian air panas Ciparay memiliki dua kolam pemandian untuk umum dengan ukuran sedang. Wisatawan bisa menggunakan kolam yang mana saja sesuai keinginan.

Hanya saja, jika suasana sedang ramai, maka Anda harus rela antri karena memang ukuran kolam tidak terlalu besar. Tapi, jika ingin lebih santai, bisa menggunakan kolam privat. Tentu saja ada biaya sewa untuk kolam ini.

Tapi, jika beruntung berendam di kolam utama yang untuk umum sudah cukup. Berendam di sini sangat menyenangkan dan Anda pun akan betah berlama-lama. Suasana alamnya juga sangat mendukung.

Relaksasi, Menenangkan Diri

Berendam di kolam pemandian air panas ini sangat menenangkan sekaligus mendamaikan pikiran. Anda akan menemukan arti kata healing sebenarnya ketika berada di sini.

Berendam dan bersantai sambil memejamkan mata, merasakan atmosfer alam yang berada di sekeliling objek wisata. Belum lagi suara gemericik dari sungai yang menabrak bebatuan juga sangat alami sekali.

Untuk itu, jika ingin mendapatkan ketenangan maksimal di wisata pemandian air panas Ciparay, sebaiknya datang pas sepi. Misalnya di weekdays atau hari biasa. Jika tidak, bisa menyewa kolam private.

Pemandangan Alam Eksotis

Pemandangan Alam Eksotis

Objek wisata ini berada di tengah alam dengan banyak pepohonan rimbun di sekitar kolam. Selesai berendam, Anda bisa menikmati keindahan alam ini yang tidak akan bisa Anda dapatkan di perkotaan.

Hijaunya pepohonan sangat memanjakan mata bersahut dengan suara binatang yang merdu di balik pepohonan. Sesekali pohon dan dedaunan pun menari terkena hempasan angin.

Suasana damai dengan keindahan eksotis ini memang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, ini bisa menjadi destinasi wisata yang sangat berharga seperti saat mengunjungi Villa Khayangan Bogor di Puncak.

Spot Foto Instagramable

Berada di sini, Anda dapat menikmati sajian alam yang menakjubkan. Wisata ini juga menawarkan banyak spot instagramable untuk Anda abadikan.

Salah satu spot favorit adalah jembatan penghubung antar kampung warga dan tempat wisata. Jembatan ini begitu artistik dan eye catching dengan background pepohonan dan objek wisata.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area kolam saat berendam atau menikmati hangatnya air dan pemandangan. Bisa juga berfoto di sungai Cikuluwung. Sungai ini terdiri dari bebatuan dengan beragam ukuran.

Kuliner Nikmat

Berada di tengah alam dan pepohonan serta udara khas pegunungan yang sejuk, tak lengkap jika tidak mencoba kulinernya. Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata kuliner Bogor yang terdiri dari warung.

Ada banyak pilihan menu makanan dan minuman. Anda bisa menikmati secangkir kopi panas usai berendam. Rasanya benar-benar nikmat ketika tubuh terasa dingin, udara sejuk kemudian menyeruput kopi panas.

Kopi panas biasanya bersanding dengan pisang goreng panas atau bisa juga dengan makanan khas Bogor. Nikmati saja setiap waktu yang berharga ketika berada di sini, dengan cara Anda sendiri.

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan selama berada di sini. Mulai dari beberapa pilihan kolam air panas, saung, dan spot foto semua tersedia.

Selain itu fasilitas penunjang seperti area parkir luas, warung makan hingga penginapan juga bisa Anda dapatkan. Sehingga selama berkunjung Anda tidak perlu pusing lagi mencari tempat lain untuk makan maupun bermalam.

Setelah berendam dan bermain air panas serta memutuskan untuk pulang, jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh khas Bogor yang ada. Ada banyak jenis buah tangan khas Kota Hujan yang bisa Anda beli dan bawa pulang.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata untuk berkunjung ke pemandian air panas Ciparay dan lainnya di Bogor. Ini termasuk wisata kuliner, berburu makanan khas hingga oleh-oleh.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)