SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Indonesia masih menyimpan banyak prasasti yang terjaga dengan baik sebagai peninggalan Kerajaan Hindu-Budha pada masa silam. Seperti Prasasti Batu Tulis Bogor yang menarik untuk Anda kunjungi nanti saat libur akhir pekan.

Prasasti yang satu ini berbeda dengan Prasasti Ciaruteun yang sama-sama ada di Bogor. Karena Prasasti yang berada di Daerah Batutulis ini berisi hal yang lebih kompleks.

Adanya prasasti batu ini merupakan sebagai simbol dan bukti berdirinya Ibukota Pajajaran yaitu di Daerah Pakuan, Bogor.

Berikut akan kami bagikan info penting terkait dengan sejarah, daya tarik, isi, dan lokasi prasasti peninggalan Kerajaan Padjajaran ini.

Sejarah Tentang Prasasti Batu Tulis

Sejarah Prasasti Batu Tulis

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Prasasti Batu Tulis adalah salah satu cagar budaya Indonesia. Situs Prasasti Batu Tulis merupakan peninggalan dari Kerajaan Pajajaran. Pembuatan prasasti ini sudah sangat lama, yaitu sejak tahun 1533 M.

Pada masa itu, Raja Surawisesa merupakan penerus Kerajaan Pajajaran. Beliau menjabat dari tahun 1521 M sampai 1535 M. Pada masa pemerintahan beliau, prasasti ini dibuat.

Beliau membuat prasasti ini sebagai pengingat dan mengenang kebesaran ayahandanya, Sri Baduga Maharaja ketika memimpin kerajaan pada tahun 1482-1521 M. Sri Baduga Maharaja tak lain adalah figur terkenal Prabu Siliwangi.

Terkait dengan sejarah Prasasti Batu Tulis, ini ada kaitannya dengan masa kejayaan Prabu Siliwangi. Dulu, Kerajaan Pajajaran berkembang pesat di bawah pemerintahan Prabu Siliwangi.

Oleh karena itu, konon katanya kekuatan dan keagungan Prabu Siliwangi bersemayam di dalam batu ini.

Banyak yang lalu percaya bahwa prasasti ini memiliki kekuatan untuk melindungi kerajaan dari musuh. Prasasti ini juga konon dapat memberikan kekuatan kepada pemimpin yang sedang menjabat pada masa itu.

Daya Tarik Wisata Sejarah Prasasti Batu Tulis

Wisata Sejarah Prasasti Batu Tulis

Sebagai pecinta sejarah, Anda tentu tertarik dengan prasasti ini. Faktanya, prasasti batu ini memang memiliki daya tarik. Misal dari segi visualisasinya. Lalu isi prasasti.

Pengunjung juga dapat menyaksikan benda-benda sejarah lainnya yang ada kaitanya dengan prasasti ini. Kebetulan benda-benda ini terletak di kawasan wisata sejarah yang sama dengan prasasti ini. Nama tempatnya adalah Istana Batutulis.

Berikut merupakan sejumlah daya tarik pada prasasti dan benda-benda sejarah lainnya. Mari kita simak bersama-sama.

Menyaksikan Keindahan Prasasti

Prasasti dengan nama Batu Tulis ini terletak di dalam sebuah bangunan khusus yang berada di Jalan Batutulis. Batu yang menjadi media penulisan aksara ini berupa batu Andesit berwarna abu kehitaman.

Bentuknya meruncing ke atas dengan goresan berlafalkan aksara Sunda Kuno dan Jawa Kuno. Aksara tersebut berwarna putih dan berukuran rata-rata 3 cm, membuatnya tampak kentara di atas permukaan batu hitam.

Museum Prasasti

Seperti Museum Taman Prasasti, Anda juga akan menjumpai museum prasasti yang kita sebut Istana Batutulis. Lokasinya berada di luar area prasasti. Kompleks bangunan ini berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Sunda.

Anda bisa menemukan 15 jenis batu di area situs ini. Adapun batu tersebut terdiri dari 6 buah Batu Cungkup, 8 buah batu di serambi dan halaman.

Terakhir 1 buah batu di teras Cungkup. Batu-batu ini menyimpan sejarah panjang yang tak lepas dari Kerajaan Pajajaran.

Batu Tapak

Sudah menjadi hal biasa jika raja-raja pada masa lalu mencetak telapak kaki mereka di atas batu. Di lokasi wisata ini Anda juga akan menjumpai benda sejarah yang berupa batu tapak kaki.

Jejak telapak kaki raja ini merupakan peninggalan sejarah yang berharga. Dan pada situs ini, jejak telapak kaki raja yang teridentifikasi adalah jejak kaki milik Prabu Surawisesa.

Batu Gigilang

Selain Batu Tapak, terdapat batu bekas sandaran tahta bagi raja yang dilantik. Namanya adalah Batu Gigilang. Bentuk batu ini seperti singgasana. Zaman dahulu,  penobatan raja baru dilaksanakan di sini.

Di sekitar tempat wisata Bogor murah ini, ada pula meja batu bekas tempat sesajen. Pada setiap upacara perayaan penting kerajaan, mereka menyajikan makanan dan sesajen di atas meja batu ini.

Batu Lingga

Batu Lingga  merupakan bekas tongkat pusaka Kerajaan Pajajaran dengan tinggi sekitar 200 meter. Tongkat antik ini melambangkan kesuburan dan kekuatan kerajaan. Anda bisa menjumpainya berdiri tegak lurus di sekitar prasasti.

Batu Berbentuk Makam

Lahan seluas 17×15 meter ini juga menyimpan batu prasasti di luar ruangan. Prasasti batu tersebut berbentuk makam. Dasarnya bebatuan dan kanan-kirinya batu persegi panjang menyerupai nisan.

Tetapi ini tempat ini bukanlah sebuah makam. Ini hanya sebagai peninggalan kerajaan zaman dulu. Dua batu yang tegak berdiri tersebut konon dahulu berfungsi untuk mengikat kuda.

Makna Isi Prasasti

Pada intinya, ada 3 hal utama pada isi Prasasti Batu Tulis ini. Pertama, tentang permohonan keselamatan kepada Dewa.

Kedua, peringatan untuk pemimpin Sri Baduga Maharaja. Ketiga, perintah untuk membuat parit sebagai benteng pertahanan.

Fasilitas di Istana Batutulis, Tempat Prasasti Batu Tulis

Meski biaya masuknya gratis, bukan berarti prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran ini tidak menarik. Pengelola wisata menyediakan fasilitas yang memadai sebagai dukungan kenyamanan pengunjung yang hadir.

Adapun fasilitasnya yaitu toilet dan area parkir. Lahan parkirnya cukup luas hingga bisa menampung kendaraan sekelas bus pariwisata.

Di sekitar kompleks wisata juga terdapat beberapa penjual souvenir seperti gantungan kunci yang bisa menjadi oleh-oleh khas Bogor selain makanan.

Menariknya, sebagai peninggalan sejarah Hindu-Budha, kawasan wisata ini masih menyediakan area mushola untuk umat muslim melakukan sholat. Sehingga Anda tak perlu susah-susah mencari masjid ketika berkunjung saat jadwal sholat.

Fasilitas terakhir yang wajib wisatawan manfaatkan adalah beberapa warung makan sederhana di depan tempat wisata. Pilihan menunya beragam, mulai dari toge goreng, asinan, dan makanan khas Bogor yang terkenal lainnya.

Harga Tiket Masuk Lokasi Istana Batutulis

Melihat replikasi prasasti dan belajar terkait sejarah Kota Bogor di sini dapat Anda lakukan secara gratis. Cagar budaya ini tidak menarik tarif tiket masuk Prasasti Batu Tulis. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ketika berkunjung di destinasi ini.

Dengan kata lain, wisata sejarah ini bisa menjadi alternatif tempat liburan hemat. Kalau Anda sudah menyiapkan budget khusus liburan ke sini, uang tersebut bisa Anda alokasikan untuk mencicipi wisata kuliner di Bogor yang lagi hits.

Rute Menuju Lokasi Prasasti Batu Tulis

Lokasi Prasasti Batu Tulis

Lokasi Prasasti Batu Tulis Bogor ini terletak di Jalan Batu Tulis No. 54, RT 02/RW 02, Desa Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Letaknya berada di pusat Kota Bogor, sehingga Anda menjangkaunya dengan akses sangat mudah.

Beberapa transportasi umum bisa mengantar Anda ke lokasi ini, misalnya menaiki angkot jurusan Bogor-Ciampea. Waktu perjalanannya sekitar 20 menit.

Angkutan jurusan Sukajadi-Bubulak juga bisa jadi alternatif. Nanti tinggal turun di Jalan Merdeka.

Tapi liburan paling nyaman tetap menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan luar kota, Anda bisa menggunakan rental mobil Bogor 24 jam untuk berkendara menuju tempat wisata tujuan.

Bagi pengendara roda empat, gunakan lajur Tol Jagorawi-Bogor menuju Bogor Selatan di mana prasasti ini berdiri.

Setelah keluar pintu Tol Bogor, belok kiri sampai Bundaran Persimpangan Tajur. Kemudian belok kanan dan ikuti jalan sampai masuk kompleks situs sejarah ini.

Jika Anda berencana liburan bersama rombongan, fasilitas transportasi yang Anda pesan akan kami sesuaikan dengan kapasitas demi kenyamanan. Selain bus pariwisata dan Elf, kami juga akan rekomendasikan layanan rental Hiace di Bogor yang tak kalah berkualitas.

Jam Operasional Istana Batutulis

Anda dan pengunjung lain dapat mengunjungi lokasi disimpannya prasasti ini hari apa saja.

Lokasi wisata sejarah ini beroperasi setiap Senin hingga Minggu dan juga hari libur nasional. Untuk jam operasional Prasasti Batu Tulis biasanya dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Sebaiknya berkunjung dengan waktu lebih awal. Tujuannya agar Anda bisa berkeliling melihat-lihat peninggalan sejarah dengan santai dan sekaligus bisa belajar melalui papan informasi yang tertera.

Demikian informasi penting yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum berkunjung ke obyek wisata ini. Adapun paket perjalanan nyaman dan murah bisa Anda dapatkan melalui biro wisata terpercaya.

Salsa Wisata telah menangani berbagai perjalanan liburan di obyek wisata terkenal di Indonesia. Fasilitasnya sesuai dengan harga paket wisata terbaik bagi Anda yang ingin traveling secara puas ke situs sejarah Prasasti Batu Tulis.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)