SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tidak ada salahnya sekali-kali habiskan waktu liburan akhir pekan Anda mengunjungi museum. Misal Anda sedang liburan di Solo, sempatkan untuk mampir ke museum unik Tumurun Private Museum.

Museum ini kerap jadi bahan perbincangan para pemerhati seni Indonesia. Tak hanya itu, museum ini juga telah menambah jumlah daftar museum unik di Solo.

Berdasarkan akun Instagram Museum Pribadi Tumurun, beberapa koleksi museum berupa karya seni instalasi seperti halnya yang ada di Museum Macan Jakarta.

Sejarah Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum adalah sebuah museum pribadi yang dicetuskan oleh H.M. Lukminto, seorang pengusaha tekstil sukses di Solo.

Museum ini resmi dibuka sekitar awal April tahun 2018 lalu dan masih berstatus private kecuali di waktu-waktu tertentu.

Dari awal rilis hingga sekarang, bangunan museum ini beserta koleksinya dikelola langsung oleh keluarga Lukminto.

Alasan utama mengapa museum ini masih bersifat private karena faktor infrastruktur museum yang masih belum memadai.

Namun bukan berarti publik tidak diperbolehkan untuk berkunjung ke tempat wisata Solo ini. Sah-sah saja untuk mengunjungi museum ini, hanya saja para pengunjung wajib memperhatikan dan mematuhi aturan yang ada.

Jika menelisik sejarah pendirian museum ini, mulanya museum milik keluarga ini terbatas untuk keluarga dan kerabat saja. Namun sejak awal April tahun 2018, museum ini akhirnya melayani reservasi kunjungan untuk publik.

Ada cukup banyak koleksi karya seni yang tersimpan dengan sangat baik di sini. Dan koleksi ini adalah koleksi pribadi keluarga Lukminto dan keturunannya.

Tak heran jika museum ini memiliki nama Tumurun karena berasal dari istilah ‘turun-temurun’ yang artinya mewariskan ke generasi berikutnya.

Sang putra lalu mendirikan museum ini untuk meneruskan hobi sang ayah yang tak lain adalah seorang kolektor karya seni.

Daya Tarik Tumurun Private Museum

Tumurun Museum Solo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Museum Pribadi Tumurun ini memiliki koleksi yang beragam. Koleksi-koleksi inilah yang kemudian menjadi daya tarik sekaligus hal utama yang membuat publik penasaran.

Berbeda dengan koleksi Museum Affandi yang sebagian besar koleksinya adalah karya lukis abstrak, museum ini lebih menampilkan koleksi karya seni modern.

Koleksi karya seni modern ini dipamerkan di dua zona yang berbeda, yaitu zona publik di lantai 1 dan zona private di lantai 2.

Adapun daftar koleksi karya yang tersimpan rapi di museum ini antara lain lukisan karya:

  • Sang maestro lukis, Affandi
  • Antonio Blanco
  • Walter Spies
  • Basoeki Abdullah
  • Raden Saleh
  • dll

Ada sekitar 100 buah karya seni yang tersimpan di lantai 1. Kemudian di bagian depan ruang, terdapat karya Floating Eyes yang sangat estetik. Floating Eyes ini adalah buah karya Wedhar Riyadi.

Di dekat Floating Eyes, pengunjung dapat melihat satu unit mobil antik Mercedes Benz keluaran tahun 1972. Ada juga sederet karya hasil tangan-tangan kreatif seperti:

  • AD Pirous
  • Handiwirman Saputra
  • Heri Dono
  • J.A Pramuhendra
  • Eko Nugroho
  • Eddy Susanto
  • Eddie Hara
  • Entang Wiharso

Fasilitas di Tumurun Private Museum

Di dalam museum ini, Anda dan pengunjung lainnya dapat menikmati sejumlah fasilitas dasar seperti area parkir, toilet, dan mushola.

Dengan adanya fasilitas ini, para pengunjung tentu akan merasa nyaman selama sedang berkunjung di museum ini.

Selain fasilitas basic, pihak pengelola museum juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Sebut saja layanan tour guide dan layanan kemudahan reservasi Museum Pribadi Tumurun.

Jika Anda lihat fasilitas-fasilitas di atas, museum ini memang unik dan jauh berbeda dengan Museum Ullen Sentalu dan museum-museum umum lainnya.

Di sini Anda tidak akan menjumpai fasilitas resto yang biasanya menjual aneka jenis makanan khas Solo.

Anda juga tidak akan menemukan fasilitas-fasilitas lainnya yang umumnya ada di wisata museum seperti loker untuk menyimpan barang-barang para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Tumurun Private Museum

Koleksi Tumurun Private Museum

Tidak ada tiket masuk yang berlaku di museum ini. Museum ini gratis untuk publik. Namun pengunjung yang ingin berkunjung ke museum ini harus melakukan reservasi atau appointment terlebih dahulu.

Caranya, lakukan reservasi secara online dengan cara mengisi formulir. Di dalam formulir ini, Anda harus mengisi nama, email, dan nomor telepon.

Kemudian, silahkan Anda tentukan jadwal kunjungan yang Anda kehendaki. Jangan lupa cantumkan jumlah dan nama orang-orang yang turut mengikuti kunjungan.

Setelah semua ini selesai, Anda tinggal menunggu email balasan dari pihak museum. Email balasan inilah yang bisa menjadi bukti Anda untuk bisa masuk ke museum

Sekedar info, selain gratis, museum ini juga terbuka untuk pengunjung dari berbagai kalangan usia. Jadi, jika Anda ingin mengajak si buah hati, tentu saja bisa.

Ada cara lainnya untuk mengunjungi museum tanpa harus reservasi, yaitu dengan cara menghadiri Open House yang diselenggarakan oleh pihak museum.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup kunjungi situs resmi museum lalu klik Event. Jika Open House tersedia dalam waktu dekat, klik Register Here. Silahkan pilih group.

Biasanya ada 10 group yang melakukan kunjungan museum dan masing-masing group berkesempatan untuk safari museum selama 30 menit.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Lokasi dan Rute Menuju Tumurun Private Museum

Lokasi Tumurun Private Museum

Museum pribadi ini terletak di jantung Kota Solo. Ada beberapa tempat wisata terdekat yang bisa Anda sasar nantinya jika berhasil mengunjungi museum ini. Sebut saja ada Monumen Pers dan Museum Batik.

Tentu kedua tempat wisata di atas juga bisa menjadi acuan untuk menentukan lokasi museum pribadi ini secara tepat.

Nah, agar lebih mudah untuk mencari titik lokasi museum ini via Google Maps, berikut kami bagikan alamat lengkapnya. Alamatnya ada di Jalan Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Lokasi ini sangat strategis dan dekat dengan pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, sentra oleh-oleh khas Solo, dan lain sebagainya.

Jika kebetulan Anda sedang berada di Kota Solo, cukup butuh waktu 6 menit saja untuk sampai di lokasi museum ini. Pilih rute via Jalan Ronggowarsito atau bisa juga via Jalan Dr. Rajiman.

Namun jika Anda ingin bersafari wisata ke sejumlah tempat wisata lainnya, agar praktis dan juga hemat, kami rekomendasikan untuk menyewa mobil di Salsa Wisata.

Kami tawarkan beberapa produk paket sewa mobil, Elf, Hiace, dan bus kepada Anda. Jika Anda pergi bersama rombongan, paket sewa Elf Short Solo pasti akan jadi pilihan yang tepat.

Jam Operasional Tumurun Private Museum

Museum Pribadi Tumurun ini buka dari Senin hingga Sabtu. Minggu tutup. Jam operasional yang berlaku di museum ini adalah dari jam 10.00 sampai jam 17.00 WIB.

Setelah mengetahui informasi singkat tentang museum ini, jika Anda berminat, silahkan Anda dapat mulai membuat rencana kunjungan ke museum ini.

Tidak mau repot reservasi lokasi? Gunakan saja paket wisata Solo murah dari Salsa Wisata. Dengan reservasi produk paket ini, Anda tak akan repot lagi soal akomodasi, transportasi, dan bahkan destinasi untuk acara liburan Anda.

Anda pun bisa tenang, santai, dan fun selama liburan di Private Tumurun Museum dan tempat-tempat wisata terdekat lainnya. Tentukan sendiri pula destinasi Anda misalnya saja seperti ke tempat wisata kuliner Solo terdekat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)