earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kota Surabaya adalah kota destinasi wisata terkenal di Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan Taman Bungkulnya, Surabaya juga terkenal dengan kota pesisir berhutan bakau terluas dan Ekowisata Mangrove Wonorejo salah satunya.

Hampir setiap hari, terutama saat libur akhir pekan, banyak warga yang datang ke sini. Sebagian ada yang jogging di jogging track di kawasan hutan mangrove. Sebagian lainnya datang untuk bertamasya.

Hal ini wajar terjadi karena tempat wisata Surabaya ini menawarkan suasana yang teduh dan juga pemandangan hutan bakau yang hijau, efektif membuat segar pikiran siapapun yang melihatnya.

Sejarah Singkat Mangrove Wonorejo

Mangrove Wonorejo merupakan sebuah ekowisata yang terletak di Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Tempat ini adalah kawasan konservasi alam guna mencegah fenomena abrasi yang sering terjadi di Surabaya Timur.

Seperti konsep ekowisata pada umumnya, hutan mangrove ini memadukan wisata edukasi dan rekreasi. Area hutan mangrove ini memiliki luas lebih dari 200 Ha yang membentang di sepanjang garis pantai.

Sebagian kecil dari luas lahannya tersebut dimanfaatkan untuk membangun sejumlah fasilitas pendukung wisata. Misalnya saja seperti akses jalan di kawasan hutan, jogging track, dan spot foto.

Untuk tiba di lokasi hutan mangrove, para pengunjung harus menyeberangi sungai sepanjang 5.4 KM dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Di sepanjang jalan, pengunjung akan mendapat suguhan pemandangan mangrove yang rindang dan hijau.

Daya Tarik Ekowisata Mangrove Wonorejo

Wisata Mangrove Wonorejo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada cukup banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini. Salah satunya adalah menjelajahi hutan mangrove dengan menggunakan perahu seperti yang Anda lakukan di Ekowisata Mangrove Gunung Anyar.

Atau Anda juga bisa berjelajah ke area hutan bakau ini dengan cara menyusuri jalan semacam jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan ini sangat aman dan nyaman.

Dengan melalui jembatan kayu yang bercabang di beberapa tempat, Anda bisa mengakses spot-spot yang menurut Anda menarik. Kebanyakan spot foto di sini adalah spot foto kreatif seperti yang kita jumpai di wisata Dermaga Rindu.

Saat lelah, Anda dapat bersantai di rumah apung atau gazebo sambil menikmati pemandangan hutan mangrove. Anda juga boleh mencoba kegiatan menanam mangrove.

Kegiatan ini bisa jadi ajang edukasi bagi para pengunjung terutama mereka yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Wawasan luas seputar bagaimana cara menanam mangrove secara benar bisa Anda dapatkan.

Namun sayangnya kegiatan tanam mangrove ini biasanya dilakukan selama hari kerja saja. Jadi Anda harus merencankan perjalanan ini dengan sangat baik sebelum berkunjung.

Fasilitas Wisata Mangrove Wonorejo

Fasilitas Mangrove Wonorejo

Sederet fasilitas tersedia di ekowisata hutan mangrove ini. Salah satunya adalah fasilitas toilet yang berada di dekat area parkir.

Selain toilet, ada juga fasilitas mushola lengkap dengan fasilitas perlengkapan sholat dan juga tempat untuk wudhu.

Fasilitas yang tak kalah pentingnya adalah area parkir. Tempat parkir di wisata hutan mangrove ini cukup luas; dapat memuat kendaraan jenis sepeda motor dan mobil.

Fasilitas lainnya adalah warung makan dan restoran sederhana yang menawarkan berbagai menu kuliner lezat. Misalnya saja makanan khas Surabaya terkenal seperti Rawon dan Rujak Cingur.

Nah, bagi pengunjung yang ingin berbelanja souvenir, ekowisata hutan mangrove ini juga memiliki fasilitas pusat souvenir. Aneka produk souvenir berupa kerajinan buatan warga lokal dijual di sini.

Sebut saja contohnya yang paling terkenal adalah olahan buah mangrove berupa sirup. Produk ini pun jadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama dan jadi incaran wisatawan.

Harga Tiket Masuk Mangrove Wonorejo

Para pengunjung yang ingin datang dan liburan di hutan mangrove ini sebenarnya tak perlu membeli tiket masuk alias gratis.

Dengan demikian, hutan mangrove ini telah menamba daftar tempat wisata gratis di Kota Surabaya selain Taman Bungkul.

Pihak pengelola tidak memungut biaya apapun kecuali biaya sewa perahu dan biaya tanam pohon mangrove. Berikut kami cantumkan detail biaya sewa perahu dan biaya lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Karcis Sewa Perahu Dewasa Rp25.000,00
Karcis Sewa Perahu Anak-Anak Rp15.000,00
Biaya Tanam Pohon Mangrove Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Mangrove Wonorejo

Lokasi Mangrove Wonorejo

Wisata alam yang satu ini terletak di Jalan Raya Wonorejo No.1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Jika Anda berangkat dari Kota Surabaya, waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Anda dapat memulai rute perjalanan dari Alun-Alun Kota Surabaya lalu belok kanan ke arah Jalan Gubeng Pojok.

Setelah berjumpa dengan Grand City Mall Surabaya, tetap lanjutkan perjalanan hingga ke arah Jalan Dr. Soetopo.

Setelah itu, nantinya Anda akan sampai di tempat wisata kuliner khas Surabaya terdekat, yaitu Sentra Kuliner Dharmahusada. Lalu, silahkan belok kanan menuju Jalan Raya Dharmahusada Indah.

Lanjutkan lagi ke Jalan Raya Kertajaya Indah dan Jalan Ir. Soekarno. Lalu, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Wonorejo Timur. Nah, lokasi tujuan wisata Anda tak jauh dari Jalan Wonorejo.

Mungkin bagi wisatawan luar kota, Anda akan bingung dengan rute di atas. Agar perjalanan wisata Anda tetap lancar, kami punya solusi terbaik untuk Anda.

Solusinya adalah dengan memesan paket sewa mobil Avanza Surabaya yang dapat memuat kapasitas cukup besar. Masih ada pilihan paket lainnya dengan rincian tipe kendaraan yang berbeda.

Jam Operasional Mangrove Wonorejo

Wisata alam hutan mangrove ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai pukul 3 sore. Selama pandemi ini, wisata hutan mangrove ini tetap buka namun menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Akan jauh lebih seru lagi jika Anda bersafari wisata ke satu atau dua tempat wisata terdekat. Misal ke tempat-tempat wisata yang ada di pusat kota.

Jika Anda berminat untuk berkunjung ke sini, siapkan semua kebutuhan liburan Anda dengan baik. Cara termudahnya dengan memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata.

Seperti misalnya layanan Paket gathering Surabaya lengkap yang siap membuat perjalanan Anda bersama rombongan semakin mudah. Sebab, semua kebutuhan akomodasi dan transportasi Anda sudah siap terpenuhi.

Jadi, tunggu apalagi, pesan sekarang juga dan dapatkan momen liburan tak terlupakan di Mangrove Wonorejo dan tempat menarik di Surabaya lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)