SalSari Resto & Coffee

Ada banyak sekali curug cantik di Bogor yang bisa Anda kunjungi selama liburan seperti misalnya Curug Luhur. Curug ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun tapi juga waterpark sederhana dalam satu lokasi.

Suasana alam yang masih asri sangat pas menjadi tempat Anda rekreasi bersama keluarga. Berikut ini ulasan lengkap mengenai salah satu curug apik yang bisa Anda kunjungi selama berada di Bogor ini:

Sekilas Tentang Curug Luhur Bogor

Curug Luhur

Curug Luhur merupakan curug unik dengan waterpark yang berada pada ketinggian 630 mdpl kaki Gunung Salak. Lokasi ini pun dekat dengan berbagai destinasi curug menarik lainnya seperti Curug Nangka dan Curug Pangeran.

Nama luhur sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya tinggi karena ketinggian air terjun ini mencapai 60 meter. Alirannya juga cukup deras dengan suasana sekitar yang masih terasa asri dengan udara yang sejuk.

Apalagi dengan air yang dingin dan kolam yang cukup lebar membuat tempat ini asyik untuk Anda kunjungi. Semakin seru lagi dengan kehadiran waterpark yang menjadi salah satu daya tarik utama kawasan curug ini.

Tempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari warung makan hingga penginapan semua ada. Jadi kunjungan Anda pasti bisa terasa nyaman berkat berbagai fasilitas serta wahana yang ada di sini.

Alamat Curug

Curug ini terletak di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Rute menuju lokasinya pun cukup mudah dan bisa Anda lihat di Google Maps secara langsung.

Jam Buka Curug

Air terjun ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat pagi hingga tengah hari atau lewat pukul 13.00 WIB.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 08.00 WIB – 18.00 WIB

Agar tidak repot atau kesulitan menentukan waktu berkunjung, manfaatkan saja layanan rental hiace premio Bogor terdekat. Sopir yang bertugas akan mengantar Anda berkeliling ke setiap tempat sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor

Tiket masuk curug ini sekitar Rp35.000,00 saja dan masih termasuk murah mengingat adanya fasilitas waterpark yang bisa Anda nikmati. Dengan begitu bianya sepadan dengan keseruan yang bisa Anda dapatkan di sini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp35.000,00
Tiket Masuk Weekends Rp45.000,00
Parkir Motor Rp8.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga tiket yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk harga makanan dan minuman di restoran dan warung terdekat. Jadi, ada baiknya bila Anda membawa uang lebih agar bisa membeli oleh-oleh khas Bogor.

Daya Tarik Curug Luhur Bogor

Daya Tarik Curug Luhur

Curug ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki curug-curug lainnya. Dengan mengombinasikan wisata alam dan modern. Berikut beberapa keseruan yang dapat Anda temukan di Curug Luhur Bogor.

Keindahan Alami Curug

Walau sudah terdapat banyak bangunan di sekitarnya, hal itu tidak mengurangi keindahan panorama alam di tempat wisata hits Jawa Barat ini. Air terjunnya masih mengalir deras, dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan.

Kolamnya pun masih jernih sehingga para wisatawan bebas untuk berenang dan bermain air di sini. Apalagi setelah renovasi kedalaman kolam bawah air terjun yang mencapai 15 meter bisa berkurang menjadi 7 meter.

Aliran derasnya pun sudah mulai berkurang jadi lebih aman untuk Anda bermain air. Selain itu, di sisi curug ini juga terdapat air terjun yang lebih kecil yang merupakan buatan warga sekitar agar aliran airnya tetap terjaga.

Keindahan curug ini pun tetap bisa Anda nikmati saat musim hujan tiba. Sebab aliran air terjunnya masih tetap jernih tidak keruh sama sekali meski alirannya lebih deras dari biasanya, jadi Anda bisa datang kapan saja.

Keseruan di Waterpark Mini Curug

Curug Luhur merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Sebab, anak-anak dapat puas bermain tanpa harus merasa khawatir dengan aliran di curug yang cukup deras.

Salah satunya di area waterpark mini yang terdapat di samping curug. Di area waterpark ini ada berbagai macam seluncuran yang bisa anak-anak mainkan sepuasnya dan tentu akan menambah keseruan bermain di sini.

Kolam renangnya pun tidak terlalu dalam menyesuaikan dengan tinggi badan anak-anak. Misalnya saja seperti kolam dangkal untuk balita dan kolam dengan kedalaman sedang untuk remaja maupun orang dewasa.

Air kolam ini pun menggunakan aliran langsung dari curug yang masih segar, dingin, dan bersih. Jadi, selepas berenang badan bisa terasa lebih rileks dan Anda bisa pulang dengan perasaan yang refresh kembali.

Bersantai Sambil Ngopi

Tepat di samping curug terdapat beberapa warung dan restoran yang bisa menjadi tempat bersantai Anda. Di sini, tersedia berbagai macam makanan dan minuman, namun tentu yang paling banyak adalah makanan khas Bogor.

Anda bisa duduk sambil menikmati segelas kopi hangat dan es kelapa yang segar. Sembari bersantai, Anda juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk berfoto dengan latar curug yang indah.

Ada banyak spot pilihan yang bisa Anda kunjungi jika tertarik berfoto di sini seperti patung naga. Pokoknya dengan suasana alam sekitar yang asri dan sejuk pasti membuat momen berantai Anda jadi sangat memuaskan.

Fasilitas di Curug Luhur Bogor

Fasilitas Curug Luhur Bogor

Salah satu daya tarik curug ini adalah fasilitas umumnya yang mumpuni daripada curug-curug lain dan berikut ini beberapa di antaranya:

  • Tempat parkir luas
  • Warung makanan khas Jawa Barat
  • Toilet, kamar mandi, kamar ganti
  • Kolam renang
  • Mushola
  • Penginapan villa atau homestay
  • Restoran
  • Waterpark mini
  • Gazebo
  • Spot foto

Setelah asyik bermain air dan hunting foto di Curug Luhur Bogor, sempatkan diri juga untuk mencoba wisata kuliner di Kota Bogor. Caranya bisa dengan layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Melalui berbagai paket wisata dan layanan rental yang ada, agenda liburan apapun yang Anda inginkan pasti bisa terwujud. Karena itu, langsung saja hubungi kami dan dapatkan momen liburan yang selalu Anda impikan.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)