SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawasan Glodok kini berubah total menjadi kawasan pusat kuliner yang hits. Apalagi sejak adanya Petak Enam yang semakin menambah daftar referensi pusat kuliner enak di kawasan ini.

Tempat ini seakan menjadi angin segar bagi Anda dan pecinta kuliner lainnya karena bisa menjadi referensi tempat nongkrong baru yang nyaman.

Kini pilihan tempat nongkrong Anda tak hanya di A&W, Es Teler 77, atau Kopi Tak Kie saja. Bangunan khas Oriental ini juga bisa menjadi target Anda berikutnya.

Sejarah Petak Enam

Petak Enam adalah sebuah pusat wisata belanja sekaligus pusat wisata kuliner bernuansa oriental yang ada di Glodok, Jakarta Barat. Tempat ini sangat cocok sebagai lokasi liburan bagi keluarga karena tempatnya super-nyaman dan berfasilitas sangat lengkap.

Anda dan keluarga bisa melakukan banyak hal selain kulineran dan juga belanja. Misalnya saja sekedar jalan-jalan atau hanya quality time bersama keluarga tercinta.

Tempat wisata di Jakarta Barat ini terbilang kompleks karena menyuguhkan daya tarik lain selain kuliner dan perbelanjaan.

Salah satu contohnya adalah dari segi gaya arsitektur bangunan. Jika Anda lihat dari luar, Anda akan sangat tertarik dengan pilihan gaya arsitektur Cina klasik.

Gaya arsitektur ini identik dengan penggunaan ornamen merah dan emas. Lalu banyak dijumpai lampion berwarna kuning yang turut menghiasi hampir sudut bangunan.

Mari bergeser ke bagian tengah yang mana di bagian tengah bangunan terdapat spot foto yang sangat Instagramable. Lalu di lantai 1 dan lantai 2, berjejer toko dan restoran yang menjual aneka chinese food dan menu makanan khas Jakarta Barat.

Uniknya, ada beberapa bagian bangunan yang terinspirasi dari gaya arsitektur khas Belanda seperti bangunan-bangunan di Kota Tua.

Daya Tarik Petak Enam

Petak Enam Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai anak muda, tentu Anda sadar bahwa kawasan wisata di Glodok ini sangat Instagenic di hampir setiap sudutnya.

Asal-usul atau sejarah tempat ini juga sangat menarik untuk dibahas. Apalagi arsitekturnya; sudah pasti menjadi daya tarik utama yang langsung memikat hati para pengunjungnya.

Selain beberapa daya tarik di atas, ada satu lagi daya tarik yang tak pasti akan sulit untuk Anda lewatkan. Iya benar sekali, kuliner dan atraksi wisata belanjanya.

Spot Foto

Perhatian sebagian besar pengunjung akan langsung tertarik pada sebuah spot paling favorit, yaitu spot foto menuju tangga utama.

Tepat di bagian tengah area menuju tangga, ada sebuah patung lembu emas yang seolah menyambut pengunjung.

Kemudian di bagian tengah di sepanjang anak tangga, ada beberapa bola berwarna kuning ditata menyerupai barisan.

Spot ini bukan spot foto satu-satunya. Masih banyak spot foto unik lainnya yang bisa Anda jadikan latar selfie Anda. Misal di sekitar pintu masuk utama, di depan restoran, dll.

Asal-Usul

Kompleks pusat perbelanjaan ini mempunyai asal-usul yang menarik. Nama Petak Enam ini sendiri masih ada kaitannya dengan Petak Sembilan, yaitu sebuah area di kawasan Glodok.

Kata ‘petak’ di sini mengacu pada rumah-rumah petak yang ada di Glodok pada masa itu. Jumlah rumah petak ini ada 9. Maka dari itu area tersebut diberi nama Petak Sembilan.

Begitu juga dengan nama Petak Enam yang artinya rumah atau bangunan di deretan ke enam pada area tersebut.

Arsitektur Eropa Berbalut Ornamen Khas Cina

Keunikan lainnya dari kompleks ini adalah gaya arsitektur Eropa-nya yang masih sangat kental seperti situs-situs bangunan di Kota Lama Semarang.

Namun yang membuatnya terlihat spesial adalah keterlibatan unsur budaya Cina yang juga sama-sama kuat. Hal ini bisa Anda lihat dari instalasi ornamen yang mendominasi.

Kemudian unsur budaya pada jenis kuliner yang dijajakan. Sebagian besar adalah kuliner Cina alias chinese foods seperti Kuotie yang cocok menjadi oleh-oleh khas Jakarta kekinian.

Namun ada cukup banyak kios makanan yang menjual kuliner berlabel halal seperti nasi campur dan lain sebagainya.

Ini tentu saja akan memudahkan pengunjung dari kalangan muslim yang hendak mengisi perut mereka usai puas berbelanja.

Mereka tak perlu lagi mencari pusat wisata kuliner Jakarta terdekat yang menjual hidangan halal.

Pusat Wisata Belanja

Chinatown Glodok ini kaya akan pilihan tenant terkenal. Sedikitnya ada 30 tenant untuk kategori makanan dan minuman yang mengisi tempat ini.

Salah satu tenant terkenal yang bisa Anda temui di sini adalah Wo Ai Po yang akhir-akhir ini sangat viral di Instagram.

Tenant-tenant di sini sangat bervariasi, mulai dari tenant dengan menu ala Western hingga chinese foods.

Anda juga tak akan kesulitan untuk menemukan tenant-tenant penjual kuliner khas Nusantara seperti kuliner khas Manado, Cirebon, Medan, dll.

Fasilitas di Petak Enam

Kuliner Petak Enam

Kawasan pecinan ini mempunyai beberapa unit toilet umum yang terletak di beberapa tempat. Area parkir juga tersedia dengan lahan yang luas. Jadi Anda tak perlu kuatir saat akan memarkirkan kendaraan Anda.

Fasilitas lainnya yaitu 30 buah tenant makanan dan minuman, baik yang halal maupun non-halal.

Anda yang muslim tak perlu bingung karena tiap kios akan memberikan tanda apakah sajian yang mereka jual halal atau tidak.

Harga Tiket Masuk Petak Enam

Tidak ada biaya untuk memasuki kawasan pecinan ini. Anda hanya perlu menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir kendaraan.

Anda juga hanya perlu membayar makanan dan minuman yang Anda beli di restoran-restoran yang ada di tempat ini. Selebihnya gratis, termasuk ketika Anda menggunakan toilet.

Lokasi dan Rute Menuju Petak Enam

Lokasi Petak Enam

Chinatown ini terletak di alamat Jalan Pancoran NO.43, Glodok, Jakarta Barat. Di kawasan yang sama juga ada dua tempat wisata terdekat, yaitu kawasan wisata Kota Tua dan Fatahillah Square.

Untuk menuju ke sini, Anda dapat menggunakan rute Jalan Gajah Mada dengan estimasi waktu tempuh 30 menit dari pusat Kota Jakarta.

Namun bagi Anda yang ingin pergi ke beberapa objek wisata sekaligus, sebaiknya Anda memilih solusi ini.

Solusi tersebut adalah layanan paket sewa mobil Avanza di Jakarta lepas kunci yang akan mengakomodasi perjalanan Anda.

Jam Operasional Petak Enam

Ada dua kategori jam operasional yang berlaku di chinatown ini. Yaitu Senin hingga Jumat buka dari jam 10.00 sampai jam 20.00 WIB. Lalu Sabtu dan Minggu akan buka lebih awal, yaitu dari jam 07.30 sampai jam 20.00 WIB.

Demikian sekilas info wisata kuliner di Petak Enam. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda. Jadikan momen wisata kuliner di chinatown ini sebagai momen terbaik dengan cukup memilih paket wisata ke Jakarta dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jakarta, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)