earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada sebuah selat yang menghubungkan dua tempat wisata terkenal Bali-Banyuwangi. Tepat sekali! Selat Bali namanya. Selat ini jadi satu-satunya pemisah sekaligus penghubung keindahan dari kedua daerah tersebut.

Lautannya membentang dari Pelabuhan Ketapang hingga ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kawasan ini menjadi akses utama untuk rute perjalanan dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya melalui jalur laut atau darat

Selatnya sendiri memiliki panorama laut yang sangat indah. Apalagi di sekitarnya terdapat sejumlah tempat wisata yang sedang hits di kalangan para wisatawan. Hal ini membuat popularitas selat ini semakin meningkat.

Sekilas Tentang Selat Bali

Selat pemisah Pulau Jawa dan Pulau Bali ini membentang luas sekitar 82 KM. Kedalaman rata-ratanya mencapai 50 meter. Selat ini menjadi tempat hilir-mudik transportasi laut, terutama kapal ferry.

Kapal-kapal ferry ini tidak hanya mengangkut penumpang saja, melainkan juga berbagai jenis kendaraan seperti motor, minibus, mobil, truk, dan bus.

Selain kapal ferry, kawasan lautnya juga menjadi rute utama bagi kapal tongkang yang ingin menyeberang dari Bali ke Banyuwangi atau sebaliknya.

Anda pastinya tahu bahwa kapal tongkang adalah kapal berukuran besar. Kapasitasnya sangat besar sehingga sering dimanfaatkan untuk mengangkut barang berukuran besar atau barang dalam jumlah banyak.

Kabarnya, di selat ini akan menjadi lokasi proyek pelabuhan wisata di Banyuwangi yang menghubungkan pelabuhan di Bali hingga Labuan Bajo.

Proyek ini rencananya akan berdiri di atas lahan dengan luas 44.2 Ha. Lokasinya sendiri berada di sekitar kawasan Pantai Boom.

Menariknya lagi, pelabuhan wisata ini nantinya juga akan berintegrasi dengan sejumlah tempat lain yang juga memiliki potensi pariwisata besar. Sebagai contoh Karimun Jawa, Tenau Kupang, dan Lombok.

Dan tahukah Anda bahwa selat penghubung Pulau Jawa dan Pulau Bali ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Hal ini terbukti dari banyaknya pantai-pantai cantik di masing-masing sisi pulau.

Sedang di sisi Pulau Bali, ada Pantai Gilimanuk dan Pulau Menjangan yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Harga Tiket Masuk Wisata Dekat Selat Bali

Tidak ada tarif tiket masuk untuk berkunjung dan liburan di selat ini. Tiket masuk hanya berlaku apabila Anda memasuki tempat wisata Banyuwangi atau tempat wisata Bali yang ada di selat ini.

Tarif tiket tempat wisata untuk tiap daerah juga berbeda. Ada yang tanpa pungutan biaya tiket dan ada juga yang berbayar. Berikut kami informasikan tarif tiket terupdate untuk masing-masing tempat wisata di sekitar selat ini:

Objek Wisata Retribusi
Pantai Watudodol Rp5.000,00 per orang (weekday)

Rp7.000,00 per orang (weekend)

Pantai Cacalan Gratis
Pantai Dermaga Cinta Gratis
Pantai Boom Rp.10.000,00 per orang (weekday)

Rp15.000,00 per orang (weekend)

Bangsring Underwater Rp2.000,00 per orang
Sewa Jeep Rp300.000,- Rp500.000,00
Pulau Tabuhan Gratis
Pantai Gilimanuk Gratis
Pulau Menjangan Rp15.000,00 per orang

Biaya tiket di beberapa tempat wisata berbayar seperti Pulau Menjangan, Pantai Boom, dll dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk update harga tiket terkini agar Anda bisa mempersiapkan budget dengan baik.

Anda juga bisa menjadikan daftar tarif tiket di atas sebagai referensi sebelum Anda memutuskan liburan di sekitar selat ini.

Objek Wisata Dekat Dengan Selat Bali

Selat penghubung Banyuwangi-Bali ini memang menyajikan panorama alam bahari yang menakjubkan. Dari kejauhan, tampak Pulau Bali atau sebaliknya, tampak Pulau Jawa; tergantung dari sisi mana Anda melihat.

Selain panoramanya, selat ini juga terlihat lebih menarik dengan hadirnya sejumlah tempat wisata terdekat. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan selat ini:

Pantai Watudodol

Pantai Grand Watudodol

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata pantai ini hanya berjarak 7 KM dari Pelabuhan Ketapang, atau sekitar 10 menit jika Anda tempuh dengan kendaraan pribadi. Lokasi pantai ini ada di Dusun Bangsring, Kecamatan Wonorejo.

Nama Watudodol ini sendiri terinspirasi dari adanya batu karang berukuran besar yang terletak di tepi pantai. Bentuknya panjang dan sangat mirip dengan dodol, salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi.

Pantai ini tidak memiliki pasir. Hanya saja areanya penuh dengan karang dan koral. Arus dan ombaknya pun besar sehingga sangat tidak nyaman serta berbahaya untuk berenang di pantai ini.

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan

Kawasan wisata pantai ini jauh lebih dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Jaraknya sekitar 6 KM saja. Lokasi pantai ini ada Kecamatan Kalipuro.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang hitam. Ombak di pantai ini juga cukup bersahabat sehingga cenderung lebih aman untuk berenang atau bermain air.

Kemudian dari segi fasilitas, pantai ini masuk dalam kategori pantai berfasilitas lumayan lengkap. Anda bahkan bisa menjumpai area bermain dan sentra wisata kuliner khas Banyuwangi di sini.

Pantai Dermaga Cinta

Pantai Dermaga Cinta

Dari namanya saja terdengar sangat unik dan romantis. Demikian juga dengan suasana yang tercipta saat berada di pantai ini.

Tempat wisata pantai ini berada di lokasi yang sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Tepatnya sekitar 2.4 KM dari pelabuhan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah adanya jembatan atau dermaga yang langsung mengarah ke laut lepas.

Pantai Boom

Pantai Boom

Wisata pantai ini sangat terkenal di Banyuwangi. Dahulu, pantai ini adalah sebuah pelabuhan. Aktivitas di pelabuhan yang kian hari kian berkurang menjadikan area pantai ini sepi lalu ditinggalkan.

Jika Anda berada di sini lalu melihat ke arah Timur, Anda akan melihat Pulau Dewata dari kejauhan.

Bangsring Underwater

Nah, untuk tempat wisata ini, Bangsring adalah tempat yang sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Di sini, wisatawan dapat menjajal aktivitas snorkeling atau berenang.

Satu hal yang paling menarik di sini adalah kehadiran hiu-hiu yang juga akan menjadi “teman” Anda saat sedang berenang.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Ini adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Letaknya persis di tengah selat. Pulau mungil ini dapat Anda kunjungi dengan menggunakan speedboat baik dari Bali maupun dari Pantai Bangsring, Banyuwangi.

Bak pulau pribadi, wisatawan bebas snorkeling, diving, berenang, berjemur, atau bahkan keliling pulau dengan jalan kaki.

Fasilitas di Sekitar Selat Bali

Di masing-masing poin penyeberangan, baik di Pelabuhan Gilimanuk maupun Pelabuhan Ketapang, terdapat sejumlah fasilitas umum. Contohnya saja area parkir dan toilet umum yang kondisinya bersih.

Wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas pendukung lainnya seperti klinik, mushola, playground, dan bahkan ruang laktasi. Semua fasilitas ini tersedia demi kenyamanan para wisatawan.

Lokasi & Rute Menuju Selat Bali

Selat ini terletak di antara Pulau Jawa, khususnya Banyuwangi, dan Pulau Bali. Sebagai akses utama menuju dua destinasi wisata terkenal, masing-masing sisi selat didukung oleh Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang.

Kedua pelabuhan ini berada di lokasi yang strategis. Anda dan juga wisatawan lainnya pun dapat mengaksesnya dengan sangat mudah meski dengan kendaraan sewa sekalipun.

Berbicara soal jasa rental kendaraan, Salsa Wisata telah hadir dengan layanan rental mobil dan bus terlengkap.

Melalui paket rental yang Ada, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendukung perjalanan wisata Anda selama di Banyuwangi. Adapun salah satu contoh paket yang tersedia di tempat kami adalah paket rental hiace premio Banyuwangi. Paket ini sangat cocok untuk trip privat seperti trip dalam rangka bulan madu.

Jam Operasional Selat Bali

Kawasan selat akan selalu terbuka untuk publik setiap hari selama 24 jam. Jadi, hampir sehari penuh, baik di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk akan ada aktivitas penyeberangan puluhan kapal ferry setiap harinya.

Selat Bali pasti akan menjadi tempat yang selalu ada di benak kita saat kita akan liburan ke Bali atau Banyuwangi. Dari sinilah perjalanan liburan Anda bermula

Dengan dukungan sejumlah tempat wisata di sekitarnya membuat selat ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan nama-nama objek wisata tersebut.

Bisa jadi nantinya selat ini akan menjadi tempat wisata terkenal yang tak luput masuk dalam list paket tour banyak biro perjalanan seperti halnya Bali atau Lombok.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)