SalSari Resto & Coffee

Tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang indah, ternyata Kota Pacitan juga memiliki sungai eksotis mirip hutan tropis Amazon, yaitu Sungai Maron Pacitan. Sungai ini kini menjadi salah satu tempat wisata kekinian Pacitan yang hits dan terkenal.

Mengarungi sungai dengan perahu memberi suasana menyenangkan seperti di Sungai Amazon. Bagian kanan dan kiri sungai penuh dengan pepohonan, termasuk pohon kelapa yang tumbuh tinggi berjajar dan semak-semak.

Aliran sungai yang berwarna kehijauan menambah pengalaman seperti benar-benar di alam liar. Di rute sepanjang 4.5 kilometer tersebut, pengunjung akan terus melihat nuansa hutan yang sangat menantang.

Jika Anda sedang memiliki waktu senggang maka segera atur jadwal pergi ke tempat ini. Namun, jika Anda ingin mencari tahu lebih jauh tentang wisata yang satu ini maka bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan merupakan salah satu objek wisata populer di Jawa Timur. Sungai ini membelah hutan tropis yang penuh dengan pepohonan rindang.

Tempat wisata alam ini sudah terbuka untuk umum sejak tahun 2012. Anda akan melihat pemandangan indah di sepanjang sisi sungai.

Selain menjadi destinasi wisata yang unik, berbagai tempat di sini juga bisa Anda jadikan sebagai spot foto. Tidak heran, banyak wisatawan dari kalangan anak-anak muda yang sering berkunjung untuk rekreasi dan hunting foto.

Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan Anda ketika berada di Pacitan selain Pantai Klayar. Anda akan takjub dengan panorama alamnya yang sangat mempesona.

Harga Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

Tiket masuk ke kawasan wisata Sungai Maron Pacitan cukup murah. Namun, Anda juga harus menyiapkan uang untuk menyusuri sungai menggunakan kapal. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Sewa Kapal Rp100.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Rute Menuju Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat kota, atau kira-kira 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Rutenya bisa melalui Jalan Kolonel Sugiono kemudian menuju Jalan Nasional III di Kradenan.

Setelah itu belok ke kanan menuju Jalan Nasional III dan ambil arah menuju Jalan Pringkuku dan kemudian pilih akses menuju ke lokasi tujuan.

Rekomendasi bagi Anda yang ingin pergi ke tempat ini adalah menggunakan layanan rental mobil plus driver dari Salsa Wisata. Anda hanya perlu duduk manis sampai di tujuan.

Fasilitas Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan menyediakan fasilitas yang akan memanjakan para pengunjungnya. Ada area parkir yang cukup luas jika Anda membawa kendaraan pribadi.

Kemudian masuk ke kawasan wisata, ada pusat informasi yang sangat penting bagi tempat rekreasi. Kemudian ada toilet yang tersedia di berbagai titik baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Ada juga mushola yang bisa Anda manfaatkan untuk menunaikan ibadah jika sudah masuk waktu sholat. Wahana perahu wisata juga tidak boleh terlupakan karena menjadi favorit pengunjung.

Seperti halnya sejumlah wisata alam lainnya, tempat ini juga menyediakan area camping dan outbound. Jadi, rekreasi Anda bersama keluarga akan lebih berwarna.

Namun, untuk mendapatkan berbagai oleh-oleh khas Jawa Timur murah seperti makanan atau souvenir, Anda bisa mencarinya di luar area wisata agar lebih banyak pilihan.

Daya Tarik Sungai Maron Pacitan

Terdapat beberapa pilihan aktivitas wisata di Sungai Maron Pacitan. Namun, yang paling favorit adalah menyusuri sungai.

Meski demikian, ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda coba seperti berenang, singgah di pantai, memancing dan tentu saja mengabadikan momen keren.

Memasuki Kawasan Wisata

kapal Sungai Maron Pacitan

Anda akan langsung melihat pemandangan alam yang sangat asri ketika memasuki kawasan wisata. Nuansa alam tersebut akan Anda rasakan sejak berada di area parkir kendaraan.

Dari pintu masuk, Anda perlu berjalan ke tepi sungai yang jaraknya hanya 20 meter saja. Sesampainya di tepi sungai, Anda bisa melihat aktivitas penduduk setempat.

Anda akan melihat deretan perahu-perahu yang bersandar di sebuah dermaga sederhana. Jika Anda menyaksikan hal tersebut, maka petualangan akan segera dimulai.

Siapkan diri Anda untuk menyusuri sungai di atas perahu. Jangan lupa untuk membawa kamera karena akan banyak sekali momen cantik yang Anda lewati.

Menyusuri Sungai

explore Sungai Maron Pacitan

Kegiatan favorit ketika berada di kawasan wisata ini adalah menyusuri sungai. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan Sungai Amazonnya Indonesia tersebut.

Anda perlu menaiki kapal milik warga dengan kapasitas maksimal 6 orang. Anda kurang lebih akan menyusuri sungai sepanjang 4.5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Bila Anda baru pertama kali melakukan hal tersebut, maka bisa menggunakan pelampung sebagai keamanan. Tidak usah repot-repot membawa dari rumah, karena banyak pelampung yang bisa Anda sewa.

Jika sudah siap, Anda akan mulai membelah kawasan hutan yang sangat rimbun. Sisi kanan dan kirinya penuh dengan pepohonan hutan tropis yang teduh dan indah.

Warga air sungai yang hijau jernih akan menambah kesan tersendiri bagi pengalaman tersebut. Anda tidak perlu terburu-buru karena banyak spot cantik yang sayang jika terlewat. Keindahan sungainya tak kalah dengan Sungai Oyo di Jogja.

Bukit Karang

gua Sungai Maron Pacitan

Ada berbagai spot menarik yang bisa Anda singgahi ketika berkeliling di aliran sungai. Salah satu yang bisa menjadi pilihan tempat berfoto adalah bukit karang.

Spot ini akan Anda temukan ketika mendekati ujung jalur wisata. Anda akan menuju ke bukit-bukit karang yang lokasinya berada di dekat pantai.

Bukit karang tersebut menghiasi berbagai sisi tempat tersebut. Berada di sana membuat Anda seolah sedang mengunjungi Phuket di Thailand.

Mencoba Ayunan

ayunan Sungai Maron Pacitan

Sudah menyiapkan kamera, bukan? Jangan sampai tertinggal, karena ada banyak sekali spot foto instagramable yang bisa Anda temui di sepanjang jalur.

Titik-titik tersebut sengaja disiapkan oleh pihak pengelola untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung. Nah, dari sejumlah tempat itulah kawasan wisata ini menjadi sangat terkenal dan viral di media sosial.

Salah satu spot foto yang paling favorit sendiri yaitu ayunan. Di sini terdapat sebuah ayunan yang berada di pohon besar dan menggantung di atas sungai.

Anda bisa duduk bersantai di atas ayunan tersebut dengan kaki menyentuh ke permukaan air sungai. Goyangkan sedikit ayunan tersebut dan tersenyum, maka hasil potret Anda akan sangat cantik.

Tempat berfoto berikutnya yang tak kalah menarik adalah latar pepohonan dan aliran air sungai tersebut. Anda bisa duduk santai di atas kapal dengan latar belakang pemandangan hutan. Berfoto di sini tak kalah menari dengan wisata Hutan Bambu Lumajang.

Memancing dan Berenang

Meski banyak yang mengatakan bahwa tempat ini sangat mirip dengan hutan Amazon, tempat ini tak memiliki satwa ganas seperti ikan piranha atau juga buaya.

Justru, Anda akan menemukan banyak jenis ikan air tawar yang sangat lezat untuk Anda santap. Untuk itu, Anda juga boleh memancing ikan dan memasak hasil tangkapan tersebut.

Beberapa ikan yang banyak pengunjung dapatkan adalah sidat, nila hingga bawal. Menyantap ikan-ikan tersebut bisa menjadi pengganti jika Anda belum mencicipi makanan khas Jawa Timur yang wajib dicoba.

Selain memancing, Anda juga bisa berenang di sungai ini. Aliran sungai yang tenang membuat banyak pengunjung yang tidak dapat menahan keinginan untuk berenang.

Ada berbagai spot yang airnya cukup dangkal. Anda bisa berenang di tempat tersebut atau lokasi yang lebih dalam. Untuk jaga-jaga, Anda juga bisa menggunakan pelampung.

Singgah ke Pantai Ngiroboyo

pantai ngiriboyo

Perjalanan menyusuri sungai tersebut akan bermuara di Pantai Ngiroboyo. Sesampainya di pantai tersebut, Anda bisa turun dan menikmati suasana pantai yang indah.

Anda bisa mengeksplor keindahan pantai tersebut setidaknya 2 jam sebelum pengemudi kapal mengajak Anda kembali ke dermaga.

Pantai Ngiroboyo memiliki keunikan yaitu menjadi tempat bertemunya pasir besi hitam dan pasir putih. Anda juga bisa melakukan aktivitas surfing, berenang, atau sekadar berjemur.

Karena keindahan dan berbagai aktivitas seru yang ada di sini maka tidak heran bahwa banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia.

Jam Operasional Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan buka setiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Bila Anda ingin mencoba menikmati keindahan Sungai Maron Pacitan, maka bisa memesan paket gathering murah dari Salsa Wisata.

Salsa Wisata merupakan biro perjalanan profesional yang sudah dipercaya menjadi teman setia para pelancong di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan pengalaman tersebut, Salsa Wisata akan memberikan layanan terbaik untuk Anda. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)