earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Salatiga merupakan kota kecil yang berada di persimpangan antara Semarang, Ambarawa, Magelang, dan Surakarta. Lokasinya yang strategis ini, membuat Salatiga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi.

Bahkan pada masa pemerintahan Belanda, kota ini mendapat julukan De Schoonste Stad van Midden-Java atau Kota terindah di Jawa Tengah. Penasaran seperti apa pesona kota kecil ini, berikut ini 18 rekomendasi tempat wisata terpopuler Salatiga dan sekitarnya yang wajib Anda kunjungi.

Lihat juga tempat wisata di Bandung yang lagi hits dan instagramable ini.

Daftar Tempat Wisata Salatiga Populer

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bergeser sedikit ke arah utara, Anda bisa mampir ke Umbul Sidomukti yang ada di Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang. Tempat ini sangat terkenal sebagai tempat berenang di atas bukit dengan pemandangan yang menawan.

Lokasinya berada pada ketinggian 1500 mdpl dengan luas mencapai 32 hektar. Dengan luas tersebut, ada banyak sekali fasilitas serta wahana yang bisa Anda coba selain kolam renang alami yang jadi andalannya.

Contohnya flying fox, paralayang, hingga berkuda dan bermain ATV semua bisa Anda nikmati. Sehingga tidak heran tempat ini selalu ramai saat musim liburan tiba.

Apalagi dengan tambahan fasilitas bersantai seperti cafe Pondok Kopi dan penginapan, sudah pasti waktu bersantai Anda jadi lebih menyenangkan. Jika tertarik berkunjung Anda bisa memanfaatkan layanan paket wisata Semarang murah dari sejumlah biro perjalanan.

Bisa pula dengan langsung mengunjungi lokasinya di jam operasional yang buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap hari. Siapkan saja uang tiket masuk sebesar Rp5.000,00 atau Rp20.000,00 jika Anda ingin berenang.

Kopeng Salatiga

Kopeng Salatiga

Hawa sejuk Gunung Merbabu juga bisa Anda nikmati saat mengunjungi Kopeng di daerah Getasan, Kabupaten Semarang. Jaraknya yang hanya sekitar 30 menit perjalanan dari Salatiga membuat tempat ini jadi pilihan banyak keluarga.

Selain karena suasana alamnya yang masih asri, Kopeng juga memiliki banyak destinasi menarik, seperti Kopeng Treetop. Tempat wisata ini terkenal dengan suasana hutan pinus yang punya banyak wahana petualang.

Permainan seperti flying fox, panjat jaring, tali kesimbangan serta rintangan outbound lain bisa Anda mainkan. Dengan kelengkapan fasilitasnya tersebut tempat wisata instagramable ini juga sering jadi destinasi untuk acara gathering.

Namun jika Anda ingin destinasi yang lebih ekonomis, Taman Wisata Kopeng bisa jadi referensi. Taman ini menawarkan permainan seru seperti paintball, waterpark, dan outbound di tengah kawasan pegunungan.

Untuk tiket masuknya sendiri Taman Wisata Kopeng hanya mematok biaya Rp15.000,00 hingga Rp150.000,00. Sedangkan untuk Kopeng Treetop bisa mencapai Rp540.000,00 untuk paket wisata bersama keluarga.

Kedua tempat ini buka setiap hari dengan jam operasional yang hampir sama yakni antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Anda bisa pilih kemanapun destinasi yang Anda inginkan saat berada di Kopeng.

Rawa Pening

Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening juga menjadi destinasi yang sering dikunjungi warga Salatiga. Dengan luas lebih dari 2.670 hektar, ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti misalnya Kampoeng Rawa.

Tempat wisata favorit keluarga ini menawarkan rumah makan terapung dengan sejumlah wahana menarik seperti ATV dan sepeda air. Tidak sedikit wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pernikahan atau kumpul keluarga.

Destinasi lain yang juga tak kalah menarik adalah Bukit Cinta Rawa Pening yang sangat instagramable. Dari tempat ini Anda bisa bersantai dan menikmati suasana rawa pening sambil berfoto di spot-spot yang apik.

Tempat unik lain yang juga tak boleh ketinggalan adalah Radesa Wisata yang menawarkan menara eiffel dari bambu di sisi danau. Tak hanya untuk berfoto, menara bambu ini juga dapat Anda jadikan gardu pandang untuk menikmati pemandangan rawa pening.

Tiket masuknya pun murah hanya sekitar Rp25.000,00 dengan waktu operasional selama 24 jam. Jika tertarik langsung saja arahkan mobil Anda menuju utara melalui Jl. Nasional dari Salatiga.

Temukan tempat wisata di Bali instagramable di Salsa Wisata.

Gunung Telomoyo

Wisata Gunung Telomoyo

Selain dapat diakses dari Magelang dan Semarang, Gunung Telomoyo juga bisa Anda kunjungi melalui jalur Salatiga. Jalurnya pun tidak terlalu sulit hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam melewati Kopeng.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati panorama alam yang begitu menawan terutama saat pagi dan sore hari. Tempat ini menjadi favorit wisatawan menyaksikan sunrise atau sunset sembari berkemah.

Anda juga dapat mencoba aktivitas lain seperti bermain paralayang atau mengunjungi air terjun yang terlewati. Tiket masuknya pun tidak mahal hanya sekitar Rp15.000,00 dan bisa Anda kunjungi kapanpun.

Anda bisa meminta bantuan sopir dari tempat rental mobil Semarang terdekat untuk mengantar ke lokasi. Atau bisa juga langsung menuju alamatnya di Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang melalui jalur Dalangan.

Taman Kelinci

Taman Kelinci Salatiga

Tempat wisata satu ini sering menjadi tujuan rombongan dari tempat sewa bus pariwisata Semarang dan Salatiga untuk acara karya wisata. Biasanya rombongan yang datang ke Taman Kelinci melakukan aktivitas outbound edukatif.

Misalnya seperti menanam padi, membuat gula merah, hingga memerah susu sapi. Sehingga anak-anak yang ikut dapat belajar banyak hal selama bermain di taman kelinci ini.

Tidak hanya itu, suasana pedesaan yang masih asri juga menjadi lokasi yang tepat untuk camping. Lahan camping yang tersedia di sini cukup luas sehingga cocok untuk wisata bersama rombongan.

Tiket masuknya pun hanya Rp5.000,00 per orang dan bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jika tertarik Anda bisa datang ke alamatnya di Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Rowoboni, Banyubiru, Cebur, Kalibeji, Tuntang.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Salatiga, membuat Ambarawa menjadi salah satu destinasi alternatif wisata warga kotanya. Apalagi di kota ini ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti Museum Kereta Api Ambarawa.

Di sini Anda dapat belajar dan melihat langsung bagaimana sejarah peninggalan kereta api pada masa kolonial dulu. Mulai dari koleksi lokomotif tua hingga jalur-jalur kereta api yang pernah ada.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencoba tour menggunakan kereta tua berkeliling Ambarawa Benowo. Aktivitas tour ini menjadi salah satu favorit wisatawan saat berkunjung.

Untuk tiket masuk museum juga tidak terlalu mahal sekitar Rp10.000,00 untuk pelajar dan Rp20.000,00 untuk dewasa. Langsung datang saja ke alamatnya di Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Tak hanya museum kereta, Benteng Pendem Ambarawa juga bisa jadi destinasi Anda saat berada di kota ini. Wisata sejarah peninggalan Belanda ini bernama asli Benteng Fort Willem I dan sudah ada sejak tahun 1845.

Daya tarik utama benteng ini adalah arsitektur bangunan benteng yang sangat instagramable. Terdapat banyak pintu serta jendela yang berjajar rapi mengikuti dinding benteng yang tebal seperti di Lawang Sewu.

Tidak sedikit pengunjung yang melakukan sesi pemotretan di sisa reruntuhan benteng ini. Sekarang beberapa bagian benteng telah beralih fungsi menjadi lapas tahanan kelas IIA Ambarawa.

Anda yang ingin berkunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 dan izin kepada petugas yang berjaga. Alamatnya sendiri berada di Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, dengan jam operasional dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Satu lagi destinasi di Ambarawa yang tidak boleh terlewat saat Anda berangkat dari Salatiga yakni Monumen Palagan Ambarawa. Monumen ini menjadi lambang perjuangan dari pahlawan di Ambarawa saat pertempuran melawan NICA.

Tidak hanya melihat monumen, Anda juga dapat belajar sejarah di museum yang telah tersedia. Di dalamnya terdapat berbagai peninggalan sejarah seperti senjata, foto, dokumen serta diorama.

Selain itu, Anda juga dapat berfoto di sejumlah koleksi museum yang terpajang di luar seperti pesawat, truk serta meriam. Lokasi museum ini sendiri terletak di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa.

Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan membayar tiket sebesar Rp7.500,00 per orang.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Tidak hanya dari Magelang dan Boyolali, Anda juga bisa menikmati pesona Gunung Merbabu dari Salatiga tepatnya jalur Cunthel dan Thekelan. Jalur ini menawarkan medan yang lebih menantang dan panorama berbeda.

Estimasi waktu pendakiannya sendiri sekitar 8.5 jam dalam kecepatan normal tanpa berhenti terlalu lama. Salah satu ciri khas rute ini adalah medan tebing berbatu yang jarang Anda temukan di jalur pendakian lain.

Selain itu, dari jalur ini panorama Gunung Telomoyo, Rawa Pening, dan Gunung Andong dapat terlihat jelas selama pendakian. Sehingga saat beristirahat, Anda juga bisa menikmati pemandangan apiknya.

Beberapa ikon di jalur pendakian ini adalah watu gubug dan pos pemancar yang terletak setelah pos 3. Jika Anda tertarik melakukan pendakian dari Kota Salatiga bisa berangkat ke arah Getasan Kabupaten Semarang.

Biaya retribusi untuk pendakian jalur ini biasanya sekitar Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00. Anda bisa datang kapanpun ke basecamp pendakian karena tempat tersebut buka selama 24 jam.

Sumber Mata Air Senjoyo

Sumber Mata Air Senjoyo

Tidak jauh dari sisi selatan Kota Salatiga, Anda bisa mengunjungi Mata Air Senjoyo yang terkenal dengan kesegaran airnya. Sumber mata air ini mirip dengan Umbul Manten di Klaten yang bisa Anda jadikan destinasi menarik.

Airnya sangat jernih dan segar cocok untuk berenang dan bermain air dengan suasana rindang pepohonan. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat wahana air yang bisa Anda mainkan di danau serta sungai besar di sekitarnya.

Tidak perlu biaya mahal untuk bisa menikmati kawasan wisata ini, Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Jam operasionalnya pun sangat fleksibel karena buka selama 24 jam penuh.

Alamat sumber mata air ini terletak di daerah Cebongan, Tegalwaton,  Tengaran, Kabupaten Semarang. Jaraknya sekitar 1 km dari perbatasan Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Goa Rong View

Goa Rong View

Salah satu tempat wisata hits di Semarang yang juga tidak terlalu jauh dari Salatiga adalah Goa Rong View. Daya tarik utama tempat ini terletak pada view dari atas bukit yang menampilkan panorama 5 gunung di Jawa Tengah.

Untuk goanya sendiri terletak di bawah bukit dekat pintu masuk dan jarang menarik perhatian wisatawan. Meski begitu, dulunya goa dengan lorong sempit ini menjadi lokasi pertapaan serta persembunyian pejuang dari pengejaran tentara Belanda.

Wisatawan yang datang biasanya langsung menuju puncak bukit dan berfoto menikmati pemandangan yang tersaji terutama saat sunset. Untuk masuk kawasan ini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp20.000,00 per orang.

Langsung saja datang ke alamatnya di Jl. Lerak Lopait, Lopait, Delik, Tuntang, Kabupaten Semarang. Anda bisa datang antara pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya.

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Tidak jauh dari Goa Rong View Anda juga bisa mampir ke salah satu tempat wisata hits di Semarang, Saloka Theme Park. Taman bermain terbesar di Jawa Tengah ini memiliki lebih dari 25 wahana permainan seru yang bisa Anda coba.

Misalnya seperti wahana bianglala atau ferris wheel yang berukuran besar. Selain itu ada pula wahana menantang seperti Roller Coaster Lika Liku dan Adu Nyali yang siap membuat jantung Anda berdegup cepat.

Untuk tiket masuknya sendiri kawasan ini menawarkan tiket terusan selain tiket regulernya. Tarifnya sendiri berkisar antara Rp40.000,00 hingga Rp150.000,00 dengan karcis wahana mulai Rp15.000,00 sampai Rp25.000,00.

Taman rekreasi ini berada di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang dan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB. Khusus hari Jumat, tempat ini baru buka pukul 12.00 WIB.

Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga

Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga

Bagi warga Salatiga yang terkenal sebagai kota pelajar, mengunjungi perpustakaan kota jadi suatu hal yang menyenangkan. Bahkan perpustakaan Kota Salatiga mendapat predikat sebagai perpustakaan yang paling banyak mendapat kunjungan se-Jawa Tengah dibanding perpustakaan lain.

Daya tarik utamanya tentu saja koleksi buku yang beragam mulai dari buku fiksi untuk anak SD hingga buku ilmiah bagi mahasiswa. Selain itu fasilitas pelayanan di perpustakaan ini sangat apik sehingga banyak pengunjung yang betah.

Jika Anda penasaran, bisa datang ke alamatnya di Jl. Adi Sucipto No.7, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga. Perpustakaan ini gratis terbuka untuk umum antara pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap hari Senin sampai Kamis.

Pohon Pengantin Salatiga

Pohon Pengantin Salatiga

Salatiga juga mempunyai destinasi wisata viral yang tidak biasa yaitu pohon pengantin. Pohon ini terletak di tengah pematang sawah dan memiliki bentuk meliuk seperti pohon bonsai.

Menurut mitosnya, dahulu terdapat sepasang pohon yang merupakan jelmaan pasangan pengantin dan siapapun pasangan yang datang cintanya akan langgeng. Namun sayangnya salah satu pohon harus ditebang sehingga menyisakan sebatang pohon hingga sekarang.

Kecantikan pohon ini pun selalu jadi incaran wisatawan untuk berburu foto terutama saat matahari terbenam. Panorama cantik sebatang pohon di pematang sawah jadi latar apik untuk foto romantis Anda bersama pasangan.

Lokasi pohon pengantin ini terletak di Desa Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga. Tidak ada tiket masuk dan jam operasional tertentu, jadi Anda bisa datang sepuasnya.

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Tidak jauh dari Gunung Telomoyo, Anda juga bisa mampir ke Air Terjun Kali Pancur. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 100 meter dengan berbagai tanaman hijau tumbuh di tiap sisi tebingnya.

Seperti Air Terjun Kedung Kayang, Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dari gardu pandang di seberang tebing. Untuk menyaksikan air terjun ini dari dekat, Anda harus melewati 900 anak tangga menuruni lembah.

Untuk harga tiket masuknya, wisatawan hanya perlu membayar Rp5.000,00 saja. Alamat air terjun ini sendiri terletak di daerah Gejayan, Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang.

Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan

Jika Prasasti Ciaruteun menyimpan sejarah tentang Raja Purnawarman, Prasasti Plumpungan ini mencatat sejarah mengenai Salatiga masa silam. Prasasti ini dibuat pada tahun 750 masehi dan berisi ucapan terima kasih raja pada warganya.

Ukuran batu prasastinya tidak terlalu besar sekitar 170 x 160 cm dengan diameter sekitar 5 meter. Di area ini pula Anda bisa melihat kereta kuda lama yang terpajang di luar ruangan museum.

Jika tertarik berkunjung, Anda bisa datang ke alamatnya di Jl. Plumpungan, RT.002/RW.001, Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga. Jam operasionalnya sendiri mulai dari hari Senin hingga Kamis pukul 09.00 WIB sampai 15.30 WIB.

Kolam Renang Kalitaman Salatiga

Kolam Renang Kalitaman Salatiga

Salah satu kolam renang populer di Salatiga adalah Kolam Renang Kalitaman. Kolam renang ini mempunyai air yang jernih dengan suasana rindang berkat pohon besar di dekatnya.

Pemandian ini menjadi pilihan banyak keluarga di Salatiga karena harganya yang murah. Untuk pengunjung yang ingin berenang hanya perlu membayar Rp2.000,00 saja dan sudah termasuk asuransi.

Kolam renang ini terletak di Jl. Kalitaman No.3, Kalitaman, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga. Anda bisa datang berkunjung setiap hari Jumat hingga Rabu mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Taman Tingkir Salatiga

Taman Tingkir Salatiga

Tempat wisata murah di Salatiga lainnya adalah Taman Tingkir Kota Salatiga. Taman kota ini punya kawasan yang cukup luas dan fasilitas yang lengkap untuk pengunjung terutama fasilitas olahraga.

Misalnya fasilitas lapangan tenis, alat fitnes, jogging track dan lainnya. Tidak ketinggalan berbagai wahana permainan anak juga bisa Anda temukan seperti ayunan dan mobil-mobilan.

Saat sore atau akhir pekan, taman ini biasanya dipadati berbagai macam pedagang makanan. Meski tidak seramai pusat wisata kuliner Solo, Galabo, makanan yang ada di sini tetap dapat menjadikan malam Anda menyenangkan.

Tempat ini sangat cocok menjadi pilihan karena tiket masuknya gratis. Anda bisa datang langsung ke lokasinya di Jl. Tritis Sari No.17, Sidorejo Kidul, Tingkir, Kota Salatiga kapanpun Anda mau.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya yang bisa Anda jadikan destinasi saat liburan nanti. Masih banyak tempat wisata menarik lain yang bisa Anda kunjungi terlebih lagi bila bersama Salsa Wisata.

Sebab dengan berbagai layanan yang kami sediakan, waktu liburan Anda akan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Atur sendiri destinasi yang Anda inginkan lalu dapatkan pengalaman liburan yang Anda impikan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)