SalSari Resto & Coffee

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya identik dengan kota yang modern. Ada cukup banyak pilihan mall terlengkap di Surabaya yang kerap jadi destinasi wisata akhir pekan. Akan tetapi, Tugu Pahlawan Surabaya juga tak kalah menarik.

Bukan tanpa alasan kenapa Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan. Ada beragam bukti peninggalan termasuk tempat bersejarah yang menunjukkan hal tersebut. Tugu Pahlawan adalah salah satunya.

Sekilas Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

makna tugu pahlawan surabaya

Mengulas tentang Tugu Pahlawan Surabaya Jawa Timur, tidak bisa lepas dari peristiwa besar yang terjadi pada 10 November 1945. Tugu ini juga berdiri di atas lokasi yang bersejarah pada peristiwa tersebut.

Lokasi ini memiliki peranan penting untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari sekutu. Adapun keberadaan tugu ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Pembangunan tugu sendiri dimulai dari tahun 1951. Soekarno selaku Presiden Republik Indonesia menjadi figur yang meletakkan batu pertamanya. Tepat tanggal 10 November 1952 yang silam, tugu ini resmi dibuka untuk umum.

Sejak hari itu, tugu ini menjadi tempat wisata Surabaya malam hari sekaligus situs wisata sejarah bagi masyarakat Surabaya. Bahkan tidak sedikit wisatawan dari luar kota kerap datang untuk melihatnya.

Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan Surabaya

Untuk memasuki area monumen ini, pengunjung harus membayar tiket masuk Tugu Pahlawan Surabaya yang sangat murah. Tiket ini berbeda dengan tiket masuk Museum Tugu Pahlawan Surabaya yang letaknya memang berdekatan dengan tugu. Berikut daftar harga tiketnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Tugu Rp2.000,00 per orang
Tiket Masuk Museum Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Dapatkan harga lebih hemat lagi khusus bagi Anda yang mengikuti layanan paket wisata Surabaya dari Salsa Wisata. Tarif paket wisata ini nantinya sudah termasuk tiket masuk objek wisata lainnya, termasuk museum dan juga biaya parkir.

Rute Menuju Lokasi Tugu Pahlawan Surabaya

lokasi tugu pahlawan surabaya

Lokasi Tugu Pahlawan Surabaya berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. Alamat Tugu Pahlawan Surabaya ini berada di pusat Kota Surabaya sehingga sangat mudah untuk Anda jangkau.

Untuk kenyamanan, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil Surabaya murah. Terlebih Anda membawa serta keluarga untuk liburan di tengah Kota Surabaya.

Dengan solusi ini, Anda akan lebih leluasa untuk menjelajahi berbagai tempat wisata hits di Kota Surabaya. Khususnya destinasi wisata yang dekat dengan tugu dan museum kota.

Daya Tarik Wisata Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan ini memiliki sejumlah daya tarik mulai dari bentuk dan ukurannya hingga sejarah serta kisah pembangunannya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasan pengunjung untuk datang:

Landmark Kota Surabaya

Jika di Jakarta ada Monumen Nasional atau Monas, maka di Surabaya ada Tugu Pahlawan. Tugu ini sebenarnya lebih cocok dengan sebutan monumen karena bentuknya yang menjulang tinggi ke atas.

Adapun ketinggian monumen ini sendiri mencapai 41,115 meter dan bentuknya seperti paku terbalik atau Lingga. Di bagian tubuh terdapat lengkungan berjumlah 10 dan terbagi menjadi 11 ruas.

Awalnya, rencana pembangunannya tugu ini memiliki ketinggian hingga 45 meter. Hanya saja ada kekhawatiran kekokohan konstruksi yang tidak kuat menanggung beban untuk tugu setinggi itu. Oleh sebab itu, ketinggiannya akhirnya menjadi 41,115 meter atau setara 45 yard.

Angka-angka ini bukan sembarang angka. Melainkan angka-angka ini memiliki keterkaitan dengan suatu peristiwa sejarah di Surabaya. Jika Anda amati tugu ini dengan seksama, banyak unsur angka 10, 11, dan 1945 yang sarat akan makna.

Angka tersebut menggambarkan makna tugu yang gambarkan sejarah Tugu Pahlawan yang ada kaitannya dengan peristiwa Pertempuran 10 November 1945. Saat itu arek-arek Suroboyo gigih melawan pasukan sekutu yang ingin menguasai Kota Surabaya.

Museum 10 November 1945

tugu pahlawan surabaya dan museum sepuluh november

Selain Tugu Pahlawan, yang menjadi daya tarik berikutnya adalah Museum 10 November. Sama seperti Museum Sejarah Jakarta, di sini juga ada banyak benda dan informasi terkait peristiwa sejarah.

Bangunan museum ini berada di sebelah tugu, tepatnya di bawah tugu. Bentuknya unik dan ada 3 patung pemuda membawa bambu runcing di bagian depan.

Di lantai 1, ada 10 patung yang merupakan lambang perjuangan rakyat Surabaya. Selanjutnya ada ruang auditorium dan spot Bung Tomo berorasi. Di lantai 2, terdapat ruang pameran senjata, foto dokumenter, dan lain-lain.

Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan study tour anak-anak sekolah. Mereka dapat mempelajari banyak hal terkait peristiwa 10 November 1945 dan bagaimana perlawanan rakyat Surabaya waktu itu.

Wisata Kuliner

Surabaya juga terkenal dengan berbagai wisata kulinernya yang menggoda. Di sekitar kompleks tugu terdapat banyak tempat makan enak. Mereka menjajakan makanan khas Surabaya Jawa Timur dan minumannya.

Apalagi di malam hari, saat Tugu Pahlawan ini bersinar warna-warni karena sorotan lampu, pedagang kuliner pun mulai ramai. Mereka juga menghadirkan street food dengan harga terjangkau.

Jika belum puas, Anda bisa berkeliling dan akan menjumpai lebih banyak pedagang. Apalagi saat akhir pekan, jumlahnya lebih banyak dari biasanya. Pengunjung yang datang biasanya tak hanya warga lokal saja. Melainkan wisatawan dari luar kota.

Berburu Foto Instagramable

alamat tugu pahlawan surabaya

Kawasan taman, tugu, dan museum, serta patung-patung yang tersebar di kompleks tugu ini menjadi daya tarik untuk berfoto. Dengan penataan yang rapi dan angle yang tepat akan menghasilkan foto ciamik.

Apalagi dengan pemandangan taman penuh dengan rerumputan hijau membuat suasana semakin segar. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang ingin mengabadikan momen dengan berfoto di berbagai spot instagramable.

Anda bisa lihat foto-foto orang lain yang sudah berkunjung ke Tugu Pahlawan ini sebagai inspirasi. Salah satu yang paling menarik adalah berfoto dekat pilar-pilar yang berdiri kokoh.

Pilar ini berjumlah 10 dan terbagi menjadi tiga bagian; 3 pilar di kanan, 3 pilar di kiri, dan di tengah terdapat 4 pilar. Di depan pilar terdapat patung dan di depan patung pun ada semacam gapura berbentuk unik.

Fasilitas di Tugu Pahlawan Surabaya

Bagi pengunjung yang hendak datang ke Tugu Pahlawan atau Museum 10 November, tidak perlu ragu dengan layanan fasilitasnya. Fasilitas di sini cukup lengkap dan memadai.

Wisatawan akan merasa nyaman dengan fasilitas seperti area parkir luas, toilet, pedestrian, kursi taman, dan tempat ibadah. Bagi pecinta kuliner, ada warung wisata kuliner Surabaya murah meriah yang terletak di sekitar tugu yang menyajikan berbagai menu.

Jam Buka Tugu Pahlawan Surabaya

jam buka tugu pahlawan surabaya

Tugu Pahlawan buka setiap hari kecuali hari Senin dan Hari Libur Nasional. Jam buka Tugu Pahlawan Surabaya terbagi menjadi dua jadwal. Yang pertama, dari Selasa hingga Jumat, jadwal bukanya dari jam 08.00 sampai jam 14.30 WIB.

Bagi yang ingin berkunjung di hari libur akhir pekan alias Sabtu dan Minggu, jam bukanya tetap dari jam 08.00 dan berakhir jam 13.30 WIB. Dari jadwal ini Anda bisa menentukan waktu kunjungan yang tepat dan terbaik.

Usai liburan di situs wisata sejarah ini, paling asik untuk berburu oleh-oleh khas Surabaya murah. Terlebih untuk wisatawan luar kota; rasanya belanja oleh-oleh adalah hal wajib yang tak boleh mereka lewatkan.

Dapatkan berbagai kemudahan perjalanan liburan Anda dengan menjadi peserta paket wisata Salsa Wisata. Selain hemat dan berkualitas, paket wisata kami juga menawarkan paket pelayanan super lengkap.

Tak hanya lengkap akan pilihan destinasi wisata saja. Dengan reservasi paket wisata, Anda juga akan kami antarkan ke sentra oleh-oleh terkenal dan berkualitas. Jadi, tunggu apalagi? Tentukan agenda liburan ke Tugu Pahlawan Surabaya bersama kami sekarang juga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)