SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kisah misteri tentang Watu Dodol sudah menjadi legenda. Selain kisah mistisnya, tempat ini juga terkenal dengan keindahan pantainya.

Tempat wisata bahari ini terletak dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Jaraknya 5 KM saja. Lokasi tempat ini tepatnya ada di Dusun Basring, Kecamatan Wonorejo.

Pantai di sekitarnya menjadi suguhan indah bagi pengguna jalan Lintas Situbondo-Banyuwangi. Letaknya yang strategis juga menjadikan pantai ini seperti gerbang utama menuju Kota Banyuwangi.

Untuk Anda yang masih penasaran dengan daya tarik apa saja di pantai ini, tidak perlu khawatir. Berikut ulasan lengkap mengenai daya tarik serta info singkat seputar wisata satu ini.

Sejarah Watu Dodol

Watu dodol merupakan pintu utama menuju Kabupaten Banyuwangi. Asal-usul nama kawasan wisata pantai ini merujuk pada keberadaan batu besar yang melintang di tengah Jalan Situbondo-Banyuwangi.

Batu ini terlihat kokoh setinggi 6 meter dan memiliki permukaan yang kasar. Eksistensi batu ini sering dikaitkan dengan cerita legenda Ki Buyut Jaksa yang lalu berubah menjadi cikal bakal ritual Puter Kayun.

Kini situs bongkahan batu ini menjadi objek yang sakral oleh masyarakat setempat lantaran ada banyak kejadian ganjil di sekitarnya.

Meski terkenal angker dan penuh mistis, tempat wisata Banyuwangi populer ini tetap terlihat menarik di mata wisatawan. Batu ini seolah menjadi penanda yang ikonik terutama pada resor pantai yang ada di sekitarnya.

Asal-Usul Penamaan

Kata ‘watu’ (Bahasa Jawa) memiliki arti ‘batu’. Sedang kata ‘dodol’ artinya ‘jenang’. Dodol atau jenang ini adalah jenis makanan manis yang umumnya berbentuk persegi dan seukuran jari kelingking.

Nama tersebut diberikan, karena secara sekilas bongkahan batu besar ini menyerupai bentuk jenang, salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang legit.

Struktur Batu

Jika Anda amati dengan seksama, situs batu keramat ini sebenarnya adalah sebuah batu karang berwarna hitam. Warnanya gelap dan memiliki detail bentuk yang unik.

Struktur bagian atas jauh lebih besar bila dibandingkan dengan bagian dasarnya. Namun tetap kokoh dan tidak mudah jatuh seperti yang Anda bayangkan.

Di sisi Selatan batu ini, tumbuh tanaman kelor yang konon mampu menangkal hal-hal mistis. Tumbuhan ini pula yang memberikan kesan kuat bahwa batu ini bertuah.

Kini situs batu ini terlihat jauh lebih artistik dan asri berkat taman di sekitarnya. Dengan begitu kesan magis dan mengerikannya sedikit berkurang.

Daya Tarik Watu Dodol

Watu Dodol Banyuwangi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Situs batu ini bukan satu-satunya daya tarik di tempat wisata ini. Masih ada beberapa daya tarik lainnya yang turut mengangkat popularitas tempat wisata yang dekat dengan Selat Bali ini.

Patung Gandrung

Di area wisata ini terdapat sebuah patung penari Gandrung yang berperan sebagai patung selamat datang di Kabupaten Banyuwangi. Patung ini bisa Anda jumpai di area pantai.

Menurut mitosnya, di waktu-waktu tertentu, patung ini dapat bergerak dan menari dengan lincahnya. Ada yang mengatakan juga ekspresi wajah patung ini kerap kali berubah-ubah.

Bunker Jepang

Ada sebuah situs sejarah lainnya yang terletak tak jauh dari objek wisata batu ini. Situs tersebut adalah sebuah bunker peninggalan penjajah Jepang. Bunker ini terletak di atas bukit.

Saat ini bunker ini masih menjadi tempat yang rutin dikunjungi oleh para pertapa.

Bangunan bunker ini terdiri dari sejumlah lorong yang ujungnya saling terhubung. Jika Anda masuk ke dalam lorong, dari lorong ini Anda bisa melihat Selat Bali.

Kemudian jika Anda berdiri di puncak bukit, Anda dapat melihat view Selat Bali, Pulau Menjangan, dan juga Pulau Tabuhan.

Sumber Air Tawar

Tahukah Anda bahwa di kawasan pantai ini terdapat sebuah sumber air tawar. Tentu saja ini sangat tidak biasa dan bisa kami bilang fenomena ini adalah fenomena ajaib.

Sumber air tawar ini keluar dengan sendirinya dari bebatuan. Dan kabarnya, air ini dapat menyembuhkan segala jenis penyakit loh sama seperti Umbul Brintik.

Menikmati Pantai

Wisata pantai di sini berbeda dengan wisata-wisata pantai pada umumnya. Jika pantai pada umumnya memiliki hamparan yang luas, sedang pantai ini hanya berupa batu karang dan perairan laut.

Pantai ini juga terkenal bersih. Selain bersih, pantai ini juga menawarkan banyak daya tarik. Sunrise, view Selat Bali, dan View Taman Nasional Bali Barat hanyalah sedikit dari daya tarik yang ada di pantai ini.

Lautnya yang biru dan juga rimbunnya hutan di area perbukitan sekitar pantai juga menambah kemolekan pantai ini. Cocok sekali untuk Anda para pecinta selfie.

Di pantai ini juga terdapat sebuah petilasan yang dulunya adalah makam Syekh Maulana Ishak.

Fasilitas di Watu Dodol

Fasilitas Watu Dodol

Tempat wisata di Banyuwangi ini mempunyai daftar fasilitas yang sangat memadai. Bahkan ada sebuah resor mewah di sini.

Resor ini menawarkan tempat menginap yang nyaman dengan bonus view pantai yang sangat cantik. Selain fasilitas di atas, ada juga fasilitas mewah lainnya seperti kolam renang dan beberapa gazebo.

Di tepi pantai juga tersedia bangku-bangku untuk duduk sambil menikmati pemandangan pantai.

Masih di lokasi yang sama, yaitu tepi pantai, ada restoran dengan menu seafood dan non-seafood. Menu-menu non-seafood di sini bisa termasuk makanan khas Banyuwangi yang terkenal lezat.

Banyak juga penjual makanan dan minuman ringan di pinggir jalan dekat area pantai. Kemudian yang paling menarik adalah keberadaan spot foto helikopter di Watu Dodol Resort.

Harga Tiket Masuk Watu Dodol

Tak perlu membayar mahal untuk masuk dan menikmati daya tarik dan fasilitas di sini. Harga tiket masuknya masih sangat terjangkau bahkan untuk anak-anak muda.

Anda mungkin perlu menyiapkan budget lebih untuk mencoba aktivitas tertentu. Misalnya saja seperti snorkeling dan diving yang membutuhkan peralatan tambahan.

Berikut informasi detail seputar harga tiket masuk dan biaya lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Snorkeling Rp25.000,00
Diving Rp250.000,00

Harga tiket masuk dan biaya di atas tidak bersifat tetap lantaran dapat berubah kapan saja. Namun Anda bisa jadikan tarif di atas sebagai referensi sebelum berangkat liburan ke tempat wisata ini.

Lokasi dan Rute Menuju Watu Dodol

Lokasi Watu Dodol

Objek wisata ini terletak di Jalan Situbondo-Banyuwangi, Paras Putih, Bangsring, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Rute menuju lokasinya sangat mudah karena tepat berada di jalur lintas provinsi. Lokasi ini juga bisa Anda akses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus.

Untuk Anda yang lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, bisa berangkat dari Banyuwangi menuju arah Situbondo. Namun jika Anda menggunakan bus, bisa pilih bus antar kota dengan tujuan Banyuwangi.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kereta api, setelah tiba di Stasiun Banyuwangi, lanjut perjalanan saja ke arah Situbondo menggunakan angkutan umum.

Tentu akan jauh lebih praktis lagi jika Anda menggunakan kendaraan sewa dari Salsa Wisata. Selain pilihan paketnya beragam, tarif sewanya juga relatif terjangkau.

Misal Anda mengajak rombongan dalam jumlah besar, paket sewa Hiace Banyuwangi adalah produk paket yang paling kami rekomendasikan.

Jam Operasional Watu Dodol

Tempat wisata ini buka untuk kunjungan wisata setiap hari selama 24 jam. Artinya, pengunjung bebas datang ke sini kapan saja dan jam berapa saja.

Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang rindu dengan suasana pantai dan situs sejarah.  Selain memiliki daya tarik yang lengkap, tempat ini juga menyuguhkan fasilitas yang memadai.

Jadi tidak ada salahnya untuk memasukan Watu Dodol sebagai list kunjungan wisata Anda berikutnya. Pastikan juga Anda telah memilih paket liburan Banyuwangi dari Salsa Wisata untuk liburan yang lebih menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)