SalSari Resto & Coffee

Sudah lama Pulau Seribu menjadi destinasi wisata andalan warga Jakarta dan kota lainnya. Di kabupaten ini ada banyak sekali pulau-pulau kecil baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni seperti Pulau Semak Daun.

Baik yang berpenghuni maupun tidak, keduanya memiliki potensi wisata yang mengagumkan. Di antaranya adalah keindahan pantainya dan juga kesuburan pulau serta kejayaan alam bawah lautnya.

Sekilas Tentang Pulau Semak Daun

Wisata Pulau Semak Daun Kepulauan Seribu ini memang belum setenar pulau lainnya seperti Pulau Pari atau Pulau Pramuka. Tapi bukan berarti pulau kecil ini tidak memiliki keistimewaan.

Justru sebaliknya, pulaunya tidak berpenghuni sehingga jauh dari kehidupan manusia. Kawasan pulau sangat alami dan terjaga dengan baik. Pantainya bersih dengan pasir putih lembut dan air berwarna hijau toska.

Selain itu, jarang wisatawan yang datang ke sini sehingga seperti sedang berada di private island. Anda bisa benar-benar menikmati waktu libur di pulau ini tanpa gangguan kehadiran siapapun.

Pulau kecil ini memang sangat layak dan recommended untuk Anda berlibur. Suasananya yang tenang dan damai dapat menghilangkan segala beban pikiran. Tempat wisata Jakarta Utara ini adalah spot terbaik untuk segarkan kembali pikiran dari segala keramaian kota.

Harga Tiket Masuk Pulau Semak Daun

open trip pulau semak daun

Untuk memasuki kawasan pulau ini, pengunjung harus membayar retribusi terlebih dahulu. Harga tiket masuk Pulau Semak Daun sangat terjangkau. Tapi harga tersebut belum termasuk biaya transportasi.

Berikut ini adalah informasi harga tiket Pulau Semak Daun dan juga kisaran biaya transportasi ke wisata pulau eksotis ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp35.000,00
Transportasi dari Marina Ancol ke Pulau Pramuka Rp200.000,00
Transportasi dari Pulau Pramuka ke Semak Daun Rp100.000,00

Harga bisa berubah dan tergantung jenis kapal serta kapasitasnya. Dari Jakarta ke Pulau Pramuka bisa menggunakan speed boat atau kapal ferry. Jika menggunakan kapal ferry harganya akan lebih murah.

Rute Menuju Lokasi Pulau Semak Daun

harga tiket masuk pulau semak daun

Alamat Pulau Semak Daun terletak di Pulau Panggang, Kep. Seribu Utara, Kab. Kep. Seribu, DKI Jakarta. Hanya saja tidak ada transportasi langsung dari Jakarta ke lokasi wisata tersebut.

Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan paket wisata dari Salsa Wisata dengan dua kali penyeberangan. Pertama, wisatawan akan menyeberang dari Jakarta menuju Pulau Pramuka terlebih dahulu baik dengan menggunakan speedboat atau kapal ferry.

Kedua, dari Pulau Pramuka menyeberang dengan perahu kayu menuju Semak Daun. Untuk start-nya, tergantung pilihan paket wisatanya. Biasanya pemberangkatan akan dimulai dari Pelabuhan Marina Ancol.

Bagi yang tidak menggunakan layanan paket wisata atau tidak mengikuti open trip, Anda bisa manfaatkan jasa rental mobil Jakarta murah. Seorang driver akan mengantarkan Anda ke Pelabuhan Marina Ancol. Baru kemudian sewa ferry atau speed boat secara mandiri.

Daya Tarik Pulau Semak Daun

Pulau kecil dan tidak berpenghuni ini selalu menjadi incaran wisatawan yang ingin merasakan berlibur di tempat yang sunyi dan tenang. Sebab, ada cukup banyak yang bisa wisatawan lakukan mulai dari bersantai hingga berkemah.

Santai Menikmati Keindahan Pantai

biaya kepulau semak daun

Pantai ini sangat eksotis. Wisatawan dapat melihat pemandangan 360 derajat yang mempesona. Sejauh mata memandang, semua terlihat sangat indah dan spektakuler. Tempat ini memang sangat pas untuk menikmati hari libur.

Pasirnya berwarna putih bersih dan lembut di kaki. Air pantainya jernih dan bening dengan warna hijau toska. Bahkan, Anda bisa melihat dasar pantai dengan mata telanjang. Nuansanya juga tenang karena hanya ada sedikit wisatawan di sini.

Perpaduan antara garis pantai berpasir putih dan air jernih berwarna hijau toska ini sangat memukau. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai sambil bermain dengan air yang ombaknya sangat tenang.

Pantainya bahkan jauh lebih indah dari Pantai Kuta Bali. Sebab, pantai di Semak Daun ini masih terjaga alami. Terumbu karang dan ikan-ikan hidup dengan lestari di perairan pulau ini.

Snorkeling dan Diving Seru

wisata pulau semak daun

Lautnya tenang dan cenderung tidak ada ombak. Kualitas airnya juga jernih dan sangat bening sehingga sangat perfect untuk olahraga snorkeling dan diving.

Perahu kayu akan mengantarkan Anda ke beberapa spot snorkeling dan diving terbaik di dekat pulau. Ya benar, di pinggir pantai juga cocok untuk snorkeling, hanya saja di spot khusus snorkeling ini akan suguhkan view bawah laut yang jauh lebih menakjubkan.

Untuk snorkeling, Anda hanya akan melihat kerajaan bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut lainnya dari permukaan. Berbeda dengan diving di mana Anda bisa menyelam lebih dalam untuk menyaksikan surga bawah laut.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Dermaga adalah salah satu spot favorit wisatawan untuk melihat sunrise maupun sunset. Jika ingin berburu sunrise, maka sebelum matahari terbit, atau selepas Subuh, datanglah ke area dermaga.

Begitu juga jika ingin berburu sunset di Semak Daun. Selepas Ashar sudah harus ada di dermaga atau spot sunset lainnya. Tapi, ada satu opsi lagi untuk berburu sunrise yang sempurna, yakni dengan menyewa perahu.

Jika menggunakan perahu, maka Anda bisa memilih spot di tengah laut. Di spot ini, Anda akan menyaksikan sunset atau sunrise utuh dan sempurna tanpa ada halangan objek lainnya.

Setelah selesai kegiatan wisata di pulau ini, kembali lagi ke Pulau Pramuka dan jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jakarta terdekat. Ada banyak kios oleh-oleh di Pulau Pramuka mengingat pulau tersebut adalah pusat administrasi.

Camping di Semak Daun Camp

semak daun camp

Berbeda dengan pulau lainnya yang lebih banyak menyediakan penginapan, di Semak Daun belum ada fasilitas penginapan atau resort. Meski begitu, banyak wisatawan yang lebih memilih untuk mendirikan tenda di sini.

Ya, pulau cantik nan eksotis ini memiliki area camping khusus yang dinamakan Semak Daun Camp. Area ini dekat dengan pantai. Tentunya segala peralatan dan perlengkapan camping harus Anda bawa sendiri.

Selama camping, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru. Misalnya, memancing ikan, berenang, dan mengolah ikan hasil memancing selezat olahan menu di pusat wisata kuliner Jakarta malam hari terkenal.

Fasilitas di Pulau Semak Daun

pulau semak daun kepulauan seribu

Walau ukuran pulaunya tidak terlalu luas dan tidak berpenghuni, bukan berarti tidak ada fasilitas di pulau ini. Fasilitasnya cukup lengkap. Terdapat kamar mandi atau toilet, dermaga, area snorkeling dan diving, dan perahu.

Untuk penginapan dan sejenisnya tidak ada, sehingga jika datang ke sini sebaiknya membawa bekal makanan atau snack sendiri. Atau opsi lainnya adalah berbelanja sejumlah makanan dan minuman saat transit di Pulau Pramuka.

Bukan rahasia lagi bahwa di Pulau Pramuka terdapat banyak sekali pilihan tempat makan yang bahkan menjual aneka menu makanan Jakarta khas dan kuliner Nusantara.

Hal yang serupa juga berlaku bagi Anda yang ingin camping, snorkeling, dan diving. Anda bisa menyewa perlengkapannya saat mampir di Pulau Pramuka.

Jam Buka Pulau Semak Daun

Pulau ini buka setiap hari tanpa terkecuali hari libur nasional. Jam buka Pulau Semak ini selama 24 jam. Hanya saja transportasi dari Marina Ancol ke Pulau Pramuka ada jadwal tersendiri. Begitu juga penyeberangan dari Pulau Pramuka ke lokasi.

Salsa Wisata dapat membantu Anda untuk mengatur jadwal pemberangkatan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Anda hanya perlu memilih paket wisata yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Rata-rata tarif paket wisata ke Pulau Semak Daun Jakarta ini terjangkau. Jadi, Anda pun bisa dapatkan kesempatan liburan hemat dan fun. Jika berminat dengan paket wisata ini, tak perlu buang waktu lagi. Silahkan segera lakukan reservasi.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)