SalSari Resto & Coffee

Jika di Gunung Kidul Yogyakarta ada Embung Nglanggeran, di Kulon Progo ada Embung Kleco. Keduanya merupakan waduk buatan yang indah secara visual.

Embung yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh ini sempat viral dan kini jadi terkenal. Kini, embung ini juga telah menjadi sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Kulon Progo.

Belum banyak informasi yang didapat mengenai waduk ini. Akan tetapi, kami telah merangkum info wisata penting yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Langsung saja simak rangkuman lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Embung Kleco

Embung Kleco Kulon Progo ini merupakan sebuah waduk buatan yang berfungsi sebagai sumber irigasi pertanian dan perkebunan warga.

Tampilannya yang rapi dan didukung dengan panorama Perbukitan Menoreh yang asri membuat embung ini tampak mempesona.

Area sekitar embung memang luas dan kini dimanfaatkan untuk spotspot wisata dan camping. Di lokasi ini juga pengunjung bisa menyaksikan kecantikan sunset dan sunrise dari ketinggian.

Pemandangan sunset dan sunrise di sini tentu lebih istimewa karena berdampingan dengan view embung dan juga lanskap Menoreh yang indah. Keindahannya seolah menyaingi sunset dan sunrise di Kalibiru.

Harga Tiket Masuk Wisata Embung Kleco

waduk mini embung kleco

Karena masih di bawah pengelolaan warga setempat, biaya masuk objek wisata ini masih relatif sangat murah. Pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dibebani biaya parkir yang tarifnya juga murah.

Berikut adalah rincian info harga tiket masuk Embung Kleco dan biaya parkirnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Tarif tiket yang murah tentu jadi kabar baik. Pasalnya Anda dapat memanfaatkan sisanya untuk jelajah wisata ke destinasi wisata lainnya.

Apalagi dengan dukungan paket wisata Jogja murah dari Salsa Wisata. Tak hanya akan hemat; Anda juga akan mendapatkan pengalaman liburan terbaik bersama kami.

Rute Menuju Lokasi Embung Kleco

Lokasi Embung Kleco berada di Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Dari pusat Kota Kulon Progo tidak terlalu jauh, tapi jika dari Jogja jaraknya 32 KM.

Silahkan gunakan rute Jalan Yogyakarta-Wates untuk dapat tiba di lokasi wisata ini. Waktu tempuhnya hanya 1 jam 15 menit tergantung kecepatan kendaraan yang Anda kendarai.

Daya Tarik Embung Kleco

Embung ini memiliki sejumlah daya tarik wisata yang mampu menjadi magnet bagi para wisatawan. Agar tidak penasaran, berikut kami ulas daya tarik yang ada di wisata embung ini.

Sunrise dan Sunset yang Eksotis

wisata embung kleco kulon progo

Pemandangan di puncak Bukit Menoreh semakin mengesankan saat matahari terbit dan tenggelam. Dari lokasi embung, Anda bisa menyaksikan detik demi detik saat matahari terbit.

Semburat cahayanya menyibak langit yang gelap dan berubah menjadi cerah dengan warna kuning keemasan. Anda pun akan takjub. View sunrise ini tidak kalah eksotis dengan sunrise di Kebun Buah Mangunan.

Selain sunrise, lokasi embung ini juga sangat pas untuk menyaksikan kecantikan sunset. Untuk yang suka dunia fotografi, bisa memadukan antara sunset dengan teknik mirroring ke permukaan embung.

Sumber Irigasi

Embung ini memang belum sepopuler tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Alhasil, masih relatif sepi dari pengunjung.

Akan tetapi, kondisi sepi inilah yang menjadi daya tarik bagi pecinta suasana sepi dan tenang. Suasana yang sepi serta dukungan panorama alam perbukitan yang mempesona adalah sesuatu yang pengunjung nantikan.

Di sini, dengan suasana sunyi dan tenang, Anda dapat ‘membebaskan’ pikiran dan merilekskan tubuh Anda.

Sejarah Embung

Embung seluas 20 Hektar ini merupakan sumber irigasi untuk ratusan hektar lahan pertanian dan perkebunan milik warga setempat.

Air waduk sendiri berasal dari air hujan yang jatuh langsung ke waduk dan sebagian sungai-sungai di Jogja dan sekitarnya.

Pertama kali beroperasi pada tahun 2017 lalu dan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai pejabat yang meresmikannya.

Tempatnya yang indah membuat embung ini sering didatangi warga lokal. Lalu seiring dengan viralnya embung ini di media sosial, kini embung ini mulai tenar.

Melihat adanya potensi wisata yang besar, pemda setempat bersama masyarakat lalu sepakat menjadikan embung ini sebagai sebuah destinasi wisata baru. Meski singkat, pesonanya mampu bersaing dengan wisata alam Jogja terbaru lainnya.

Cicip Durian Langsung dari Kebun

waduk mini kleco

Di dekat wisata alam Kulon Progo ini, ada banyak lahan perkebunan durian. Saat musim panen, Anda bisa mencicipi secara langsung sambil menikmati pemandangan dari atas. Suasana perkebunan yang asri membuat rasa durian semakin yummy.

Durian ini juga bisa sekaligus menjadi oleh-oleh ketika Anda hendak pulang. Pastinya akan menjadi oleh-oleh yang sangat spesial karena tidak dijual di toko oleh-oleh Kulon Progo manapun.

Semakin spesial lagi ketika mengetahui bahwa durian-durian ini matang dan dipetik langsung dari pohon.

Medan Penuh Tantangan

Perjalanan menuju wisata embung ini awalnya mudah karena jalan sudah beraspal. Tapi begitu masuk ke perbukitan dan mendekati puncak, jalan yang harus Anda lalui mulai sulit dan menantang adrenalin.

Jalan hanya berupa cor semen yang terpisah dengan gap tanah di antara cor-coran semen tersebut. Akses semacam ini memang lebih bersahabat dengan kendaraan roda doa.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda dapat menggunakan layanan sewa motor Jogja terdekat di Salsa Wisata.

Anda akan lebih mudah menjangkau lokasi embung karena kondisi motor dijamin prima. Sepeda motor juga terbukti lebih gesit di jalan-jalan yang menanjak dan berkelok seperti jalanan di sini.

Kuliner Nikmat

Meski kawasan Perbukitan Menoreh masih terbilang sepi, bukan berarti di sini tidak ada warung. Ada sejumlah warung yang menjual banyak pilihan kuliner lezat.

Bahkan warung di sini menjadi tempat wisata kuliner Jogja murah favorit para wisatawan, terutama mereka yang datang dari luar kota.

Suguhan hidangan di sini cukup bervariasi. Sebagian besar adalah kuliner khas Kulon Progo dan hidangan khas ndeso lainnya.

Bagi wisatawan yang berasal dari kota, makanan ndeso adalah makanan yang sangat nikmat. Cita rasanya sederhana namun mampu buat mereka nambah lagi dan lagi.

Fasilitas di Embung Kleco

objek wisata embung kleco

Untuk fasilitas embung, sudah cukup memadai. Di sini Anda akan menjumpai fasilitas tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas gazebo dan toilet umum juga sudah tersedia.

Bila ingin menjalankan sholat, ada mushola bersih lengkap dengan tempat untuk berwudhu. Fasilitas yang terakhir adalah warung kuliner.

Warung ini menyediakan aneka makanan khas Yogyakarta lengkap dengan menu minuman sederhananya.

Jam Buka Embung Kleco

Berdasarkan info dari warga setempat, wisata embung ini selalu buka setiap hari. Untuk wisatawan yang ingin camping, boleh datang hari apa saja dan jam berapa saja karena buka selama 24 jam.

Namun khusus untuk kunjungan wisata, jam buka Embung Kleco terbatas, yaitu buka dari jam 05.00 sampai jam 19.00 WIB.

Setelah puas berkunjung ke embung, kini saatnya berburu oleh-oleh Jogja kekinian. Ada cukup banyak pusat oleh-oleh di Kulon Progo, terutama di pusat kotanya.

Untuk Anda yang ingin mengeksplor Jogja, selain ke wisata Embung Kleco Kulon Progo, ada banyak destinasi wisata lain yang tak kalah seru. Manfaatkan layanan paket wisata Jogja terbaik dari Salsa Wisata untuk fasilitasi Anda selama trip asik di Jogja.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)