SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Sedangkan di di utara ada Gunung Merapi yang menjadi pembatasnya. Nah, Tlogo Putri Kaliurang berada di sisi utara Jogja.

Oleh sebab itu, kawasan wisata Kaliurang ini berudara sejuk dan segar karena berada tepat di sebelah Taman Nasional Merapi. Selain itu, ada banyak wahana bahkan Anda bisa memasuki area taman nasional tersebut.

Sekilas Tentang Tlogo Putri Kaliurang

Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang Yogyakarta memiliki arti telogo yang berarti telaga dan putri yang berarti bidadari kayangan. Sehingga Tlogo Putri berarti tempat pemandian bidadari dari kayangan.

Saat ini, tempat wisata hits di Jogja ini berada di bawah naungan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Dari beberapa tahun silam sudah banyak perbaikan untuk kenyamanan para pengunjung wisata.

Di area wisata ini, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama telaga yang berpadu dengan hijaunya hutan di Taman Nasional Gunung Merapi. Udaranya segar dan ada banyak wahana permainan anak.

Harga Tiket Tlogo Putri Kaliurang

Tiket masuk Tlogo Putri Kaliurang sangat murah karena hanya Rp6.000,00 saja per orang. Dengan biaya yang murah tersebut sangat sayang jika Anda melewatkan kesempatan mengunjungi danau satu ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp6.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Bus Rp20.000,00

Nikmati juga liburan murah berkeliling Jogja menggunakan layanan paket tour wisata Jogja dari biro perjalanan terdekat. Dengan paket tersebut Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik di Jogja dengan biaya terjangkau.

Rute Menuju Lokasi Tlogo Putri Kaliurang

Lokasi Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Alamat Tlogo Putri Kaliurang terletak di Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa mengikuti rute menuju lokasi menggunakan bantuan Google Map.

Jika manual, maka arahkan saja kendaraan Anda dari pusat kota Jogja menuju Jalan Kaliurang. Lurus terus ikuti jalan hingga masuk ke kawasan wisata Kaliurang dan bertemu Tugu Elang tanda kawasan Kaliurang.

Selanjutnya tinggal ikuti tanda penunjuk jalan yang langsung mengarah menuju lokasi telaga. Secara total, jarak telaga ini hanya sekitar 25 km dari Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Agar perjalanan Anda bisa semakin mudah manfaatkan saja layanan rental innova Jogja murah yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa tiba di lokasi lebih cepat bersama sopir andal yang bertugas mengantar dan menemani perjalanan Anda.

Jam Buka Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang buka setiap hari dari pagi pukul 07.00 WIB hingga sore hari pukul 16.00 WIB. Di akhir pekan, jumlah pengunjungnya cukup ramai sehingga jika ingin sepi, datanglah di hari biasa.

Fasilitas Tlogo Putri Kaliurang

Fasilitas Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Segera agendakan untuk berkunjung ke telaga di akhir pekan nanti. Anda tak perlu ragu sebab fasilitas Tlogo Putri Kaliurang sudah lengkap. Area parkirnya sangat luas hingga bisa untuk banyak bus besar.

Mushola, warung kuliner dengan makanan khas Jogja yang enak, toilet dan mushola juga sudah tersedia. Ada wahana permainan, tempat duduk di taman, panggung hiburan, becak air, flying fox dan banyak lagi.

Daya Tarik Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang dapat menjadi destinasi wisata keluarga di akhir pekan. Anak-anak pasti menyukai berbagai wahana permainan airnya. Orang dewasa dapat menikmati suasana yang sejuk dan bisa bersantai.

Suasana Segar di Kaki Gunung

Ketika mulai memasuki wisata telaga ini, alam Merapi akan menyambut kehadiran Anda. Udara sejuk, suasana segar dan pepohonan hijau menjadi suguhan utama pemandangan di sekitar telaga.

Suasananya memang menyenangkan untuk bersantai. Jika menjelang sore, kabut akan mulai menyelimuti kawasan wisata ini. Jadi, sebaiknya datang dari pagi hari agar lebih leluasa menjelajahi kawasan wisata.

Wahana Bermain Seru dan Panggung Seni

Panggung Seni

Wisata Tlogo Putri Kaliurang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, ada taman yang berisi berbagai macam wahana permainan untuk anak-anak. Sehingga mereka tidak akan jenuh.

Beberapa wahananya ada ayunan, bianglala, jungkat-jungkit dan banyak lagi. Di sini ada becak air juga untuk para wisatawan. Becak air ini ada di atas telaga sehingga Anda bisa merasakan sensasi sejuk sambil bermain.

Selain wahana permainan, di sini ada panggung seni dengan ukuran besar. Siapapun boleh menggunakan panggung ini untuk mengasah skills. Biasanya, di akhir pekan ada banyak yang menggunakan panggung.

Ada jathilan, topeng ireng, campur sari, orkes melayu, kubro siswa dan masih banyak lagi. Sehingga ketika Anda datang ke sini, akan mendengar nyanyian dari mereka yang sedang show di atas panggung.

Spot Foto Menarik

Daya tarik berikutnya dari Tlogo Putri Kaliurang adalah ada banyak spot foto instagramable. Anda bisa berfoto dengan latar perbukitan, telaga atau di spot foto yang sudah tersedia. Misalnya seperti jembatan dekat telaga.

Jika berani Anda bisa berfoto dengan monyet liar dari kawasan hutan yang tidak terlalu agresif. Tapi jangan terlalu dekat untuk berjaga-jaga, karena bagaimanapun monyet-monyet tersebut tetap binatang liar.

Bisa juga berfoto saat naik becak air atau sambil meluncur di flying fox. Spot foto lain berada di taman yang mengelilingi area telaga. Taman ini berundak dan indah, tak kalah menawan dengan wisata alam Jogja lainnya.

Wahana Flying Fox dan Wisata Jeep Merapi

Jeep Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Untuk wisatawan yang ingin menguji adrenalin dan seru-seruan bisa mencoba wahana flying fox sepanjang 30 meter. Wahana ini ada batas ketinggian minimal jadi anak-anak di bawah batas tidak bisa.

Jika flying fox masih kurang menantang, cobalah wisata Jeep Merapi. Satu Jeep bisa untuk beberapa orang. Wisata ini bisa menjadi pengalaman berharga. Ada beberapa lokasi yang nanti Anda kunjungi.

Beberapa di antaranya ada Bunker Merapi, Museum Letusan Gunung Merapi dan banyak lagi. Di museum ini Anda bisa melihat bagaimana ganasnya abu vulkanik saat Merapi mengalami erupsi.

Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar

Di dekat area parkir kendaraan Tlogo Putri Kaliurang, Anda dapat melihat tulisan besar Taman Nasional Gunung Merapi. Ini adalah kawasan hutan yang sangat sejuk. Di dalamnya ada air terjun bernama Tlogo Muncar.

Untuk masuk ke tempat wisata alam Sleman ini ada tiket masuk sendiri. Dari pintu masuk ini Anda harus berjalan kaki menuju air terjun. Jaraknya cukup dekat dan sepanjang perjalanan ada taman serta wahana bermain.

Mulai dekat dengan air terjun, hawanya cukup dingin apalagi airnya. Air dari atas tebing ini jernih dan dingin. Jika musim kemarau, debit air sangat sedikit sekali. Sedangkan di musim hujan debitnya lebih banyak.

Kuliner di Tlogo Putri

Tentu saja, daya tarik berikutnya tempat ini adalah adalah ketersediaan tempat kuliner khas Jogja yang murah. Anda bisa mencicipi makanan dan minuman hangat termasuk secangkir kopi nikmat sembari merasakan hawa dingin dan kabut khas Kaliurang.

Makanan dan minuman di sini harganya juga murah, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan tanpa khawatir. Ada cukup banyak warung dan kios-kios yang menjual jajanan hingga oleh-oleh khas.

Jadi, selain berwisata, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Jogja sekaligus mendukung perkembangan pariwisata di sini. Ada oleh-oleh makanan atau jajanan hingga barang-barang unik dan souvenir.

Sebagai informasi tambahan, di kawasan wisata Kaliurang ini ada cukup banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Jadi, selepas dari Tlogo Putri bisa berkunjung ke tempat lainnya.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)