SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jogja adalah destinasi wisata favorit karena kaya akan pilihan objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata alam seperti wisata Sungai Oyo yang sudah populer bagi kalangan wisatawan.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata yang masih asri dan berudara segar.

Selain itu, salah satu dari tempat wisata di Jogja paling terkenal ini juga menawarkan pemandangan yang luar biasa yang siap memanjakan mata Anda.

Sekilas Tentang Sungai Oyo

Sungai Oyo Jogja sendiri merupakan sebuah sungai yang memiliki panjang kira-kira 1.500 meter. Anda akan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengarungi sungai ini. Adapun kedalaman sungai ini sendiri mencapai 11 meter.

Karena dalam dan berarus cukup deras,  pihak pengelola menyarankan para pengunjung untuk menggunakan pelampung saat mengarungi sungai satu ini.

Tempat wisata hits Jogja ini merupakan alternatif lain yang bisa Anda coba di kawasan tempat wisata Gunungkidul yang sudah buka setelah tutup lama karena pandemi.

Sungai ini akan membawa Anda untuk mengarungi sungai, air terjun, serta batu-batu karst yang sangat indah.

Ketika musim kemarau datang, debit air yang ada di sungai ini akan berkurang drastis sehingga arusnya tidak deras.

Namun ketika musim hujan datang, debit airnya akan meningkat serta arus airnya deras. Namun masih terbilang aman untuk mengarungi sungai ini.

Ketika berada di tengah perjalanan dalam menyusuri sungai ini, Anda akan menemukan air terjun yang sangatlah cantik.

Karena keindahan dari air terjun tersebut, banyak dari pengunjung yang berhenti sejenak untuk melompat dari atas tebing. Anda tak perlu khawatir soal keamanan karena hal tersebut aman untuk dilakukan.

Ada dua pilihan spot ketinggian untuk meloncat, yaitu lompat dengan ketinggian 4 meter dan 7 meter. Adapun waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata keren Jogja ini adalah ketika pagi hari.

Keseruan mengunjungi tempat ini tak lepas dari partisipasi masyarakat dalam mengelola tempat wisata alam jogja ini.

Peran serta dinas pariwisata Gunung Kidul juga berkontribusi dalam mengoptimalkan sungai yang memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa.

Terlebih kini sudah hadir fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap guna membuat para wisatawan nyaman dan kerasan. Seperti warung-warung kecil penjual aneka jajanan tradisional asli buatan warga setempat.

Jajanan ini sangat khas dan sulit Anda jumpai di kota Jogja. Jadi, tak ada salahnya untuk membelinya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh dari Jogja kekinian yang unik dan langka.

Daya Tarik Wisata Sungai Oyo

Wisata Sungai Oyo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata alam sungai yang satu ini menyimpan cukup banyak daya tarik. Diantaranya adalah daya tarik panorama alamnya dan kegiatan wisata yang dapat dijajal oleh para wisatawan yang sengaja datang untuk berlibur.

Kegiatan Wisata yang Menantang Adrenalin

Wisata sungai ini menyediakan peralatan khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyusuri sungai. Peralatan tersebut tak jauh berbeda seperti yang ada di Goa Pindul.

Yang menarik dari sungai ini adalah pemandangan yang lebih terbuka dan lebih menantang.

Jika Anda merupakan seorang yang menyukai kegiatan outdoor yang menantang adrenalin, Anda harus mencoba wisata susur sungai di sini.

Ketika debit air sedang dalam kondisi besar, Anda tak boleh melewatkan sensasi dan keseruan bermain rafting Sungai Oyo.

Tapi jika debit air dalam kondisi normal atau bahkan kecil, Anda bisa mencoba untuk menyusuri sungai dengan menggunakan ban tubing.

Ketika musim hujan, jarak tempuh kegiatan susur sungai, rafting, dan river tubing biasanya akan 2-4 kali lebih panjang dibandingkan dengan jarak tempuh normal. Tentu saja ini akan semakin menguji adrenalin para pesertanya.

Akan tetapi jika Anda merasa ragu serta tak memiliki cukup nyali untuk menyusuri sungai, tak perlu cemas. Karena setiap musim hujan selalu ada pengecekan terhadap debit air.

Tujuan tersebut untuk mengetahui tingkat keamanan. Jadi, selama dalam status aman, semua kegiatan wisata di dalam sungai dapat terus berlangsung.

Pesona Indah Air Terjun

Saat berada di objek wisata alam ini, Anda bisa menemukan spot utama yang akan memanjakan mata Anda. Spot tersebut adalah sebuah air terjun.

Di air terjun ini Anda bisa mengambil foto dengan menggunakan latar belakang air terjun yang sangat indah.

Jika Anda yang suka untuk melompat dari ketinggian, maka Anda bisa mencoba untuk melompat dari puncak air terjun. Ketinggiannya capai 4-9 meter.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba untuk mandi di bawah air terjun. Air yang segar tentu menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang ingin mandi di bawah air terjun.

Sebagai informasi, jika Anda ingin mandi di bawah air terjun sebaiknya tetap menggunakan pelampung. Mengingat kedalaman sungai ini mencapai 12 meter.

Perut yang mulai lapar setelah asik bermain air wajib Anda manjakan dengan aneka pilihan makanan khas Yogyakarta yang dijual di warung terdekat. Soal harga, tak perlu cemas. Murah meriah dan yang pasti rasanya lezat.

Fasilitas di Kawasan Wisata Sungai Oyo

Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo

Sungai besar yang kini menjadi destinasi wisata terkenal ini tentu lengkap dengan berbagai jenis fasilitas.

Fasilitas umum yang dapat Anda jumpai antara lain toilet, mushola, warung makan, dan tempat parkir.

Sayangnya untuk akomodasi penginapan, memang masih terbatas. Hanya ada sedikit saja referensi tempat penginapan di sekitar objek wisata alam ini. Itu pun lokasinya cukup jauh dari pusat lokasi wisata.

Hotel dekat Malioboro sering menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar wisatawan karena selain tarifnya yang bersahabat, pilihannya juga banyak.

Lokasinya yang dekat dengan Malioboro menjadi alasan utama larisnya hotel-hotel tersebut.

Untuk menunjang kegiatan wisata sungai, pihak pengelola tentu juga menyediakan sejumlah fasilitas pendukung. Misalnya pelampung, ban tubing, body rafting, vest suit, dan sepatu tahan air.

Ada beberapa ruang bilas yang tersedia untuk wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah puas basah-basahan akibat bermain river tubing, dll.

River tubing di sungai ini menjadi satu paket dengan wisata Goa Pindul. Adapun paket wisata lengkapnya meliputi  tour guide dan berbagai macam peralatan pendukung untuk menyusuri sungai.

Lain hal jika Anda bergabung menjadi peserta paket wisata dari Salsa Wisata. Selain biayanya akan lebih murah, Anda juga bisa dengan bebas jelajah wisata ke objek wisata favorit dan tempat menarik lainnya.

Sebagai contoh, Anda dapat mengajak rombongan untuk jelajah kuliner di tempat wisata kuliner Jogja malam hari yang lagi hits. Tentu pengalaman seru ini akan menambah kenangan manis Anda selama liburan di sini.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo

Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam ketika ingin masuk ke objek wisata keren Gunung Kidul ini. Sebab harga tiket Sungai Oyo Gunung Kidul gratis.

Akan tetapi ada biaya-biaya lainnya yang harus Anda bayarkan untuk bisa bermain rafting dan kegiatan seru lainnya. Berikut info selengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Susur Sungai Rp45.000,00
Arung Jeram Rp100.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga tersebut kemungkinan dapat berubah sesuai dengan kondisi tertentu. Meski begitu, Anda bisa menjadikan tarif retribusi ini sebagai referensi teranyar Anda.

Rute Menuju Lokasi Sungai Oyo

Lokasi Sungai Oyo

Lokasi Sungai Oyo tepat berada di daerah Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Jika dari Goa Pindul, sungai ini berjarak hanya sekitar 1 km saja.

Dengan lokasi yang sangat dekat ini, Anda akan dapat dengan mudah untuk menemukan lokasi sungai ini.

Jika Anda jalan dari pusat Kabupaten Kidul, kurang lebih akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Untuk mempermudah Anda untuk menemukan lokasi dari sungai ini, ada baiknya jika Anda menggunakan peta digital seperti Google Maps.

Anda bisa menuju lokasi sungai ini menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan rental mobil di Jogja lepas kunci. Adapun jalan menuju lokasi sudah beraspal dan jalannya lebar sehingga mempermudah anda untuk menuju lokasi.

Apabila Anda berangkat dari pusat Kota Jogja, mulailah perjalanan ke arah Bukit Bintang. Ikuti jalan raya menuju Wonosari. Setelah sampai di Bundaran Sinoya, ikuti papan petunjuk yang bertuliskan nama sungai tujuan Anda.

Jam Operasional Wisata Sungai Oyo

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata sungai ini, Anda bisa berkunjung kapan saja itu karena tempat ini buka setiap hari. Adapun jam operasional Sungai Oyo mulai dari 07.00 – 17.00 WIB.

Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga tercinta tanpa harus memikirkan banyak hal, Anda bisa menggunakan jasa biro perjalanan profesional seperti Salsa Wisata.

Ada berbagai macam pilihan paket wisata untuk berbagai tujuan wisata terbaik di Jogja.

Dengan penawaran harga paket wisata Jogja yang bersahabat, Anda tidak akan kecewa dengan kualitas pelayanan, fasilitas, dan rekomendasi destinasi wisata pilihan.

Termasuk ke sejumlah destinasi wisata pilihan terbaik di Jogja seperti Goa Pindul dan Sungai Oyo yang saling berdekatan. Silahkan dapatkan info terlengkapnya dengan mengunjungi situs resmi kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)