SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta memang terkenal dengan pesona pantai dan gunungnya. Itulah kenapa kota wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Salah satu destinasi wisata alam Jogja terbaru yang menarik adalah Taman Wisata Kaliurang.

Seperti namanya, taman ini berada di daerah Kaliurang yang ada di kaki Gunung Merapi. Oleh sebab itu, kawasan ini sangat sejuk, asri, dan menenangkan dengan banyak pepohonan rindang di tiap sudutnya.

Sekilas Tentang Taman Wisata Kaliurang

wisata kaliurang terbaru

Kaliurang merupakan kawasan wisata alam yang berada di kawasan wisata Merapi Kaliurang. Daerah ini sudah menjadi tujuan wisata sejak zaman penjajahan.

Dulu, kawasan wisata hits Kaliurang sendiri merupakan tempat tamasya orang Belanda, etnis Tionghoa, dan kaum ningrat Jawa. Oleh sebab itu ada banyak villa bergaya kolonial di berbagai titik di Kaliurang.

Terlepas dari sejarahnya, salah satu tempat wisata di daerah ini yang menarik adalah Taman Wisata Kaliurang Sleman. Taman ini adalah ruang terbuka hijau yang menawarkan berbagai aktivitas seru untuk libur akhir pekan.

Tidak mengherankan jika setiap hari, terutama di akhir pekan, taman ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama dari kalangan keluarga. Biasanya pengunjungnya paling banyak adalah masyarakat yang ada di sekitar Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang

wisata kaliurang untuk anak

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Jogja ini dan menjelajahi semua areanya, tiap pengunjung harus membayar tiket terlebih dahulu. Adapun harga tiket masuk Taman Wisata Kaliurang sendiri sangat murah.

Ada juga biaya parkir kendaraan yang hanya dibebankan kepada pengunjung yang membawa kendaraan. Biaya parkir Taman Wisata Kaliurang ini masih relatif standar dan murah.

Berikut adalah tabel yang berisi info harga tiket dan juga tarif parkir kendaraan yang berlaku saat ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp8.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Jika Anda kombinasikan, tarif di atas tergolong sangat murah, bukan? Anda pun bisa berjelajah ke tempat wisata Kaliurang lainnya dengan sisa budget yang ada. Agar tetap bisa berhemat, Anda bisa manfaatkan layanan paket wisata Jogja murah dari Salsa Wisata.

Ada beragam opsi paket wisata dengan harga paket yang lebih terjangkau. Soal kualitas pelayanan dan fasilitas, tentu jadi prioritas. Begitu juga dengan destinasi wisata; semua adalah destinasi wisata yang sedang hits dan populer.

Rute Menuju Lokasi Taman Wisata Kaliurang

Lokasi Taman Wisata Kaliurang berada di Jl. Astomulyo No.59, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sekitar 25 km atau 1 jam dari pusat Kota Jogja.

Rutenya sangat mudah dan akses jalan juga sangat bagus. Jika dari Kota Jogja, arahkan saja kendaraan menuju objek wisata Kaliurang via Jalan Kaliurang. Letak taman ini berada di pinggir jalan, sebelum wisata Telogo Putri.

Paling mudah datang ke sini dengan kendaraan pribadi. Opsi alternatif lainnya yaitu dengan sewa mobil Xpander Jogja sehingga semua anggota keluarga bisa liburan dengan nyaman.

Daya Tarik Taman Wisata Kaliurang

Wisata di Kaliurang ini memiliki sejumlah daya tarik yang mampu menarik perhatian pengunjung. Beberapa di antaranya adalah suasana yang sejuk, tempat bermain anak, hingga berkemah.

Taman dengan Nuansa Sejuk

Kaliurang yang berada di dataran tinggi memastikan semua tempat wisata yang ada di kawasan ini menawarkan nuansa yang sejuk. Tak terkecuali taman ini. Udara di area taman sangat segar dan sejuk.

Anda juga dapat melihat ada banyak pepohonan rindang yang tumbuh di seluruh area taman. Bukan hanya pepohonan, tetapi juga rumput yang tumbuh seperti karpet membuat suasananya semakin asri.

Wajar jika tempat wisata Sleman terbaru yang satu ini menjadi magnet wisatawan untuk berakhir pekan. Pengunjung juga bisa merasakan kedamaian dan ketenangan karena jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Wahana Permainan Outbond

harga tiket masuk taman wisata kaliurang

Berikutnya, yang menjadi alasan pengunjung datang ke wisata Kaliurang untuk anak ini adalah ada banyak permainan outbond. Wahana permainan yang ada di sini di antaranya rumah pohon dan flying fox.

Untuk kedua wahana ini ada batas minimal tinggi badan dan pastinya anak-anak harus memiliki keberanian. Flying fox sendiri akan memberikan sensasi meluncur dari ketinggian dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan wahana rumah pohon Ridz High Rope menawarkan berbagai rintangan yang harus anak-anak lalui. Di antaranya seperti jaring laba-laba atau spider web, jembatan gantung, dan banyak lagi.

Wahana-wahana ini tentu banyak Anda jumpai juga di sejumlah tempat outbond terbaik di Jogja. Termasuk diantaranya ada di kawasan Kaliurang, Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul.

Serunya Bermain di Playground

Selain outbond, anak-anak bisa bermain secara gratis di area playground. Ada cukup banyak permainan yang cocok untuk anak-anak usia PAUD hingga SD. Mereka pasti senang dan betah berlama-lama di playground ini.

Apalagi area playground ini berada di atas tanah lapang dengan rumput hijau dan udara yang segar. Pepohonan di sekeliling taman juga akan membuat betah anak-anak untuk bermain dan bersenang-senang.

Sementara orang tua bisa bersantai duduk sambil mengawasi anak-anak bermain. Jika membawa tikar atau alas bisa juga mengadakan piknik sambil membawa makanan khas Yogyakarta dari rumah.

Camping Ground untuk Berkemah

jam operasional taman wisata kaliurang

Bagi anak-anak sekolah atau komunitas yang ingin bermalam di area taman bisa menyewa camping ground. Pihak pengelola telah menyiapkan sebuah area khusus untuk berkemah.

Kegiatan camping di sini aman dan fasilitasnya juga lengkap. Tapi yang pasti, udara di sini cukup dingin di malam hari sehingga harus siap dengan pakaian tebal dan hangat.

Piknik Seru

Objek wisata baru di Kaliurang ini memiliki tanah lapang yang hijau karena rerumputan. Lokasi ini cocok untuk bersantai. Anda bisa membawa tikar untuk piknik bersama dengan keluarga atau teman.

Di sini tidak ada larangan membawa makanan atau minuman dari luar sehingga Anda bebas membawa makanan atau minuman apa saja. Tapi, tetap wajib jaga kebersihan kawasan wisata taman ini.

Sambil menunggu anak-anak bermain, orang tua bisa menyiapkan tikar lengkap dengan makanan dan minuman yang dibawa dari rumah. Namun jika tak sempat siapkan bekal, Anda bisa mampir ke sentra wisata kuliner terdekat.

Bermain di Taman Oreo

taman kita oreo taman wisata kaliurang

Taman Oreo adalah wahana baru yang ada di sini. Di dalam taman biskuit ternama ini ada banyak wahana permainan untuk anak-anak. Wajar saja jika taman ini tidak pernah sepi oleh anak-anak yang bermain.

Taman Oreo ini merupakan hasil kolaborasi antara pemilik brand Oreo dengan pihak pengelola wisata taman ini. Keduanya sepakat untuk membangun area bermain anak dengan tema Oreo.

Warna biru khas kemasan produk Oreo ini terlihat mendominasi. Gambar biskuit Oreo pun bertebaran di mana-mana. Tentu saja taman bermain ini sangat unik dan bisa menjadi alternatif jika Taman Pintar Yogyakarta ramai oleh pengunjung.

Spot Foto

Sudah pasti di taman ini ada banyak spot foto untuk mengabadikan berbagai momen saat liburan bersama. Beberapa spot foto yang paling ikonik di antaranya adalah berfoto dengan patung gajah.

Patung gajah ini berukuran sangat besar dan terdapat tangga untuk naik ke atasnya. Pengunjung bisa berfoto di depan patung gajah atau naik ke atas. Selain patung gajah, spot foto lain berada di seluruh area taman.

Fasilitas di Taman Wisata Kaliurang

wisata kuliner kaliurang

Objek wisata ini adalah destinasi wisata baru tapi sudah lengkap akan fasilitas pendukung. Membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan juga betah.

Fasilitas yang ada di sini diantaranya ada area parkir, playground, toilet, wahana outbond, dan mushola. Lalu Anda juga bisa menyambangi Taman Oreo, camping ground, dan warung wisata lengkap dengan sajian lezatnya.

Warung wisata di sini didominasi oleh warung-warung milik penduduk setempat dan juga pedagang kaki lima. Meski kecil dan sederhana, menu makanan dan minuman di warung-warung ini cukup lengkap.

Jam Operasional Taman Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang terbaru ini buka dari Selasa sampai Minggu dan juga saat hari libur nasional. Jam operasional Taman Wisata Kaliurang Jogja terbatas, yakni dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB saja.

Di kawasan Kaliurang sendiri ada banyak sekali destinasi wisata baik alam, taman, waterpark, gunung, air terjun hingga museum. Bahkan ada banyak pula pilihan sentra belanja oleh-oleh khas Jogja terdekat, baik yang berupa jajanan tradisional maupun souvenir.

Oleh sebab itu, sebaiknya datang di pagi hari jika ingin berkunjung ke Taman Wisata Kaliurang. Manfaatkan saja layanan dari Salsa Wisata untuk menjelajahi destinasi wisata hits lainnya yang ada di Kaliurang dan Jogja.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)