SalSari Resto & Coffee

Ada cukup banyak destinasi wisata di Bogor untuk keluarga. Tapi, Taman Buah Mekarsari adalah yang paling ikonik dan sudah menjadi salah satu yang paling legendaris.

Tempat wisata Bogor ini memiliki konsep perkebunan. Sehingga di dalamnya terdapat bunga, sayuran, buah, tanaman hias hingga tanaman tropis lainnya. Selain itu, ada banyak permainan seru untuk keluarga.

Sekilas Tentang Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari Bogor hadir atas gagasan Ibu Tien Soeharto, istri presiden Soeharto. Pembangunanya mulai sekitar tahun 1990 dan prosesnya memakan waktu hingga 5 tahun lamanya.

Sehingga pada tahun 1995 taman ini resmi beroperasi untuk umum di atas lahan seluas 264 Ha. Di dalamnya terdapat pelestarian hayati tropis dari seluruh provinsi di Indonesia.

Oleh sebab itu, destinasi wisata yang satu ini tak pernah sepi hingga saat ini. Pesona dan keseruannya tak mau kalah dengan wisata puncak Bogor. Apalagi banyak spot foto instagramable yang menarik anak-anak muda.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari

Tiket masuk Taman Buah Mekarsari sangat terjangkau karena hanya sektiar Rp35.000,00 saja per orang. Biaya tersebut juga terbilang cukup murah berkat berbagai wahana dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk  Garden Drive Thru Dewasa Rp70.000,00
Tiket Masuk  Garden Drive Thru Anak 2 – 9 Tahun Rp60.000,00
Tiket Masuk Hemat Reguler A (Tiket Masuk + Kereta Keliling) Rp35.000,00
Tiket Masuk Hemat Reguler B (Tiket Masuk + Kereta Keliling + 1 Wahana) Rp40.000,00
Tiket Hemat Reguler ATV Rp60.000,00

Rute Menuju Lokasi Taman Buah Mekarsari

Lokasi Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari terletak di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, Depok, dan Bekasi karena bisa Anda tempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam perjalanan.

Rutenya pun sangat mudah karena bisa Anda tuju menggunakan tol baik dari arah Jakarta atau sekitarnya. Anda tinggal menuju pintu keluar gerbang tol Jatikarya 1 dan langsung berbelok ke Jl. Alternatif Cibubur menuju Jl. Raya Cileungsi – Jonggol.

Untuk alternatif paling mudah lainnya tentu saja dengan memanfaatkan layanan sewa hiace Bogor terdekat. Hal ini sangat memudakan terutama jika Anda berencana membawa rombongan untuk liburan ke tempat ini.

Jam Buka Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari buka setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Selain itu, tempat ini juga buka saat hari libur nasional, dan sisa hari lainnya tutup untuk pengelolaan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari saat baru buka. Walau sebelum jam buka sudah ramai pengunjung, tapi setidaknya Anda memiliki waktu lebih lama untuk menjelajahi semuanya.

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

Fasilitas Taman Buah Mekarsari sangat lengkap dan komplit. Semua kebutuhan pengunjung untuk berlibur, bersantap makanan khas Bogor dan bersenang-senang dengan keluarga tersedia.

Fasilitas tersebut seperti mushola, area parkir, restoran, wahana seru, toilet, laboratorium pembelajaran dan banyak lagi. Bahkan ada pusat oleh-oleh seperti Bursa Buah dan Garden Center.

Daya Tarik Wisata Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari memang sangat mengesankan. Ada banyak sekali yang bisa Anda temui dan rasakan ketika berada di sini. Sehingga liburan kali ini akan benar-benar berkesan.

Taman Buah Terbesar di Dunia

Menempati area seluas hampir 264 hektar dengan 1.470 jenis tanaman buah membuat taman buah ini berbeda dari yang lain. Apalagi ada lebih dari 100.000 pohon yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pohon-pohon itu terbagi dalam kategori tanaman rempah, tanaman pangan, biofarma, sayuran, tanaman hias, tanaman industri hingga tanaman pelindung. Tentu masih banyak lagi jenisnya.

Inilah yang membuat wisata Taman Buah Mekarsari sebagai taman buah terbesar yang ada di seluruh dunia. Sehingga berkunjung ke sini menawarkan rasa bangga tersendiri.

Wisata Edukasi Seru

Wisata Edukasi di Taman Buah Mekarsari

Pengunjung, terutama anak-anak bisa belajar banyak tentang tanaman. Bahkan mereka akan mengetahui apa saja jenis tanaman langka. Selain itu, di sini juga terdapat metode penyilangan beberapa varietas tanaman buah.

Sehingga akan menghasilkan tanaman baru yang lebih unggul dari berbagai aspek daripada tanaman aslinya. Misalnya seperti Nanas Arnis, Jambu Air Cengkih, Jambu Air Toon Klow, Barbados Cherry dan lain-lain.

Dari metode penyilangan ini, pengunjung bisa bertanya bagaimana jika kita menyilangkan antara tanaman A dan B? Akan seperti apa hasilnya? Ini akan memicu rasa ingin tahu anak-anak untuk belajar tentang tanaman.

Selain penyilangan, di sini anak-anak bisa belajar bagaimana proses pembibitan berlangsung. Sehingga akan tumbuh tunas-tunas baru dan tentunya berdampak pada kesehatan lingkungan.

Serunya Wisata Air di Danau Cipicung

Bermain air tidak hanya di waterpark seperti The Jungle Waterpark Bogor, tetapi bisa di danau. Taman Buah Mekarsari memiliki danau seluas 20 hektar. Danau tersebut bernama Danau Cipicung.

Di danau ini ada banyak sekali wahana permainan air yang sangat seru sekaligus menantang. Beberapa di antara wahana tersebut antara lain ada perahu Naga, angsa air, aqua bike, kano, banana boat dan banyak lagi.

Pengunjung juga bisa menaiki perahu motor untuk mengelilingi area danau. Menaiki perahu motor ini sangat menyenangkan sekaligus cukup memacu adrenaline begitu juga dengan banana boat.

Water Kingdom Mekarsari

Seperti namanya, wahana ini berupa taman air atau waterpark. Luasnya tidak kira-kira hingga 5,2 hektar dan bisa menampung hingga 15.000 pengunjung.

Angka ini menjadikan Water Kingdom Mekarsari sebagai waterpark terbesar di Asia. Wahana permainan airnya juga sangat banyak. Beberapa di antaranya ada Lazy River sepanjang 600 meter. Wow!

Wahana air lain yang bisa Anda coba adalah Boomerang Slide. Tapi ini khusus orang dewasa sebab seluncuran air ini memiliki menara setinggi 16 meter. Bisa Anda bayangkan sensasinya ketika meluncur ke bawah.

Selain wahana air yang lengkap, di waterpark ini terdapat sebuah tower setinggi 30 meter. Pengunjung bisa naik ke atas dan melihat keindahan Kota Bogor dari atas.

Kids Fun Valley

Wahana Taman Buah Mekarsari

Seperti Kids Fun Jogja, di Mekarsari juga terdapat Kids Fun Valley. Permainan di sini sangat banyak dan menyenangkan. Beberapa di antaranya bahkan cocok untuk anak balita.

Misalnya ada Mono Rail, Bom-Bom Car, Mini GoKart, Aeroplane dan Fancy Train.  Ketika berada di sini, anak-anak pasti betah ingin mencoba semua permainan yang ada. Oleh sebab itu, jangan lupa mampir ke sini.

Wisata Outbound

Selain untuk keluarga, Taman Buah Mekarsari Bogor Jawa Barat ini cocok untuk rombongan. Ada area yang berfungsi untuk berbagai kegiatan outbound untuk anak sekolah, karyawan kantor atau komunitas.

Beberapa di antaranya adalah spider web, flying fox, rumah pohon, paintball dan masih banyak lagi. Yang jelas, kalau mau mengadakan outbound di sini tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya.

Keseruan di The Pongo Show

Taman buah ini memiliki banyak tempat seru dan selain Waterpark Kingdom, ada yang namanya The Pongo Show. Ini adalah wahana rekreasi favorit para pengunjung apalagi anak-anak.

Di sini ada pertunjukan 4 dimensi dengan skala internasional pertama yang ada di Asia. Salah satu teknologi yang ada adalah AR atau Augmented Reality yang akan membuat pertunjukan benar-benar incredible.

Pongo sendiri merupakan sosok orang utan yang ada di dalam layar. Pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan Pongo. Teknologi ini menjadikan wahana The Pongo Show sayang untuk Anda lewatkan.

Wisata Kuliner

Setelah puas menjelajah, belajar dan bermain, Anda dan keluarga bisa mampir ke restoran atau area wisata kuliner Bogor. Ada beragam menu makanan dengan cita rasa khas yang pastinya akan menggoyang lidah pengunjung.

Begitu juga dengan menu minumannya. Bahkan ada cukup banyak menu minuman sehat yang tersedia di sini dengan rasa yang enak. Anak-anak maupun orang dewasa bisa memesannya.

Agar perjalanan ke Taman Buah Mekarsari lebih aman dan nyaman, manfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Anda juga bisa ke berbagai wisata lain termasuk berkunjung ke pusat oleh-oleh Bogor.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post