SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Terletak di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Kota Tua merupakan destinasi wisata bersejarah yang populer di Jakarta. Salah satu alasannya karena ada banyak tempat wisata di dekat kawasan Kota Tua Jakarta ini.

Selain itu, kawasan Kota Tua juga menjadi wisata populer sekaligus ikon tempat wisata di Jakarta selain Monas dan Ancol. Buat Anda yang belum pernah berwisata ke Kota Tua, mungkin akan bertanya-tanya apa yang menarik dari destinasi Jakarta populer ini.

Banyak bangunan kuno bekas peninggalan kolonial Belanda yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal bahkan hingga turis mancanegara mampir ke sini.

Berfoto dengan latar belakang gedung bangunan kuno dan museum tua pastinya akan memberikan kesan tersendiri. Nuansa foto vintage klasikal akan tampak sempurna jika diambil dari angle yang tepat. Tentu spot seperti ini jarang ada di destinasi lain.

Daftar Tempat Wisata Dekat Kota Tua Jakarta Populer

Destinasi Kota Tua Jakarta atau tempat yang identik dengan bangunan jaman dulu ini punya daya tarik tersendiri. Sehingga wajar jika destinasi ini selalu menjadi langganan sejumlah rombongan tempat rental Innova murah Jakarta.

Sebagai destinasi populer, terdapat objek wisata lain di sekitar Kota Tua yang patut Anda sambangi saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Museum Fatahillah

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Jika di Kota Lama Semarang memiliki Gereja Blenduk, wisata Kota Tua Jakarta punya Museum Fatahillah sebagai ikonnya. Hampir semua foto-foto yang tersebar di sosial media pasti menggunakan latar belakang Museum Fatahillah.

Desain arsitektur bangunannya mirip seperti Istana Dam yang ada di Amsterdam, Belanda. Di dalamnya, Anda dapat melihat langsung ruangan pengadilan dan ruang bawang tanah bekas penjara kolonial Belanda dulu.

Walaupun telah mengalami renovasi beberapa kali, namun aroma klasikalnya tetap kental terasa. Spot foto yang selalu digunakan untuk berfoto yaitu Meriam Si Jagur. Jangan lupa juga untuk berfoto di sana.

Harga tiket masuk Museum Fatahillah sangat murah meriah, hanya Rp5.000,00 saja per orang. Adapun jam bukanya yaitu setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB, kecuali hari Senin tutup untuk pemeliharaan.

Taman Fatahillah

Taman Fatahillah

Konon katanya, Taman Fatahillah ini dulu merupakan kawasan alun-alun yang luas. Namun kini areanya semakin sempit lantaran sudah mulai banyak bangunan di sekitar nya.

Taman ini merupakan sebuah lahan terbuka yang cukup luas di kawasan Kota Tua Jakarta. Di sekitar area taman terdapat bangunan Museum Fatahillah, Museum Wayang, Kantor Pos Kota, serta Museum Seni Rupa dan Keramik.

Tak hanya di akhir pekan atau hari libur area ini selalu ramai pengunjung bahkan di hari biasa sekalipun. Banyak ragam aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sini. Misalnya menonton atraksi pertunjukan atau berfoto dengan para cosplayer berbagai lakon.

Jangan lupa juga untuk menyewa sepeda ontel lengkap dengan topi cantiknya untuk berkeliling sekitar Kota Tua. Selain itu banyak pula makanan khas Betawi yang cukup fenomenal seperti kerak telor yang bisa Anda coba di sini.

Museum Wayang

Museum Wayang

Selain Museum Fatahillah, ada pula Museum Wayang yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27, RT7/RW7, Tamansari. Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda akan menemukan banyak koleksi wayang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kurang lebih ada sekitar 4000 wayang yang terpampang di etalase museum. Untuk melihat koleksi wayang yang ada di sini dikenai tarif retribusi masuk, namun masih tergolong murah.

Harga tiket masuk dewasa hanya Rp5.000,00, mahasiswa Rp3.000,00, dan pelajar/anak Rp2.000,00. Adapun jam operasionalnya buka mulai dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB, kecuali Senin tutup untuk pemeliharaan.

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke toko souvenir khas Jakarta yang ada di dalam museum. Dengan begitu, selain bisa menambah wawasan, Anda juga bisa membawa pulang barang menarik sebagai kenang-kenangan.

Rumah Akar

Rumah Akar

Rumah Akar merupakan julukan untuk sebuah bangunan lama khas Belanda yang ada di sekitar Kota Tua. Bangunan tersebut sudah lama ditinggal oleh pemiliknya sehingga banyak tumbuh akar berukuran besar di sekitar rumahnya.

Sebuah hiasan rumah alami tersebut, menjadikan rumah ini memiliki daya tarik tersendiri buat para wisatawan. Namun, sayangnya destinasi Rumah Akar ini tidak selalu buka setiap hari.

Hanya akan buka jika pemilik rumah memang sedang membukanya, pada saat itu Anda bisa melihat keunikan rumah tersebut secara gratis. Biasanya orang menggunakan bangunan tua unik ini untuk keperluan photoshoot dan foto prewedding.

Taman Apung Kali Besar Kota Tua

Taman Apung Kali Besar Kota Tua

Proyek revitalisasi Kali Besar menambah deretan wisata di sekitar Kota Tua yang sayang untuk Anda lewatkan. Area sungai yang tampilannya biasa saja kini disulap menjadi destinasi wisata kekinian.

Desain tampilannya terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Salah satu spot yang selalu ramai yaitu Taman Apung. Banyak wisatawan yang menjadikan sebagai tempat berfoto, karena desainnya yang instagramable.

Begitu juga dengan jembatan yang menghubungkan antara Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur. Tampilan dinding pembatas area dan sungai ramai hiasan tumbuhan warna-warni yang eksotis. Terlihat sangat menawan.

Magic Art 3D Museum Jakarta

Magic Art 3D Museum Jakarta

Tempat wisata di sekitar Kota Tua satu ini masih terbilang baru. Pasalnya baru saja buka pada tahun 2018 lalu. Para pengunjung dapat melihat karya lukisan 3D yang pastinya Instagramable.

Maka, tak heran bila destinasi wisata Jakarta baru ini ramai wisatawan, khususnya dari kalangan para milenial. Seluruh karya lukisan yang ada di sini merupakan karya ciptaan dari 6 pelukis asal Korea dan 3 pelukis Indonesia.

Selain dapat berfoto dengan lukisan yang super kece ini, Anda juga akan mendapatkan edukasi seputar dunia seni lukis. Museum yang terletak di Gedung Kerta Niaga 1, Unit GF Kali Besar, Jakarta ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.

Adapun untuk harga tiket masuk wisata kekinian ini yaitu Rp40.000,00 untuk anak usia 3-17 tahun dan Rp60.000 bagi dewasa. Sedangkan pada weekend tarifnya Rp50.000,00 untuk anak dan Rp80.000,00 untuk dewasa.

Toko Merah Kota Tua

Toko Merah Kota Tua

Sesuai dengan namanya, sebuah gedung merah yang terletak di dekat Kali Besar Kota Tua. Toko Merah tampil mencolok bila dibanding bangunan tua lainnya di sekitar Kota Tua. Dulunya, bangunan ini merupakan rumah hunian milik seorang warga Belanda.

Namun kemudian hingga akhir bangunan ini dibeli oleh seorang warga Tionghoa dan menjadikan bangunan ini sebagai toko. Ia mengecat warna merah seluruh bangunan warna merah sehingga membuatnya terkenal dengan sebutan ‘Toko Merah’ hingga saat ini.

Bangun yang nyentrik ini cukup menarik perhatian, sehingga banyak wisatawan yang selalu berfoto di bangunan berwarna merah ini. Namun, Toko Merah hanya buka jika terdapat pameran, atau Anda sendiri yang menyewanya untuk keperluan photoshoot.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Kawasan wisata Kota Tua merupakan destinasi yang menyajikan pusat museum unik di Jakarta. Sedikitnya ada sekitar 5 museum yang terdapat di sekitar kawasan kota tua, salah satunya adalah Museum Bank Indonesia.

Di museum ini, Anda dapat melihat prosesi rangkaian perjalanan sistem pertukaran uang dan perbankan di Indonesia. Selain itu bangunan megah dengan arsitektur khas Belanda ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jika ingin masuk Anda hanya akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja. Tempat ini sendiri buka Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dan akhir pekan tutup.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Kali ini sebuah museum yang menyajikan berbagai macam koleksi karya seni rupa dan kerajinan dari keramik. Koleksi kerajinan yang dipamerkan merupakan karya seniman Indonesia dan beberapa buatan seniman luar negri.

Sedikitnya ada sekitar 500 karya seni rupa mulai dari patung, grafis, sketsa, hingga batik tulis. Di antara koleksi yang ada terdapat karya seni unggulan dan amat penting bagi sejarah seni rupa di Indonesia.

Antara lain, karya seni lukisan ‘Pengantin Revolusi’ oleh Hendra Gunawan, ‘Bupati Cianjur’ oleh Raden Saleh, dan ‘Potret Diri’ karya Affandi. Semua karya-karya tersebut terawat dan terpajang dengan sangat baik pada dinding museum.

Anda cukup membayarkan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 untuk melihat semua karya koleksi dari seniman-seniman terkenal di Indonesia. Adapun jam bukanya yaitu mulai dari pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB.

Cafe Batavia

Cafe Batavia Kota Tua

Setelah tadi mengunjungi beberapa gedung-gedung kuno yang unik dan museum, kini beralih ke wisata kuliner di sekitar Kota Tua. Tentunya setelah seharian jalan-jalan mengelilingi kawasan Kota Tua perut menjadi keroncongan.

Nah, salah satu tempat kuliner yang dekat dan cukup terkenal di sekitar Kota Tua yaitu Kafe Batavia. Letaknya berada di Jalan Pintu Besar Utara No.14 RT7/RW7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Cafe Batavia sendiri juga termasuk bangunan tua bernuansa kolonial Belanda dan sudah ada sejak tahun 1993. Menu makanan dan minumannya juga beragam, mulai dari western food hingga masakan khas nusantara.

Range harga makanannya mulai dari Rp25.000,00 – Rp200.000,00, cukup murah bukan?. Jika Anda tertarik mengunjungi cafe ini, jam bukanya berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 23.00 WIB dan buka lebih awal saat akhir pekan.

Itu tadi deretan tempat wisata di sekitar Kota Tua yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Tua. Apalagi tempatnya saling berdekatan dan bersebelahan, jadi sangat memungkinkan semua tempat tersebut Anda kunjungi.

Terlebih lagi jika Anda menggunakan layanan dari Salsa Wisata. Dengan pilihan paket tour wisata murah dari Salsa Wisata, semua destinasi bisa Anda kunjungi dengan pelayanan terbaik.

Seluruh kebutuhan akomodasi mulai dari penginapan dan transportasi pun sudah kami siapkan. Jadi, Anda bisa langsung bersantai menikmati liburan yang Anda inginkan dengan hati senang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Jakarta



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)